Panduan Tips Pergi Liburan Ke Baturetno, Wonogiri

Baturetno adalah nama sebuah desa di Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Di Yogyakarta. Desa Baturetno juga mewakili Kabupaten Bantul dalam kompetisi antar desa. Area Banguntapan sendiri berada di dataran rendah, kira-kira 100 meter di atas permukaan laut.

Wilayah Utama Baturetno

Baturetno mempunyai batas-batas wilayah desa berikut ini,

  • Utara: Lapangan Udara Adisucipto
  • Selatan: Desa Potorono, Banguntapan, Bantul
  • Barat: Desa Banguntapan, Bantul
  • Timur: Desa Sendangtirto, Berbah, Sleman

Sejarah Baturetno

Desa Baturetno terbentuk pada Tahun 1946. Desa ini merupakan penggabungan tiga wilayah kelurahan sebelum masa kemerdekaan Indonesia, yaitu Kelurahan Mantup, Kelurahan Wiyoro, dan Kelurahan Ngipik. Gabungan dari ketiganya melahirkan Kelurahan Baturetno yang termasuk ke dalam wilayah Kapanewon Kota Gede Yogyakarta.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Baturetno, Wonogiri! via @tianflogger
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Baturetno, Wonogiri! via @tianflogger

Cara Pergi ke Baturetno

Jika Anda bertolak dari Yogyakarta, Anda bisa berangkat menggunakan angkutan Bus Kota melalui Terminal Giwangan, dengan tarif per penumpang Rp. 3.000. Anda juga bisa menggunakan angkutan umum Bus Trans Jogja dengan tarif Rp. 4.000 per penumpang.

Selain menggunakan angkutan bus umum, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau roda dua. Tersedia cukup banyak jasa penyewaan mobil di Kota Yogyakarta yang bisa Anda hubungi lebih dulu secara online. Kalau Anda memilih naik taksi, setidaknya ada 17 operator taksi yang tersedia di Kota Yogyakarta, dengan tarif awal buka pintu Rp. 7.500 dan Rp. 3.000 per kilometer. Beberapa di antaranya seperti,

  • Taksi Arga Surya Alam Perkasa, telepon 0274 545545.
  • Taksi Armada, telepon 0274 517248.
  • Taksi Blue Bird, telepon 0274 6411234, 4534547.
  • Taksi Centris Raya, telepon 0274 7111111.
  • Taksi Gunungjati, telepon 0274 496810.

Anda juga bisa menggunakan layanan taksi motor atau ojek motor “O-Jack” berargometer yang popular digunakan masyarakat Yogyakarta. Tarif taksi motor ini adalah Rp. 4.000 untuk kilometer pertama, lalu Rp. 2.000 untuk kilometer berikutnya.

Transportasi Umum di Baturetno

Alat transportasi desa yang kerap digunakan oleh masyarakat Baturetno adalah sepeda motor dan sepeda gowes. Anda juga bisa menemukan Andong, dan biasanya tarif naik Andong Rp. 3.000 per penumpang, atau lebih jika bawaannya banyak. Becak, angkutan umum beroda tiga ini juga banyak ditemui di daerah Baturetno. Tarif becak tergantung pada jauh dekatnya jarak yang ditempuh.

Hotel di Baturetno

Di Baturetno, ada sebuah penginapan hotel berbasis syariah dengan 20 jumlah kamar, yang memasang tarif kamar Rp. 300.000 – Rp. 480.000 per malam. Jarak penginapan dari Bandara Adisucipto sekitar 15 menit. Ada juga beberapa hotel yang lokasinya dekat dengan Museum Dirgantara di Baturetno, dan Anda cukup berjalan kaki untuk mencapainya.

  • Hotel Arjuna Randualas
  • Puri Kamulyan Joglo
  • Green Hotel Pracimantoro
  • Hotel Aji Mantoro
  • Azana Green Resort Pracimantoro
  • Sendang Asri Hotel

Iklim di Baturetno

Desa Baturetno beriklim tropis dengan curah hujan signifikan hampir sepanjang tahun. Suhu rata-rata di Baturetno adalah 25.8 derajat Celsius. Suhu tertinggi yang pernah tercatat adalah 37 derajat Celsius, sedangkan suhu terendahnya 24 derajat Celsius.

