Cara Beli Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta

Bagaimana sih cara beli tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta itu? Sampai sekarang mungkin masih banyak yang bertanya mengenai hal ini. Memang Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta ini masih tergolong moda tranportasi baru yang bisa digunakan untuk pergi dari dan ke Bandara Bandara Soekarno-Hatta Jakarta. Sampai sekarang ini, kereta bandara Jakarta melayani rute dari bandara ke pusat kota Jakarta dan beberapa jadwal Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta mempunyai rute hingga ke Stasiun Bekasi.

Lalu bagaimana cara beli tiket Kereta Api Bandara ini? Untuk cara belinya sendiri ada beberapa yang bisa dicoba. Namun pastikan dulu kamu sudah punya jadwal kereta bandara yang sudah kamu pilih untuk keberangkatan atau kepulangan. Untuk jadwal keberangkatan, pastikan minimal 2 hingga 3 jam dari jadwal penerbangan kamu.

Untuk stasiun keberangkatan Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta ada beberapa. Salah satu yang terbaru adalah Stasiun BNI City yang berada tak jauh dari Stasiun Sudirman. Lalu selain itu ada juga Stasiun Batu Ceper. Terakhir untuk kamu yang berasal dari Kota Bekasi, kamu bisa naik KA Bandara dari Bekasi. Namun perlu diingat, jadwal keberangkatan KA Bandara dari dan ke Bekasi ini tidak sebanyak jadwal keberangkatan dari dan ke Stasiun BNI City yang ada di Sudirman.

Cara Beli Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta

Ada beberapa cara untuk beli Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta. Cara pertama untuk yang go show adalah dengan membeli di vending machine yang telah disediakan pada tiap stasiun. Cara kedua adalah dengan membeli lewat website railink. Lalu cara terakhir atau cara ketiga adalah beli tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan aplikasi smartphone. Untuk detail cara beli tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta bisa kamu temukan di bawah ini:

Beli Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta Lewat Vending Machine

Cara untuk beli tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta lewat vending machine ini bisa dibilan cara lama yang diperharui. Kalau dulu beli tiket kereta api itu harus ke loket, sekarang beli tiket KA Bandara bisa dilayani oleh mesin otomatis. Untuk beli tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta lewat vending machine berarti kamu harus datang langsung ke stasiun. Tutorial beli tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta lewat vending machine ini bisa dilihat pada video dibawah ini:

Untuk langkah-langkah beli tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta lewat vending machine sendiri bisa dibaca dibawah ini :

  1. Cari vending machine yang ada di lokasi stasiun.
  2. Terlebih dahulu kamu harus memilih jadwal keberangkatan kereta bandara Soekarno-Hatta yang akan ditampilkan di vending machine.
  3. Pilih menu yang ditampilkan pada vending machine : Ticketing -> Buy Ticket
  4. Pilih dulu jenis tiket yang ada di vending machine. Untuk keberangkatan langsung pilih Regular Ticket. Sementara jika hanya reservasi keberangkatan, pilih menu Reserve Seat.
  5. Pilih stasiun tujuan di vending machine.
  6. Pilih jadwal keberangkatan kereta bandara, dan pastikan untuk keberangkatan yang dipilih ketersediaan kursi masih ada.
  7. Klik menu Booking, lalu isi no handphone sebagai data identitas.
  8. Lakukan pembayaran jika di layar sudah diminta untuk melakukan pembayaran. Untuk metode pembayaran jika beli tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta lewat vending machine ada 3 jenis. Yaitu pembayaran dengan Debit Card/Credit Card untuk pembayaran dengan kartu debit dan kartu kredit. Dengan Prepaid Card untuk pembayaran dengan e-money dan yang metode terakhir adalah pembayaran dengan Voucher.
  9. Tempelkan saja kartu e-money pada reader yang ada pada vending machine jika dilakukan pembayaran dengan e-money. Atau gesek Debit Card atau Credit Card pada mesin EDC untuk pembayaran dengan metode ini.
  10. Jika pembayaran sukses, tiket akan tercetak dari vending machine. Selanjutnya tinggal mengambil tiket dari vending machine lalu masuk ke peron jika sudah waktunya berangkat.

