PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

10 Daftar Pilihan Gunung di Sekitar Jember, Favorit Para Pendaki dan Memiliki Keindahan Luar Biasa

Blog

1. Gunung Gumitir

Gunung Gumitir terletak di wilayah perbatasan antara Jember dengan Banyuwangi, tepatnya diantara kecamatan Silo dan Kalibaru, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini juga dikenal dengan nama Gunung Mrawan. Meskipun terkenal dengan keindahan alamnya, Gunung Gumitir juga memiliki misteri yang menarik perhatian para pendaki. Konon katanya, ada ular berkepala dua yang tinggal di gunung ini.

Bagi para pecinta alam dan pendaki, Gunung Gumitir merupakan tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Gunung ini menawarkan panorama alam yang indah dan trek pendakian yang menarik. Selain itu, di sekitar kawasan Gunung Gumitir juga sudah terdapat fasilitas umum seperti cafe dan penginapan yang dapat digunakan oleh para pendaki.

2. Gunung Argopuro

Gunung Argopuro merupakan gunung yang memiliki ketinggian mencapai 3.088 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Gunung ini terletak di beberapa wilayah kabupaten, yaitu Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Situbondo. Gunung Argopuro terkenal dengan jalur trekking terpanjang di Pulau Jawa, dimana para pendaki diharuskan menempuh jarak sepanjang 63 kilometer untuk mencapai puncaknya.

Selain keindahan alamnya, Gunung Argopuro juga terkenal karena keangkerannya. Gunung ini sering menjadi tempat cerita mistis dan legenda. Namun, hal tersebut tidak mengurangi minat para pendaki untuk mendaki Gunung Argopuro. Bagi para pecinta alam dan pendaki, Gunung Argopuro merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi.

3. Gunung Raung

Gunung Raung memiliki ketinggian 3.332 meter di atas permukaan laut, menjadikannya sebagai gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur. Gunung ini terletak di antara tiga kabupaten, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Gunung Raung merupakan gunung api aktif dengan bentuk kerucut yang masih mengeluarkan asap vulkanik.

BACA JUGA :  15 Rekomendasi Tempat Wisata di Ciamis Wajib Dikunjungi, Termasuk Harga Tiket Masuk Terbaru

Meskipun masih aktif, Gunung Raung memiliki daya tarik tersendiri bagi para pendaki dan wisatawan pecinta alam. Keindahan alam dan panorama yang ditawarkan oleh Gunung Raung begitu memukau. Namun, para pendaki perlu berhati-hati dan memperhatikan peringatan dari pihak berwenang karena aktivitas vulkanik Gunung Raung yang dapat berubah sewaktu-waktu.

4. Gunung Lincing

Gunung Lincing merupakan destinasi pendakian yang cukup seru di Jember. Gunung ini berhubungan langsung dengan pantai dan air terjun, sehingga para pendaki dapat menikmati keindahan alam sembari bersantai dan berfoto-foto. Gunung Lincing terletak di Desa Umbulsari, Jember, Jawa Timur.

Gunung Lincing menawarkan panorama alam yang indah, terutama ketika pendaki mencapai puncaknya. Pemandangan pantai dan air terjun yang mempesona menjadi daya tarik utama Gunung Lincing. Bagi para pecinta alam dan pendaki, Gunung Lincing merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi.

5. Gunung Betiri

Gunung Betiri merupakan salah satu puncak tertinggi di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Gunung ini terletak tidak jauh dari Desa Gunung Malang dan secara administratif berada di perbatasan dua kabupaten, yaitu Jember dan Banyuwangi. Ketinggian Gunung Betiri mencapai 1.233 meter di atas permukaan air laut.

Gunung Betiri masih merupakan bagian dari rangkaian zona Pegunungan Selatan Jawa. Keindahan alam dan panorama yang ditawarkan oleh Gunung Betiri membuatnya menjadi destinasi yang populer bagi para pendaki dan pecinta alam. Bagi para pendaki yang ingin menikmati keindahan alam dan tantangan pendakian yang menarik, Gunung Betiri adalah pilihan yang tepat.