Bahasa Daerah di Baturetno

Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia

Tempat Wisata di Baturetno

1. Galaxy Waterpark Yogyakarta

Wahana Wisata Air ini berlokasi di Jl. Wonosari Km. 6, Kalangan, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Anda bisa mencapai lokasi dari arah Yogyakarta menuju jalan Yogya – Wonosari hingga kilometer 6, wahana berada di utara jalan. Wahana permainan yang ditawarkan cukup banyak dengan kolam yang beragam, flying fox, dan kafetaria. Harga tiket masuk Galaxy Waterpark adalah kisaran Rp. 20.000 – Rp. 30.000. Tempat yang cocok untuk wisata keluarga.

Museum di Baturetno

1. Museum Wayang Kekayon Yogyakarta

Memiliki koleksi berbagai macam jenis wayang. Istilah Kekayon dalam pewayangan adalah Gunungan, dan memiliki simbol-simbol kehidupan. Di dalamnya tersimpan informasi sejarah bangsa Indonesia dan sejarah kesenian wayang. Museum didirikan oleh seorang dokter spesialis jiwa bernama Dr. Soedjono Prawirohadikusumo, yang resmi dibuka pada tanggal 5 Januari 1991. Menurutnya, mempelajari cerita, tokoh, dan karakter-karakter dalam wayang mempunyai pengaruh yang baik terhadap perkembangan jiwa dan kepribadian seseorang. Fasilitas museum ini pun sangat lengkap, mulai dari ruang pamer, ruang penyimpanan, audio visual, auditorium, dan pendopo.

Alamat Museum Wayang Kekayon Yogyakarta : Jl. Raya Yogya – Wonosari Km. 7, 277, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.

Harga tiket masuk Museum Wayang Kekayon Yogyakarta bagi pelajar atau umum : Rp. 7.000, sedangkan wisatawan Rp. 10.000.
Jam buka Museum Wayang Kekayon Yogyakarta : Hari Selasa hingga Sabtu jam 8 pagi sampai jam 3 sore.

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi 0274 379058 atau 0274 513218

2. Museum Dirgantara Mandala

Museum yang terletak di kawasan lapangan udara Adisucipto ini banyak memperlihatkan sejarah kedirgantaraan Bangsa Indonesia berikut perjalanan angkatan udara RI. Terdapat diorama beraneka jenis pesawat terbang yang dulu pernah digunakan dalam masa perjuangan.

Alamat Kompleks Landasan Udara Adisucipto, DI Yogyakarta

Telepon 0274 484453
Jam buka pukul 08.30 – 15.00 WIB

Rekomendasi Tempat Makan di Baturetno

  • Wader Goreng dan Sambal Bawang Pak Suko, Makanan ikan air tawar khas sungai setempat yang sangat gurih dan nikmat.
  • Warung makan Pak Suko, Sampangan, Mantub, Baturetno, Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta, Hp. 0813 9214 5361
  • Kue Sagon, Camilan khas lokal yang diolah tanpa pengawet dan pewarna apa pun, dan sudah berproduksi sejak Tahun 1950-an. Kue Sagon ini tahan selama tiga hari. Jl. Wonosari Km. 7, Wiyoro Lor, RT 02, Kelurahan Baturetno, Banguntapan, Bantul.
  • Warung Bakso Pak Jam, Alamat Dusun Ironayan, Kelurahan Baturetno, Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta
  • Bebek Sauna D’Sri, Hidangan bebek dengan sambal pedas, dan sudah membuka cabang di beberapa kota termasuk Gorontalo. Jl. Pleret Km. 1, Baturetno. Bantul, DI Yogyakarta
  • Mie Jawa Depot Setiawan, Jl. Wonosari Km. 7, Mantup, Baturetno, Bantul, Di Yogyakarta

Tips Wisata di Baturetno

Pilihlah penginapan yang dekat dengan lokasi wisata atau tujuan Anda di Baturetno. Jangan habisakan waktu Anda di perjalanan, agar Anda dapat melihat berbagai objek tempat dan atraksi yang menarik.

Perlu Kamu Tahu di Baturetno

Kantor Kelurahan Desa Baturetno

Jl. Wiyoro Lor No. 58, Baturetno, Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta
Telepon 0274 372992
Jam buka pukul 08.00 – 14.00

Informasi Jasa Kesehatan di Kelurahan Baturetno:

  • Puskesmas Banguntapan 1, Jl. Pleret, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Di Yogyakarta, Telepon 0274 383104, Jam operasionl pukul 08.00 – 15.00 WIB.
  • RS Rajawali Citra, Jl. Pleret, Banjardadap, Potorono, Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta, Telepon 0274 7482003.

Leave a Reply