Panduan Tips Pergi Liburan Ke Payangan

Payangan merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Gianyar yang berjarak 35 kilometer dari pusat ibukota Kabupaten Gianyar. Wilayah ini termasuk kecamatan terluas di Kabupaten Gianyar dengan jumlah penduduk mencapai 41.990 jiwa (berdasarkan data BPS 2014).

Payangan dikenal memiliki hawa sejuk bahkan dingin, serta pemandangan alam dan persawahan yang subur terutama di bagian utara. Kondisi ini membuat Payangan cocok untuk lahan pertanian dan agrowisata. Salah satu hasil pertanian yang terkenal dan mudah dijumpai di wilayah ini adalah buah leci.

Tak hanya itu, Payangan yang dilalui oleh aliran Sungai Ayung juga dikembangkan untuk wisata alam dan pembangunan akomodasi pariwisata, seperti hotel dan wisata tirta arung jeram. Potensi tersebut tentunya akan terus menjadi incaran investor yang tertarik di bidang perhotelan dan berbagai paket wisata alam, sehingga nantinya dapat menarik perhatian wisatawan.

Wilayah Utama Payangan

Kecamatan Payangan memiliki luas wilayah sebesar 75,88 kilometer persegi dan terdiri dari sembilan desa yaitu:

  • Desa Bresela
  • Desa Buahan
  • Desa Buahan Kaja
  • Desa Bukian
  • Desa Kelusa
  • Desa Kerta
  • Desa Melinggih
  • Desa Melinggih Kelod
  • Desa Puhu

Sejarah Payangan

Sejarah Payangan berhubungan erat dengan kisah perjalanan Rsi Markandya yang berasal dari tanah Jawa ke Pulau Bali. Dia mendirikan beberapa parahyangan atau tempat suci umat Hindu sebagai tempat pemujaan yang masih dapat ditemukan hingga saat ini. Kata parahyangan tersebut lambat laun berubah ejaan menjadi Payangan.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Payangan!
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Payangan!

Dulu pernah berdiri kerajaan bernama Kerajaan Payangan di Kecamatan Payangan ini pada tahun 1776 – 1843. Raja pertamanya adalah Ida Tjokorda Made Sukawati. Hingga pada tahun 1840 atau pada masa pemerintahan raja keempat – Ida Tjokorda Gede Oka, Kerajaan Payangan diserang oleh laskar Kerajaan Buleleng atas perintah Raja Klungkung.

Penyebabnya adalah fitnah yang menyebut bahwa Raja Payangan bekerjasama dengan Raja Sukawati melalui perkawinan politik anak-anaknya untuk melawan Raja Klungkung. Semua anggota keluarga kerajaan Payangan meninggal dalam penyerangan tersebut.

Hanya ada satu orang yang selamat yaitu Ida Tjokorda Gde Rai. Dialah yang kemudian menjadi raja kelima. Namun usia kepemimpinannya pun tidak berlangsung lama karena ulah pengkhianat. Pada tahun 1843, rombongan raja yang menuju Klungkung dihadang oleh laskar Gianyar. Inilah akhir dinasti Kerajaan Payangan.

Cara Pergi ke Payangan

Jika Anda sampai di Bali dengan menggunakan pesawat dan mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, maka Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Payangan dengan beberapa transportasi, seperti :

  • Taksi resmi bandara yang biasanya tidak menggunakan argo meter. Tarif yang dikenakan tergantung tujuannya.
  • Sewa sepeda motor atau mobil yang dapat diakses dari bandara atau luar bandara. Penyewaan ini akan membuat Anda nyaman sampai ke Payangan tanpa harus berganti transportasi. Tarif sewa sepeda motor mulai dari Rp 45.000,- sedangkan untuk sewa mobil mulai Rp 200.000,-.
  • Layanan taksi antar jemput yang banyak ditemukan di bandara, terutama layanan dari hotel tujuan Anda menginap. Namun, layanan ini perlu dipesan terlebih dahulu.
Ada juga beberapa tempat wisata di Payangan yang bisa anda kunjungi
Ada juga beberapa tempat wisata di Payangan yang bisa anda kunjungi

Transportasi Umum di Payangan

Seperti daerah lainnya di Bali, motor pribadi mendominasi di Payangan. Bisa dibilang tidak ada angkot di sini. Jadi sebaiknya Anda menyewa mobil atau motor untuk mobilisasi di seputar Payangan.

Hotel di Payangan

Berikut ini beberapa hotel di Payangan yang bisa anda gunakan untuk menginap.

  • COMO Shambhala Estate, Kelas: bintang 5, Tarif menginap per malam untuk 2 orang: mulai dari Rp 10 juta
  • Padma Resort Ubud, Kelas: bintang 5, Tarif menginap per malam untuk 2 orang: Rp 4,5 juta s/d Rp 6,5 juta
  • Hanging Gardens of Bali, Kelas: bintang 5, Tarif menginap per malam untuk 2 orang: Rp 6,5 juta s/d Rp 10 juta
  • Nandini Bali Jungle Resort & Spa Ubud, Kelas: bintang 4, Tarif menginap per malam untuk 2 orang: Rp 2 juta s/d Rp 2,5 juta
  • Ubud Green View Villas, Kelas: bintang 4, Tarif menginap per malam untuk 2 orang: Rp 1 juta
  • Rijasa Agung Resort Villas, Kelas: bintang 4, Tarif menginap per malam untuk 2 orang: Rp 1 juta s/d Rp 1,5 juta
  • Uma Nandhi Ubud Natural Cottage, Kelas: bintang 3, Tarif menginap per malam untuk 2 orang: Rp 450.000,- s/d Rp 650.000,-

Iklim di Payangan

Payangan memiliki iklim tropis dengan suhu rata-rata tahunan adalah 23,9 0C, di mana November adalah bulan terhangat dan Juli menjadi bulan terdingin. Curah hujan tahunan rata-rata adalah 2090 mm.

Bahasa Daerah di Payangan

Payangan merupakan desa yang masih sangat kental dengan tradisi Bali. Di sini Anda akan mendengar hampir semua penduduknya berbicara dalam bahasa Bali.

Tempat Wisata di Payangan

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Payangan yang bisa anda kunjungi.

Beberapa penginapan mewah terdapat di Payangan!
Beberapa penginapan mewah terdapat di Payangan!

1. Arung Jeram di Sungai Ayung

Sungai Ayung yang sangat terkenal dengan wisata arung jeramnya itu ada yang termasuk ke dalam wilayah Payangan. Nah, Anda dapat menjajal serunya berarung jeram di sini. Menikmati sejuknya udara, hijaunya pemandangan dan keunikan dinding batu yang dihiasi pahatan cerita Ramayana.

2. Jembatan Kuning / Jembatan Desa Kerta

Seperti namanya, jembatan ini dicat berwarna kuning dan menghubungkan dua banjar di Desa Kerta. Jembatan Kuning kerap didatangi pasangan anak muda untuk dijadikan lokasi berfoto-foto. Pemandangannya memang cukup fotogenik. Jika Anda cukup bernyali, coba berjalan menyeberangi jembatan itu. Di bawahnya langsung terlihat jurang. Sementara pijakan jembatan terdiri dari bilah-bilah kayu.

3. Sekar Bumi Tropical Farm & Florist

Obyek wisata ini dikenal sebagai salah satu heliconia garden terbesar di Indonesia. Luas area taman flora tropisnya mencapai 18 hektar. Terletak di ketinggian 700 meter dpl, suasana Sekar Bumi Tropical Farm & Florist terbilang sejuk. Di sini Anda bisa mengikuti kelas merangkai bunga, kemping, menyewa ATV, rafting, bersepeda, bermain paint ball atau flying fox.

Rekomendasi Tempat Makan Kuliner di Payangan

  • The Puhu Restaurant & Lounge, Alamat: Padma Resort Ubud, Banjar Carik, Desa Puhu, Payangan, Jenis hidangan: Barat, khas Bali
  • The Garden, Alamat: Hanging Gardens of Bali, Desa Buahan, Payangan, Jenis hidangan: internasional

Tips Wisata di Payangan

  • Tidak ada kehidupan malam di Payangan, di sini merupakan tempat untuk bersantai dan menikmati alam.
  • Banyak jalan kecil dan menanjak di Payangan, serta tidak ada angkot. Pastikan Anda menyewa mobil atau motor sendiri saat ke sini.

Perlu Kamu Tahu di Payangan

  • Puskesmas Payangan, Jalan Giri Kesuma, Desa Melinggih, Payangan, Kecamatan Gianyar, Telepon : (0361) 978214
  • Polsek Payangan, Jalan Raya Payangan, Kecamatan Gianyar, Telepon : (0361) 974794

Leave a Reply