6. Gunung Suket

Gunung Suket merupakan spot pendakian yang memiliki ketinggian 2.950 mdpl. Gunung ini terletak dekat dengan Gunung Raung dan secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Bondowoso. Jalur pendakian Gunung Suket dapat dilalui melalui Jalur Sumber Waringin yang juga merupakan jalur pendakian menuju Gunung Raung.

BACA JUGA :  Alun-Alun Jogja, Destinasi Wisata Malam Hari Yang Tidak Pernah Terlewatkan

Gunung Suket menawarkan pemandangan alam yang indah, terutama ketika pendaki berada di puncaknya. Trek pendakian yang menantang, dengan tebing dan jurang di sekitar trek, membuat pendakian Gunung Suket menjadi lebih menarik. Bagi para pendaki yang mencari tantangan dan keindahan alam, Gunung Suket adalah pilihan yang tepat.

7. Gunung Butak

Gunung Butak terletak di antara Kabupaten Malang dan Blitar. Gunung ini terkenal dengan keindahan jalur pendakian dan puncaknya yang menawarkan panorama alam yang sangat indah. Meskipun tidak terlalu jauh dari Jember, Gunung Butak tetap menjadi salah satu destinasi yang populer bagi para pendaki.

Pendakian Gunung Butak menawarkan pengalaman yang menarik bagi para pendaki. Dengan trek yang menantang dan pemandangan alam yang indah, pendakian Gunung Butak menjadi salah satu kegiatan yang dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi para pecinta alam.

8. Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian puncaknya mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini terletak di dua kabupaten, yaitu Malang dan Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Gunung Semeru masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Pendakian Gunung Semeru merupakan salah satu kegiatan yang populer di kalangan para pecinta alam. Dengan pemandangan alam yang indah dan kawah di puncaknya yang dikenal dengan nama Jonggring Saloko, Gunung Semeru menawarkan pengalaman pendakian yang tak terlupakan. Namun, para pendaki perlu memperhatikan peringatan dan arahan dari pihak berwenang karena Gunung Semeru masih aktif sebagai gunung api.

9. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno merupakan gunung bertipe stratovolcano (kerucut) yang terletak di antara wilayah Kota Batu, Malang, dan Pasuruan. Gunung ini memiliki pesona alam yang begitu memukau dan menawarkan pengalaman pendakian yang tak terlupakan. Meskipun dulu sempat memiliki image angker, kini Gunung Arjuno menjadi destinasi yang populer bagi para pendaki dan wisatawan pecinta alam.

BACA JUGA :  6 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Grogol Ini Cocok Untuk Anak Kos, Supaya Akhir Bulan Tetap Eksis

Pendakian Gunung Arjuno menawarkan pemandangan alam yang indah, dengan panorama yang memukau para pendaki. Keindahan alam dan pesona Gunung Arjuno membuatnya menjadi destinasi yang wajib dikunjungi bagi para pecinta alam.

10. Gunung Baluran

Gunung Baluran terletak tidak jauh dari Jember dan secara administratif masuk dalam Kabupaten Situbondo. Gunung ini memiliki ketinggian 1.247 meter di atas permukaan laut dan merupakan bagian dari Taman Nasional Baluran. Gunung Baluran memiliki beberapa puncak yang menawarkan panorama alam yang indah, seperti Puncak Aleng, Kacip, dan Klosot.

Pendakian Gunung Baluran menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pendaki. Keindahan alam dan pemandangan yang ditawarkan oleh Gunung Baluran membuat pendakian menjadi lebih menyenangkan. Bagi para pendaki yang mencari keindahan alam dan tantangan pendakian, Gunung Baluran adalah destinasi yang tepat.

Selain daftar gunung di atas, masih terdapat banyak lagi objek wisata yang menawarkan pemandangan terindah di sekitar Jember, seperti Bukit Batu Gambir, Puncak B29, Agrowisata Gunung Pasang, Gumuk Sepikul Mayang, Gunung Manggar di Glundengan, Bukit Piramid, Gunung Kapur Sadeng, Gunung Tembok, Gunung Watangan, dan masih banyak lagi. Jadi, bagi para pecinta alam dan pendaki, Jember adalah tempat yang tepat untuk menyalurkan bakat mendaki. Jangan lupa untuk membawa alat-alat mendaki yang lengkap dan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Selamat mendaki!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *