Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sedayu

Sedayu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bantul, Propinsi DI Yogyakarta. Kecamatan ini berada di sebelah barat laut Ibukota Kabupaten Bantul. Di sinilah, tepatnya di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, tempat kelahiran mantan Presiden Soeharto.

Kecamatan Sedayu berada di dataran rendah, Ibukota kecamatannya terletak 87.50 meter di atas permukaan laut, dan berjarak sekitar 20 kilometer dari Ibukota Kabupaten Bantul.

Wilayah Utama Sedayu

Batas-batas wilayah Sedayu adalah,

  • Sebelah Utara: Kecamatan Moyudan dan Godean
  • Sebelah Timur: Kecamatan Gamping
  • Sebelah Selatan: Kecamatan Pajangan
  • Sebelah Barat: Kecamatan Sentolo da Wates

Desa-desa di wilayah administrasi Kecamatan Sedayu, antara lain,

  • Desa Argodadi
  • Desa Argorejo
  • Desa Argosari
  • Desa Argomulyo
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sedayu! via @linadna363_
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sedayu! via @linadna363_

Sejarah Sedayu

Sedayu yang merupakan bagian dari Bantul, turut menyimpan banyak kisah kepahlawanan. Antara lain, perjuangan Pangeran Mangkubumi di Ambar Ketawang, Sultan Agung di Pleret, Pangeran Dipenogoro di Selarong, dan pioneer penerbangan Indonesia Adisucipto, yang pesawatnya jatuh ditembak Belanda di Desa Ngoto. Selain itu wilayah ini juga berperan dalam Serangan Umum 1 Maret pada tahun 1949 yang dicetuskan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Namun perjuangan Pangeran Dipenogoro kemudian diredam oleh Pemerintah Hindia Belanda, yang kemudian membentuk komisi khusus untuk menangani pemerintah daerah Mataram, Pajang, Sokawati, dan Gunung Kidul. Pemerintah Hindia Belanda dan Sultan Yogyakarta lantas bekerjasama mengenai pembagian wilayah administratif kesultanan yang baru, yaitu membagi wilayah Kesultanan Yogyakarta ke dalam tiga kabupaten, yaitu Bantulkarang di Selatan, Denggung di Utara, dan Kalasan di Timur. Kontrak ini dibuat pada tanggal 26 dan 31 Maret 1831. Lalu pada tanggal 20 Juli 1831, Bantulkarang secara resmi ditetapkan sebagai Kabupaten Bantul. Maka tanggal ini pun diperingati selayaknya hari jadi Kabupaten Bantul.

Cara Pergi ke Sedayu

Untuk mencapai Sedayu, Anda bisa menggunakan kendaraan umum dari Yogyakarta dengan jurusan Yogya – Sedayu – Gesikan. Jika menggunakan kendaraan peribadi, Anda bisa bertolak dari Yogyakarta ke arah Barat Menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua rute Yogyakarta ke arah barat dengan melintasi Jalan Raya Yogya Wates, hingga sampai di perempatan Sedayu atau kilometer 12 lalu belok kiri.

Studio Alam Desa Wisata Gamplong tinggalan film Sultan Agung karya Hanung Bramantyo! via @nanaananda
Studio Alam Desa Wisata Gamplong tinggalan film Sultan Agung karya Hanung Bramantyo! via @nanaananda

Transportasi Umum di Sedayu

Selain menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua atau roda empat, Anda bisa menggunakan Bus Kota Yogyakarta dan angkutan pedesaan untuk berkeliling Kecamatan Sedayu.

Alat transportasi yang kerap digunakan oleh masyarakat Sedayu adalah sepeda motor dan sepeda gowes. Para pelajar menggunakan sepeda gowes untuk bersekolah, sebab selain bebas polusi juga sehat.

Anda juga bisa menemukan transportasi Andong yang banyak melintas di jalan besar maupun jalan kecil. Biasanya Andong mematok tarif Rp. 3.000 per penumpang, dan bisa lebih jika bawaannya banyak.

Becak, angkutan umum beroda tiga ini juga banyak ditemui di daerah Sedayu. Pada musim liburan, omset becak dan andong mengalami peningkatan yang signifikan.

Hotel di Sedayu

Berikut ini adalah beberapa hotel di Sedayu, Jogja yang bisa anda gunakan untuk menginap.

  • Omah Dusun, Dusun Ngebel RT. 03, Tamantirto, Kasihan, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Telepon 0812 28098118
  • Queen Star Hotel, Jl. Wates Km. 9, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Telepon 0274 6498173, Tarif kamar Rp. 399,000 per malam
  • Astuti Gallery Homestay, Jl. Gua Selarong No. 12, Desa Tohyono, Bibis, Bangunjiwo, Kasihan, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Telepon 0274 8259633, Tarif kamar berkisar Rp. 750,000 per malam
  • Wisma Kusuma Hotel, Jalan Lingkar Pasar Wates, Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Telepon 0274 773368
  • King’s Hotel, Jl. KH Ahmad Dahlan No. 1, Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Telepon 0274 774994
  • Pondok Gajah, Jl. Ringroad Selatan, Tamantirto, Kec. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Telepon 0274 389922

Iklim di Sedayu

Sedayu cenderung beriklim panas, karena letaknya di wilayah dataran rendah dari daerah tropis. Suhu maksimum yang tercatat adalah 32.5°C dengan suhu minimum sebesar 24,5 °C. Sedangkan suhu rata-rata tahunan di Sedayu adalah 24.5 °C.

