PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Blog

Lokasi: Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Keindahan Alam Sumatera Utara

Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keindahan alam yang tak kalah menarik dengan daerah lainnya. Salah satu hal yang menarik saat berlibur ke provinsi ini adalah kebanyakan dari tempat wisatanya merupakan spot wisata alam. Salah satunya adalah Air Terjun Dua Warna yang terletak di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Asal Usul Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna ini memiliki cerita dan sejarah yang menarik. Awalnya, air terjun ini terbentuk akibat letusan Gunung Sibayak yang terjadi ratusan tahun lalu. Sumber mata air yang mengalir ke lokasi ini juga berasal dari Gunung Sibayak tersebut. Warna airnya terbagi menjadi dua, yaitu biru muda dengan air dingin menyegarkan di atas, dan putih keabuan dengan air hangat di bagian bawah. Perbedaan warna ini disebabkan oleh kandungan fosfor dan belerang dalam air.

Perjalanan Menuju Air Terjun Dua Warna

Perjalanan menuju Air Terjun Dua Warna Sibolangit sangat menakjubkan. Selama perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk. Lokasi air terjun ini berada di ketinggian sekitar 1270 meter di atas permukaan laut, dengan tinggi sekitar seratus meter. Untuk mencapai lokasi air terjun, Anda harus berjalan menyusuri hutan dengan didampingi pemandu lokal. Jasa pemandu lokal biasanya memiliki tarif antara Rp 100.000 hingga Rp 300.000, tergantung pada penawaran. Meskipun harga pemandu cukup mahal, trek yang harus dilalui selama perjalanan menuju air terjun ini cukup menantang. Waktu yang diperlukan untuk mencapai air terjun ini sekitar 2-3 jam, dengan berangkat dari pintu masuk utama bumi perkemahan Sibolangit.

BACA JUGA :  10 Rekomendasi Penyedia Jasa Poles Marmer di Kota Bekasi dan Sekitarnya Yang Memuaskan

Fasilitas dan Biaya

Untuk masuk ke kawasan air terjun, Anda perlu membayar tiket sebesar Rp 25.000. Harga tiket ini termasuk biaya retribusi untuk perawatan kawasan wisata Sibolangit. Namun, di dalam kawasan air terjun ini tidak terdapat fasilitas seperti gazebo atau pedagang makanan. Oleh karena itu, disarankan bagi pengunjung untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Selain itu, di lokasi ini juga tidak terdapat tempat beristirahat yang nyaman, sehingga pengunjung yang ingin menikmati objek wisata ini secara maksimal dapat berkemah di sekitarnya.

Bencana Banjir dan Longsor

Sayangnya, keberadaan Air Terjun Dua Warna Sibolangit sebagai tujuan wisata alam di Sumatera Utara terancam. Pada Mei 2016, terjadi bencana banjir dan longsor yang mengakibatkan 19 orang meninggal dunia. Bencana ini juga menghancurkan kawasan wisata yang menjadi favorit di daerah Sibolangit. Sebagai tanda penutupan lokasi, papan nama atau papan petunjuk menuju air terjun ini dicabut agar tidak ada lagi wisatawan yang pergi ke tempat ini. Meskipun demikian, sebelum bencana terjadi, Air Terjun Dua Warna Sibolangit sering dikunjungi oleh wisatawan, baik untuk liburan maupun untuk melakukan beberapa ritual.

Lainnya di Indonesia

Selain Air Terjun Dua Warna Sibolangit, Indonesia juga memiliki banyak objek wisata air terjun lain yang tak kalah indah. Salah satunya adalah Air Terjun Kedung Pedut di Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasi air terjun ini berada di Kedung Pedut, Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, sekitar 40 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan bentuk tebing yang hampir 90 derajat, sehingga jatuhnya air terlihat sangat indah. Air Terjun Kedung Pedut memiliki dua warna yang ditunjukkan, yaitu warna putih jernih di tempat jatuhnya dan warna hijau toska di area bawah.

BACA JUGA :  10 Rekomendasi Tempat Bukber Yang Nyaman Untuk Keluarga di Bogor, Salah Satunya Dekat Air Terjun!

Di Indonesia, terdapat banyak objek wisata air terjun lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya berada di Bogor, Bali, Medan, dan Jogja. Bila Anda ingin menjelajah objek wisata air terjun di seluruh wilayah Indonesia, disarankan untuk menggunakan peta atau Google Map agar tidak tersesat. Selain itu, terdapat banyak ulasan dan artikel terkait objek wisata air terjun di internet yang dapat menjadi referensi sebelum pergi ke tempat tersebut.

Kesimpulan

Air Terjun Dua Warna Sibolangit merupakan salah satu objek wisata alam yang menarik di Sumatera Utara. Keindahan alamnya yang spektakuler dan cerita sejarahnya yang menarik membuat air terjun ini menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan. Namun, sayangnya keberadaannya terancam akibat bencana banjir dan longsor yang terjadi pada tahun 2016. Meskipun begitu, Indonesia masih memiliki banyak objek wisata air terjun lain yang tak kalah indah dan menarik untuk dikunjungi. Jadi, jika Anda memiliki kesempatan, jangan lewatkan untuk menjelajahi keindahan alam Indonesia dan menikmati pesona air terjun yang menakjubkan.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *