Panduan Tips Pergi Liburan Ke Banguntapan, Bantul

Banguntapan adalah sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Letaknya di sisi timur Yogyakarta dan berbatasan dengan Kecamatan Kotagede. Kecamatan Banguntapan berada di sebelah timur laut Ibukota Kabupaten Bantul.

Terdapat beberapa sentra industry di wilayah Kecamatan Banguntapan, di antaranya,
Desa Jagalan dan Desa Singosaren, memiliki sentra kerajinan perak,
Desa Wirokerten dan Desa Potorono, sentra makanan tradisional emping melinjo,
Desa Wirokerten sendiri memiliki sentra industri peralatan rumah tangga berbahan alumunium.

Wilayah Utama Banguntapan
Batas-batas wilayah Kecamatan Banguntapan yaitu,

Sebelah Utara: Kecamatan Depok, Sleman
Sebelah Timur: Kecamatan Piyungan
Sebelah Selatan: Kecamatan Pleret
Sebelah Barat: Kecamatan Sewon

Sejarah Banguntapan
Kelurahan Banguntapan merupakan bentuk penggabungan dari 6 kelurahan yang disatukan menjadi satu kelurahan berotonomi. Nama Kelurahan Banguntapan resmi ditetapkan atas Keputusan Pemerintah DI Yogyakarta No. 5 Tahun 1948.

Dulu, pada Tahun 1797, di wilayah ini pernah berdiri Kerajaan Rejo Binangun atau Rejo Winangun, oleh Sinuwun Banguntopo atau Sinuwun Hamengku Bowono ke-II. Kemudian adanya penggabungan kelurahan membuat nama Rejo Binangun dipakai sebagai nama kelurahan di Yogyakarta. Sedangkan nama Banguntapan digunakan untuk kelurahan yang masuk ke wilayah Kabupaten Bantul, maka jadilah Kelurahan Banguntapan, dari asal kata Banguntopo.

Cara ke Banguntapan
Anda bisa naik bus Trans Jogja dari Terminal Giwangan, Yogyakarta, dengan mengambil Jalur 3A atau 3B yang melewati Halte Bandara Adisucipto. Selain itu, Anda juga bisa naik bus Trans Jogja dari Terminal Jombor, Yogyakarta, dengan mengambil Jalur 2A atau 2B yang melintasi Monjali. Lalu Anda turun di Halte Gedong Kuning, Banguntapan dekat JEC (Jogja Expo Centre). Tarif bus Trans Jogja adalah Rp. 4.000 per penumpang. Ada juga angkutan bus umum yang bisa Anda gunakan dari Terminal Giwangan dengan tarif Rp. 3.000 per penumpang.

Selain angkutan umum, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau roda dua. Tersedia cukup banyak jasa penyewaan mobil di Kota Yogyakarta yang bisa Anda hubungi lebih dulu secara online. Kalau Anda memilih naik taksi, setidaknya ada 17 operator taksi yang tersedia di Kota Yogyakarta, dengan tarif awal buka pintu Rp. 7.500 dan Rp. 3.000 per kilometer. Beberapa di antaranya seperti,

Taksi Arga Surya Alam Perkasa, telepon 0274 545545
Taksi Armada, telepon 0274 517248
Taksi Blue Bird, telepon 0274 6411234, 4534547
Taksi Centris Raya, telepon 0274 7111111
Taksi Gunungjati, telepon 0274 496810

Anda juga bisa menggunakan layanan taksi motor atau ojek motor “O-Jack” berargometer yang popular digunakan masyarakat Yogyakarta. Tarif taksi motor ini adalah Rp. 4.000 untuk kilometer pertama, lalu Rp. 2.000 untuk kilometer berikutnya.

Hotel di Banguntapan
Akomodasi di area Bangutapan kebanyakan adalah hotel melati, guest house, dengan harga kamar rata-rata Rp. 300.000 – Rp. 500.000 per malam, dan untuk penginapan tipe homestay mematok harga sekitar Rp. 250.000 per malam.

Iklim di Banguntapan
Kecamatan Banguntapan beriklim tropis. Suhu tertinggi tercatat 37 derajat Celsius dan suhu terendah 24 derajat Celsius.

Bahasa Daerah di Banguntapan
Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia

Objek Wisata di Banguntapan
● Pura Jagatnatha
Terletak di sudut Kota Yogyakarta, yaitu di Jalan Pura, Desa Plumbon, Banguntapan, Bantul, Anda dapat menemukan “Kampung Bali” di Yogyakarta. Di sini berdiri sebuah Pura yang dijadikan sebagai tempat sembahyang Umat Hindu di Yogyakarta, maupun dari luar kota. Ada dua pendeta Hindu yang biasanya memimpin doa, dan mereka berdoa di tempat terbuka tanpa alas kaki atau alas duduk, agar menyatu dengan alam. Menurut sejarah pada Tahun 1967, Umat Hindu Dharma banyak berdatangan ke Banguntapan, sehingga dibentuk Majelis Umat Hindu Dharma. Beberpa tahun kemudian mereka mulai mendirikan Pura Jagatnatha sebagai tempat beribadah dan mengadakan persembahan.

Untuk mencapai Pura ini Anda bisa naik bus Trans Jogja Jalur 1A atau 1B, dan turun di halte JEC (Jogja Expo Centre). Lanjutkan berjalan kaki atau naik taksi motor ojek. Jalannya mengarah ke utara memasuki area perumahan melintasi jalanan aspal di samping warung Gudeg Bu Tjitro. Lalu belok kiri sampai Anda bertemu persimpangan, dan belok kanan di persimpangan jalan. Lanjut terus ke utara dan Pura akan terlihat di sisi kanan jalan.

● Komplek Keraton Mataram
Sebuah komplek makam Raja-raja Mataram dan bangunan-bangunan tua dan merupakan petilasan Keraton Mataram Islam yang didirikan Panembahan Senopati. Peninggalan berupa makan Panembahan Senopati dan para kerabat keraton, Watu Gilang, Sendang Selirang, dan Masjid Agung Mataram, masih terawat dengan baik. Berlokasi di Desa Jagalan, Banguntapan, Bantul, dan kira-kira 100 meter ke arah selatan dari Pasar Kotagede.

● Desa Wisata Jagalan
Desa ini menyatu dengan lokasi wisata Kotagede yang popular dengan kerajinan peraknya. Desa Jagalan memiliki bangunan-bangunan tua bekas kota kerajaan dan Istana Mataram, serta masih banyak terdapat rumah-rumah kuno khas Jawa yang terawat apik. Tempat ini hanya berjarak 5 kilometer ke arah tenggara dari pusat Kota Yogyakarta.

● Situs Watugilang Banguntapan
Situs batu besar berelief ini masih misterius asal-usulnya. Ditemukan di Dusun Gilang, Baturetno, Banguntapan, Bantul. Situs ini diyakini sebagai tempat bersemedi seorang pertapa Kyai Gejawan.

● Balong Water Park
Wahana wisata air, dengan berbagai permainan seluncur air. Tempat wisata yang cocok untuk keluarga atau dengan teman-teman. Berlokasi di Jl. Pleret Km. 1.5, Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta.

Mal di Banguntapan
Gerbang Toserba (Toko Serba Ada)
Jl. Imogiri Timur Km. 6, Ngebleng Baru, Tamanan, Banguntapan, DI Yogyakarta

Museum di Banguntapan
● Museum Wayang Kekayon Yogyakarta
Memiliki koleksi berbagai macam jenis wayang. Istilah Kekayon dalam pewayangan adalah Gunungan, dan memiliki simbol-simbol kehidupan. Di dalamnya tersimpan informasi sejarah bangsa Indonesia dan sejarah kesenian wayang. Museum didirikan oleh seorang dokter spesialis jiwa bernama Dr. Soedjono Prawirohadikusumo, yang resmi dibuka pada tanggal 5 Januari 1991. Menurutnya, mempelajari cerita, tokoh, dan karakter-karakter dalam wayang mempunyai pengaruh yang baik terhadap perkembangan jiwa dan kepribadian seseorang. Fasilitas museum ini pun sangat lengkap, mulai dari ruang pamer, ruang penyimpanan, audio visual, auditorium, dan pendopo.

Alamat Jl. Raya Yogya – Wonosari Km. 7, 277, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.
Harga tiket masuk bagi pelajar atau umum Rp. 7.000, sedangkan wisatawan Rp. 10.000.
Jam buka Hari Selasa hingga Sabtu jam 8 pagi sampai jam 3 sore.
Informasi lebih lanjut bisa menghubungi 0274 379058 atau 0274 513218

● Museum Dirgantara Mandala
Museum yang terletak di kawasan lapangan udara Adisucipto ini banyak memperlihatkan sejarah kedirgantaraan Bangsa Indonesia berikut perjalanan angkatan udara RI. Terdapat diorama beraneka jenis pesawat terbang yang dulu pernah digunakan dalam masa perjuangan.
Alamat Kompleks Landasan Udara Adisucipto, DI Yogyakarta
Telepon 0274 484453
Jam buka pukul 08.30 – 15.00 WIB

Tempat Makan Rekomendasi di Banguntapan
● Babi Guling Bima Kroda
Restoran Asia dan Indonesia
Jl. Sorowajan RT. 12/RW. 11, Banguntapan, Bantul, Di Yogyakarta 55198
Telepon 0851 0047 2559

● Angkringan Mas Mardi
Jl. Gatak, Banguntapan, DI Yogyakarta

● Spesial Cipta Rasa Ikan Gurami dan Ikan Air Tawar
Jl. Potorono Km. 1, Condrowangsa, Banguntapan, Bantul, Di Yogyakarta
Telepon 0815 7977 223, atau 0274 2109881

● Tahu Pattaya
Jl. Wonosari Km. 8, RT. 3, Potorono, Banguntapan, Bantul
Telepon 0274 7155550

● Es Tape Sompel
Jl. Jeruk Legi, Dusun Banguntapan, Kelurahan Banguntapan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Perlu Kamu Tahu di Banguntapan
Kantor Kecamatan Banguntapan
Desa Baturetno, Banguntapan, Bantul
Telepon 0274 375196

Kantor Polisi Sektor Banguntapan
Jl. Wonosari Km. 6, Banguntapan, Bantul

Leave a Reply