Panduan Tips Pergi Liburan Ke Megamendung

Megamendung adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Kawasan ini termasuk ke dalam tiga kawasan utama di wilayah Puncak, selain Cisarua dan Ciawi.

Wilayah Utama Megamendung

Desa-desa di Megamendung antara lain,

  • Cipayung Datar
  • Cipayung Girang
  • Gadog
  • Kuta
  • Megamendung
  • Sukagalih
  • Sukakarya
  • Sukamahi
  • Sukamaju
  • Sukamanah
  • Sukaresmi
  • Pasir Angin

Sejarah Megamendung

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Megamendung

Dulu, kawasan ini menjadi salah satu daerah tempat pelarian beberapa penduduk asal Banten yang kurang puas terhadap kewajiban mengumpulkan indigo, benang katun dan penanaman kapi.

Pada tahun 1745, 9 buah distrik, yaitu Cisarua, Pondok Gede, Ciawi, Ciomas, Cijeruk, Sindang Barang, Balubur, Darmaga dan Kampung Baru digabung menjadi satu pemerintahan di bawah kepala Kampung Baru yang bergelar Demang. Gabungan 9 distrik ini disebut Regentschap Kampung Baru Buitenzoreg.

Kemudian dalam perkembangannya, muncul nama-nama baru mulai dari dataran yang terendah hingga ke Puncak, yang membagi masing-masing wilayahnya, salah satunya adalah Megamendung.

Cara Pergi ke Megamendung

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Megamendung

Pergi ke Megamendung Naik Kereta Api

Banyak cara untuk mencapai kawasan Ciawi, salah satunya menggunakan kereta api. Jika Anda berangkat dari Jakarta, baik melalui Stasiun Jakarta Kota, Gondangdia, Manggarai, Depok, Anda bisa mengambil jalur KRL atau KRL Commuter. Selain itu, Anda juga bisa memilih KRL Pakuan Express Bogor dengan fasilitas AC dan gerbong yang lebih nyaman, dengan tarif penumpang pulang pergi Rp. 22.000 per orang.

Pergi ke Megamendung Naik Bus

Jika Anda ingin naik bus dari Jakarta, tersedia APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway) dengan rute menuju Bogor, dari Rawamangun dan Blok M. Bus umum ini berfasilitas AC dan tidak penuh penumpang, sehingga lumayan nyaman. Tarifnya adalah Rp. 14.000 per penumpang dengan tujuan Bogor. Jadwal operasional harian Bus APTB mulai pukul 05.00 – 17.00 Wib. Rute yang melayani tujuan Bogor yaitu,

  • APTB 11 ke Tanah Abang (via Tol Jagorawi – UKI – Koridor 9 – Koridor 1)
  • APTB 12 ke Tanjung Priok (via Tol Jagorawi – UKI – Koridor 10)
  • APTB 15 ke Grogol (via Tol Jagorawi – UKI – Koridor 9)
  • APTB 17 ke Senen (via Tol Jagorawi – UKI – Koridor 7 – Koridor 5 – Koridor 2)
  • Angkot 01 ke Terminal Baranangsiang

Selain Bus APTB, ada beragam bus lainnya yang melayani rute menuju Bogor dari Kalideres, UKI Cawang, Tanjung Priok, dan daerah lainnya. Pemberhentian terakhir bus di Terminal Baranangsiang.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi mobil, perjalanan Jakarta – Puncak bisa ditempuh dalam waktu sekitar dua jam melewati Jalan Tol Jagorawi.

Transportasi Umum di Megamendung

Angkot mungkin merupakan transportasi utama daerah ini, jumlah armadanya sangat banyak dan tarif penumpangnya murah. Tapi angkutan ini justru kerap membuat kemacetan karena jumlahnya sangat banyak dan tata tertib lalu lintasnya kurang baik. Tarif angkot berkisar antara Rp. 3.000 hingga Rp. 4.000, tergantung jauhnya tujuan Anda.

