Panduan Tips Pergi Liburan Ke Unggaran

Ungaran adalah Ibukota Kabupaten Semarang yang terletak di sebelah selatan Kota Semarang. Lokasinya yang berada di jalur utama kendaraan dari Semarang menuju Solo dan Yogyakarta, menjadikan Ungaran sebagai tempat persinggahan yang menawarkan banyak tempat makan dan toko cinderamata di sepanjang jalannya.

Beberapa objek wisata menarik dapat Anda lihat di kota ini, seperti peninggalan Gedung Kuning, Benteng Diponegoro, Makam Gatot Soebroto, Wisata Batik Kopi Pecah khas Ungaran, hingga Wisata Kolam Renang Alami Bandungan di lereng Gunung Ungaran.

Wilayah Utama Ungaran

Wilayah perkotaan Ungaran meliputi Kecamatan Ungaran Timur dan Ungaran Barat.

Batas-batas wilayah Ungaran Timur yaitu,

  • Sebelah Utara: Kota Semarang
  • Sebelah Selatan: Kecamatan Bergas, Kecamatan Pringapus
  • Sebelah Barat: Kecamatan Ungaran Barat
  • Sebelah Timur: Kabupaten Demak

Batas-batas wilayah Ungaran Barat yaitu,

  • Sebelah Utara: Kota Semarang
  • Sebelah Selatan: Kecamatan Bergas
  • Sebelah Barat: Kota Semarang
  • Sebelah Timur: Kecamatan Ungaran Timur

Sejarah Ungaran

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Unggaran! via @sivinadiadea
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Unggaran! via @sivinadiadea

Dulu, pusat pemerintahan Kabupaten Semarang berada di daerah Kanjengan atau Kota Semarang. Lalu pada masa pemerintahan Bupati Iswarto tahun 1969, Ibukota kabupaten dipindahkan ke Ungaran. Ungaran yang sebelumnya berstatus kawedanan telah berubah menjadi Ibukota Kabupaten Semarang. Sejak saat itu, setiap tanggal 20 Desember 1983, diperingati sebagai Hari Jadi Kota Ungaran.

Dalam perkembangannya, wilayah Ungaran dimekarkan menjadi dua kecamatan, yaitu Ungaran Barat dan Ungaran Timur.

Cara Pergi ke Ungaran

Ada beberapa cara untuk mengakses Kota Ungaran, antara lain:

Pergi ke Ungaran Lewat Udara

Jika anda berkunjung ke kota ungaran ini dengan pesawat anda lebih cepat sampai dibandingkan dengan sarana transportasi lainnya. anda akan disambut di Bandara Internasional Ahmad Yani, Dahulu Bandara Ahmad Yani ini adalah pangkalan udara TNI Angkatan Darat. Lalu dibentuk Perwakilan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara karena peningkatan frekuensi penerbangan sipil.

Maka untuk meningkatkan kualitas pelayanan secara maksimal di Puad Ahmad Yani Semarang Pada tanggal 1 oktober 1995 pengoperasian Bandara udara Ahmad Yani diserahkan kepada PT Angkasa pura I sejak tanggal 1 oktober 1995 dan tetap dipantau dengan pembinaan oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara.

Hotel di Ungaran

  • The Wujil Resort & Conventions, Jl. Soekarno-Hatta km 25,5 Ungaran, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50552
  • Balemong Resort, Jalan Patimura 1 B Sisemut Ungaran, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50511
  • C3 Hotel, Jl. Diponegoro 223 Ungaran Kab. Semarang, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50512
  • Villa Petra Ungaran, Jl. Nusa Indah No. 18, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50511
  • Griya Penginapan, jl brigjen katamso no 3, susukan siroto ungaran timur, kab semarang, RT 3 RW 2, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50516
  • Timlo Solo Guest House, Jl. Diponegoro No.172, Genuk, Ungaran Barat, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50512
  • Hills Joglo Villa, Desa Keji, RT. 06 / 01, Ungaran, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50551
  • Safira Homestay Ungaran, The Fountain Residence. Blok B-26, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50519
  • Villa Rossa V Ungaran, Jalan Kalimasada Raya, Dusun Lerep, Ungaran Barat, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50519
  • Hotel Ungaran Cantik, Jalan Diponegoro 253 Ungaran, Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, –