Beli Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta Lewat Website

Cara Beli Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta Lewat Website Railink.
Cara Beli Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta Lewat Website Railink.

Untuk pembelian tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta Lewat Website langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Buka alamat website Railink : reservation.railink.co.id
  2. Buat reservasi diawali dengan memilih jenis Tiket yang akan kamu beli, kemudian pilih jumlah perjalanan. Bisa pilih sekali perjalanan atau pulang-pergi.
  3. Kemudian pilih stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan, dan jangan lupa untuk memasukkan jumlah peumpang KA Bandara.
  4. Pilih jam keberangkatan sesuai yang kamu inginkan. Sebaiknya untuk pembelian tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta Lewat Website, pilih minimal 2-3 jam sebelum keberangkatan pesawat.
  5. Isi data diri. Pastikan nama, tanggal lahir, alamat e-mail dan nomor telepon sudah dimasukkan dengan benar. Lakukan proses jika data sudah benar.
  6. Periksa ulang pesanan kamu, lalu pilih metode pembayaran untuk pembelian tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta Lewat Website. Klik tombol selesaikan pesanan/complete boking. Lanjutkan proses pembayaran, dan e-ticket akan dikirim ke email kamu setelah proses pembayaran berhasil.
  7. Kamu akan menerima notifikasi berupa email konfirmasi pembayaran yang berisi informasi pembelian tiket termasuk barcode. Barcode ini bisa digunakan untuk masuk dan keluar gate yang ada di stasiun nantinya.

Beli Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta Lewat Aplikasi Mobile

Cara beli tiket Kereta Bandara lewat aplikasi mobile atau smartphone.
Cara beli tiket Kereta Bandara lewat aplikasi mobile atau smartphone.

Untuk pembelian tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta Lewat Aplikasi Mobile langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Download aplikasi mobile railink di Appstore (untuk IOS) dan Play Store (untuk Android). Untuk mencari aplikasi ini, gunakan kata kunci/keyword “Railink”. Setelh download berhasil, lakukan registrasi terlebih dahulu. Email anda akan diperlukan untuk proses verifikasi pada registrasi ini.
  2. Setelah verifikasi berhasil, kamu dapat melakukan pembelian melalui aplikasi mobile Railink. Untuk membeli tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta Lewat Aplikasi Mobile, bisa dilakukan dengan diawali memilih stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan dan jumlah perjalanan apakah untuk sekali jalan atau pulang pergi.
  3. Setelah memilih tanggal keberangkatan, anda bisa melanjutkan dengan memilih jam keberangkatan Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta. Disarankan untuk memilih jam keberangkatan minimal 2 jam sebelum waktu penerbangan kamu.Setelah memilih jam keberangkatan, tahap selanjutnya adalah konfirmasi pembelian tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta Lewat Aplikasi Mobile. Pastikan apakah tanggal, jam berangkat dan data nomor telepon yang kamu masukkan sudah benar.
  4. Notifikasi pemesanan tiket akan dikirim ke e-mail yang telah kamu daftarkan di aplikasi sebelumnya. Kamu tinggal melanjutkan proses pembelian dengan melakukan pembayaran.
  5. Pilih metode pembayaran yang kamu inginkan. Selengkapnya mengenai metode pembayaran ini bisa kamu lihat di halaman reservation.railink.co.id/pages/howtopay/.
  6. Kamu akan mendapatkan email notifikasi pembayaran. Isi email tersebut adalah informasi pembelian tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta Lewat Aplikasi Mobile, lengkap dengan barcode yang bisa langsung digunakan untuk masuk pada gate yang ada di peron stasiun KA Bandara.

Nah, diatas adalah cara beli tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta lewat vending machine, cara beli tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta lewat Aplikasi Mobile, dan cara beli tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Jakarta lewat Website resmi Railink. Selain tiga cara diatas sebenarnya masih ada cara beli tiket KA Bandara lewat pihak lainnya. Namun cara beli tiket KA Bandara tersebut tidak akan dibahas pada tulisan ini. Selamat mencoba untuk naik kereta api ke Bandara ya!

Leave a Reply