Panduan Tips Pergi Liburan Ke Rendang

Rate this post

Mendengar kata Rendang, tentu terbayang pada makanan berupa daging yang dimasak dengan bumbu dan santan hingga berwarna kecoklatan atau kehitaman dank has dari Sumatera Barat. Tapi, Rendang yang satu ini bukanlah makanan enak tersebut, melainkan sebuah kecamatan di Kabupaten Karangasem. Kecamatan Rendang, tepatnya di Desa Besakih menjadi tujuan wisata spiritual dengan adanya Pura Besakih. Konon, pura tersebut termasuk pura terbesar dan utama bagi umat Hindu di Bali.

Selain Pura Besakih yang telah terkenal hingga ke mancanegara, objek wisata lain di Rendang juga patut dikunjungi. Misalnya Telaga Waja untuk aktivitas arung jeram dan Gunung Agung untuk aktivitas pendakian. Memang terkesan cukup ekstrem tetapi wisata tersebut menjadi favorit wisatawan di Rendang.

Wilayah Utama Rendang

Dengan luas wilayah 109,70 km2, Rendang dibagi menjadi enam desa, diantaranya :

  • Desa Rendang
  • Desa Menanga
  • Desa Nongan
  • Desa Pesaban
  • Desa Besakih
  • Desa Pempatan
Pura Besakih adalah salah satu tujuan liburan di Rendang, Bali! via @meikle.emslie
Pura Besakih adalah salah satu tujuan liburan di Rendang, Bali! via @meikle.emslie

Sejarah Rendang

Sejarah kecamatan ini juga berhubungan dengan Desa Menanga, di mana awalnya bernama Galiran di bawah Kerajaan Nyalian. Kemudian, nama tersebut berubah menjadi Menanga setelah direbut oleh Kerajaan Karangasem pada abad ke-18 yang berada di bawah kekuasaan I Gusti Ngurah Sidemen.

Mulai saat itu, Desa Menanga masuk wilayah Sidemen, sehingga penduduk berpindah dari Padang Tunggal (Sidemen) ke Desa Menanga yang tinggal di Banjar Menanga Kawan hingga sekarang. Beberapa tahun kemudian kekuasaan I Gusti Ngurah Sidemen dijatuhkan oleh Karangasem, sehingga Menanga terpecah menjadi wilayah kekuasaan Selat meliputi Menanga Kawan dan Tegenan Kawan, lalu wilayah kehidupan Sidemen meliputi Menanga Kangin dan Tegenan Kangin.

Cara Pergi ke Rendang, Bali

Jika Anda mendarat di Bandara Ngurah Rai, maka akan melewati Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra termasuk tol dalam waktu sekitar 1,5 jam berkendara. Untuk mencapai daerah Rendang dapat menggunakan travel, sewa mobil atau motor, serta taksi. Anda juga dapat menghubungi hotel untuk layanan penjemputan di bandara.

Transportasi Umum di Rendang, Bali

Sarana transportasi umum di kawasan Bali Timur sangat jarang, sehingga Anda dapat menggunakan taksi tetapi bersiaplah dengan biaya yang lumayan besar. Tidak ada salahnya untuk menyewa mobil atau motor selama berkeliling di Karangasem demi kenyamanan dan kemudahan perjalanan Anda. Ojek atau sewa sepeda juga menjadi transportasi yang dapat diandalkan selama berada di wilayah ini.

Hotel di Rendang

  • Mahagiri Panoramic Resort & Restaurant

Iklim di Rendang

Rendang memiliki iklim tropis dengan suhu udara rata-rata 24 0C dan curah hujan rata-rata per tahun 2.000 mm.

Bahasa Daerah di Rendang

Secara umum, bahasa daerah yang digunakan di Rendang adalah Bahasa Bali. Namun masyarakat dapat menggunakan Bahasa Indonesia atau Inggris untuk berkomunikasi.

Tempat Wisata di Rendang

Gunung Agung juga bisa anda kunjungi disini! via @explore.bali.eastjava
Gunung Agung juga bisa anda kunjungi disini! via @explore.bali.eastjava
  • Bukit Jambul
  • Pura Besakih, yakni pura terbesar di Bali sebagai tempat suci umat Hindu.
  • Telaga Waja sangat bagus untuk olahraga arung jeram.
  • Gunung Agung termasuk gunung tertinggi di Bali

Tempat Makan Rekomendasi Kuliner di Rendang

  • Restoran Mahagiri

Tips Wisata di Rendang

  • Bagi wanita haid tidak disarankan untuk mendaki Gunung Agung sebab adanya larangan bagi wanita haid di gunung tersebut

Perlu Kamu Tahu di Rendang

  • Puskesmas Rendang, Desa Menanga, Kecamatan Rendang
  • Polsek Rendang, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Telepon : (0363) 5300529

Leave a Reply