Bahasa Daerah di Sedayu

Bahasa Jawa Tengah

Tempat Wisata di Sedayu

Berikut ini adalah tempat wisata di Sedayu Jogja.

Ada beberapa tempat wisata di Sedayu, misalnya Studio Alam Gamplong di desa wisata gamplong ini! via @pingky.agnes
Ada beberapa tempat wisata di Sedayu, misalnya Studio Alam Gamplong di desa wisata gamplong ini! via @pingky.agnes
  • Situs Kapuhan di Dusun Kapuhan, Argorejo. Situs ini terdiri dari Gua Payaman, sebuah gua buatan yang digunakan sebagai salah satu tempat persembunyian Pangeran Dipenogoro, dan lima buah makam yang berderet dengan makam Raden Joko Panekti salah satunya, seorang bangsawan dari Pajajaran.
  • Situs Bakal Poh di Dusun Bakal Pokoh, Desa Argodadi. Situs ini berada sekitar 100 meter di sebelah timur Kali Progo, di pekarangan milik seorang warga. Situs ini terdiri atas tiga bagian yaitu bekas masjid, bekas pemukiman, dan makam.
  • Desa Agrowisata Argorejo. Lokasinya di Jl. Sedayu Gesikan Km. 0.5, Argorejo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Sebuah komplek agrowisata yang dilengkapi oleh sarana kolam renang dan area pemancingan.
  • Desa Wisata Gamplong. Sebuah desa yang menawarkan wisata edukasi dan kreativitas seni bagi anak-anak, serta memberi pengenalan belajar berwirausaha kreatif.
  • Ayam Hias Yogya “Prayitno Farm”. Jl. Wates Km. 10, Pereng Wetan, RT. 55, Sedayu, Bantul, DI Yogyakarta, Telepon 0813 28886002.
  • Studio Alam Desa Wisata Gamplong. Tempat wisata ini merupaka tinggalan film Sultan Agung karya Hanung Bramantyo. Ada beberapa spot foto pun lokasi yang bisa dinikmati, seperti tiruan Beteng VOC, Kampung Pecinan, rumah-rumah Jawa Kuno dengan anyaman bambu, miniatur Sungai Ciliwung, Keraton Mataram, dan beberapa lagi lainnya.

Tempat Berbelanja di Sedayu

  • Pasar Sungapan, Desa Argodadi, Sedayu, Bantul, Yogyakarta
  • Pasar Semampir, Desa Argorejo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta
  • Pasir Mbabrik Sedayu, Argorejo, Bantul, Yogyakarta

Museum di Sedayu

  • Museum HM Soeharto, Jl. Nulis, Puluhan, Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta, Telepon 0813 28293309, Jam buka pukul 08.00 – 16.00.
  • Museum Brimob, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta, Buka 24 jam

Rekomendasi Tempat Makan di Sedayu

  • Rumah Makan Sedayu (Ayam Goreng), Wates Km. 13, Argosari Sedayu Bantul
  • Sidiq Candi Mas Resto, Menu andalan Sop Buntut, sop Iga, dan minuan jahe gula jawa. Jl. Raya Jogja – Wates Km. 11, Argorejo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta. Telepon 0274 6498330 / 0813 33040525

Tips Wisata di Sedayu

Jika Anda bepergian dengan taksi, mintalah pengemudi taksi menyalakan argometer sesaat setelah Anda masuk mobil. Jika pengemudi tidak mau menyalakan argometer, sebaiknya Anda turun dan mencari taksi lain.

Perlu Kamu Tahu di Sedayu

  • Puskesmas Sedayu I, Panggang, Argomulyo, Sedayu, Bantul 55752, Telepon 0274 7477131, Email: [email protected], Situs web: http://puskesmas.bantulkab.go.id/sedayu1/
  • Puskesmas Sedayu II, Puskesmas Sedayu II merupakan Puskesmas Rawat Jalan di Kecamatan Sedayu. Memberi pelayanan di dua Desa yaitu Desa, Argorejo dan Desa Argodadi
  • Polsek / Kepolisian Sektor Sedayu, Jl. Yogya – Wates Km. 10.5 Argomulyo, Sedayu, Telepon 0274 795968
  • Kecamatan Sedayu, Jl. Wates Km. 12 Sedayu, Bantul 55752, Telepon 0274 798006, Email: [email protected]

Leave a Reply