Jika Anda ingin bersantai dalam perjalanan dengan kendaraan terbuka, Anda bisa memilih naik delman atau kereta berkuda. Namun, jumlah dan jarak tempuh yang dilayani juga terbatas. Anda akan mudah menemukannya kalau berada di Kota Bogor.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Megamendung

Hotel di Megamendung

Jasa sewa villa maupun penginapan-penginapan banyak tersebar di sepanjang jalan utama kawasan Megamendung, dan lebih banyak lagi jika Anda masuk ke jalan-jalan kecil di sisi jalan utama. Anda dapat dengan mudah menemukan hotel kelas melati, hotel berbintang, bahkan rumah villa yang bisa disewa harian. Range harga kamar hotel mulai dari kisaran Rp. 250.000. Sementara vila-vila disewakan dengan harga sekitar satu juta hingga dua juta.

Pusat Reservasi Hotel Megamendung, Jalan Raya Megamendung No. 77, Cipayung, Bogor, Jawa Barat 16750., Telepon 0251 8255685, Email: megamendungpermai.yahoo.co.id, Web: hotelmegamendungpermai.com

Iklim di Megamendung

Kawasan Megamendung beriklim tropis dengan curah hujan yang mendominasi dalam setahun. Temperatur udara rata-rata adalah 19.8 derajat Celsius.

Bahasa Daerah di Megamendung

Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, dan Bahasa Sunda

Tempat Wisata di Megamendung

Obyek Wisata Curug Panjang Megamendung Bogor Jawa Barat

Berlokasi di Desa Megamendung, Kec. Megamendung, dengan jarak dari Bogor 20.5 Km. Curug ini terletak di lereng Gunung Paseban yang tingginya sekitar 1000 mdpl. Selain curug, kawasan wisata seluas 30 hektar ini juga menawarkan keindahan Sungai Cirangrang.

Sungai inilah yang membentuk keempat air terjun di kawasan Curug Panjang. Diurutkan dari yang tertinggi yaitu Curug Blao, Curug Panjang, Curug Bunder dan Curug Barong.

Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di tempat ini, antara lain camping, outbound/gathering, bushwalking curug-curug lainnya, dan mountain-bike. Anda bisa mengakses tempat Curug Panjang dari arah Cilember.

Museum di Megamendung

Museum Dinosaurus

Tugu Selatan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat

Hiburan Malam di Megamendung

  • Slank Fans Club (SFC), Jl. Raya Puncak, Km. 76, Megamendung, Bogor, Jawa Barat
  • Cafe Hotel Cianjur, Jl. Raya Cipanas Km. 81.3, Puncak, Jawa Barat, Telepon 0263-516480, Jam buka pukul 19.00 – 24.00 Wib
  • B’Tur Resto & Cafe, Jl. Raya Puncak, Bogor Timur, Jam buka Hari Senin – Minggu pukul 10.00 – 22.00 Wib

Rekomendasi Tempat Makan di Megamendung

  • Cimory Riverside and Chocomory, Jl. Raya Puncak No. 435, Km. 77, Megamendung, Puncak, Jawa Barat, Telepon 0251 8252 678, Jam buka pukul 08.00 – 22.00 Wib

Tips Wisata di Megamendung

Berangkatlah pagi-pagi menuju Puncak, pastikan keluar pintu tol Jagorawi di Ciawi sebelum jam 9 pagi pada saat libur atau akhir pekan.

Akses menuju kawasan Puncak diberlakukan sistem buka tutup satu arah, begitu pun arah sebaliknya. Maka pastikan Anda mengatur waktu kunjungan Anda dan disesuaikan dengan jam-jam satu jalur kendaraan tersebut.

Lebih baik memesan hotel atau penginapan lebih awal sebelum berkunjung. Terlebih-lebih di akhir pekan atau musim liburan, kondisi hotel yang terbilang nyaman sering penuh sehingga agak sulit jika memesan mendadak.

Pahami rute jalan dan carilah informasi soal jalanan-jalanan satu arah, karena banyak jalan ditutup satu arah yang akan membingungkan pengunjung sebab tidak tercantum pada peta petunjuk jalan. Hal ini untuk menghindarkan Anda membuang waktu di jalan dengan berputar-putar atau ditilang polisi.

Perlu Kamu Tahu di Megamendung

RSUD Ciawi, Kabupaten Bogor

Jalan Raya Puncak No. 479, Bendungan, Ciawi, Bogor, Jawa Barat 16720

Telepon 0251 8240736, 0251 8240797

Fax 0251 8242937

Leave a Reply