Iklim di Ungaran

Kota ini memiliki iklim tropis. Ungaran memiliki sejumlah besar curah hujan sepanjang tahun. Hal ini berlaku bahkan untuk bulan terkering. Klasifikasi iklim Köppen-Geiger adalah Af. Di Ungaran, suhu rata-rata tahunan adalah 25.0 °C. 2697 mm presipitasi yang jatuh setiap tahunnya. curah hujan paling sedikitl terlihat pada Agustus. Rata-rata dalam bulan ini adalah 66 mm. Dengan rata-rata 409 mm, hampir semua presipitasi jatuh pada Januari. uhu adalah tertinggi rata-rata pada Oktober, di sekitar 26.0 °C. Januari memiliki suhu rata-rata terendah dalam setahun.

Tempat Wisata di Ungaran

Candi Gedong Songo yang terletak di Dukuh Darum,Desa Candi kecamatan Bandungan! via @sidiqnurseto
Candi Gedong Songo yang terletak di Dukuh Darum,Desa Candi kecamatan Bandungan! via @sidiqnurseto

1. Candi Gedong Songo

Bagi anda yang suka wisata penuh sejarah dan budaya anda bisa mengunjungi Candi Gedong Songo yang terletak di Dukuh Darum,Desa Candi kecamatan Bandungan. Candi ini merupakan peninggalan budaya hindu, ditemukan pertama kalioleh Raffles pada tahun 1804.

Suasana sejuk hawa pegunungan terbebas dar polusi udara dapat anda rasakan karena candi ini berada dilereng gunung ungaran, di dekat daerah pegunungan ini terdapat kepunden dengan sumber air panas yang mengandung kandungan belerang yang cukup tinggi sehingga dapat menyembuhkan penyakit gatal-gatal maupun penyakit kulit lainnya.

Untuk menempuh Candi ini diperlukan perjalanan sekitar 40 menit dari kota Ambarawa dan kalau anda dari obyek wisata Bandungan menempuh jarak waktu 10 menit. Harga tiket masuk Obyek Wisata Candi Gedong Songo bagi orang dewasa/5 tahun ke atas pada hari biasa adalah Rp. 6000,- untuk wisatawan lokal dan Rp. 50.000,- bagi wisatawan asing.

2. Kampoeng Kopi Banara

Kawasan Kampoeng Kopi Banara merupakan salah satu tempat wisata yang dimiliki oleh PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero), yang terletak di Jl. Raya Semarang – Solo Km. 35 atau terletak di jalan Raya Bawen dan Salatiga Obyek wisata ini bernunsa udara yang sangat sejuk karena Kampoeng Kopi Banara terletak di ketinggian 485 sampai 600 mdpl. Favorit dari tempat kopi ini adalah Bannaran Cofee. Semua yang disajikan di sini berbahan dasar kopi seperti Cappucino, Espresso, Robusta, dan Banana Cofee.

Selain anda dapat mencicipi kuliner kopi terdapat kuliner lain yang bisa anda nikmati juga di tempat ini seperti Teh Poci yang merupakan kuliner khas Ungaran. Adapun hal lain yang bisa anda nikmati juga adalah wisata outbound yakni Flying Fox, ATV, taman buah, kolam renang. Jika anda membawa anak, tidak perlu khawatir jika mereka tidak punya kegiatan. Banyak wahana anak juga yang tersedia di objek wisata ini.

3. Curug Benowo

Untuk berwisata air sambil menikmati pemandangan alam anda dapat berkunjung ke curug benowo, lokasi curug ini terletak di lereng gunung ungaran Desa Kalisidi kecamatan ungaran barat
Untuk mencapai objek ini anda harus berjalan kaki selama 120 menit karena medannya tidak bisa dilalui oleh berbagai macam kendaraan. Curug ini memiliki pesonanya tersendiri membuat anda terkagum melihat pesona, Jadi bagi anda yang menyukai wisata air, susasana asri, dan ingin menantang diri untuk menjelajahi alam, objek wisata ini menjadi pilihan yang tepat.

Leave a Reply