Panduan Tips Pergi Liburan Ke Cisolok

Cisolok adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Sukabumi. Wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Lebak, Propinsi Banten. Cisolok terkenal akan objek wisata pantai yang indah dan pemandian air panas alami yang memiliki banyak keunikan.

Ada beberapa pantai di Cisolok yang kerap dikunjungi wisatawan, yaitu Pantai Karang Hawu, Pantai Cibangban, Pantai Kebon Kelapa, Pantai Nambo, Pantai Karang Haji, dan Pantai Karang Papak.

Kecamatan Cisolok juga memiliki potensi tambang yang cukup kaya, setidaknya tujuh desa di kecamatan ini bisa dikatakan sebagai desa tambang. Material tambang yang terkandung di kawasan pegunungan kecamatan ini antara lain emas, galena, zeolite, dan mangan.

Puncak Habibbie ini adalah salah satu tempat wisata di Cisolok dengan pemandangan indah via @riougen
Puncak Habibbie ini adalah salah satu tempat wisata di Cisolok dengan pemandangan indah via @riougen

Cara Pergi ke Cisolok

Untuk menuju Cisolok, Anda bisa mengambil rute menuju Bogor, lalu lanjutkan menuju Sukabumi. Begitu pun jika Anda dari Bogor dan Bandung, Anda cukup mengarah ke Sukabumi saja.

  • Jakarta (Cawang) > Tol Jagorawi > exit Ciawi > Ciawi > Cicurug > Parung Kuda > Cibadak > Cikembar > Warung Kiara > Pelabuhan Ratu > Cisolok.
  • Bandung (Pasteur) > Tol Purbaleunyi (Cipularang) > exit Padalarang > Padalarang > Cipatat > Rajamandala > Ciranjang > Cianjur > Cukabumi > Cikembar > Warung Kiara > Pelabuhan Ratu> Cisolok.

Jika Anda menggunakan angkutan umum untuk pergi ke Cisolok :

Dari Sukabumi, Anda bisa menggunakan Bus MGI berwarna biru (tersedia AC dan Non AC), jurusan Bogor – Pelabuhan Ratu, menuju Pelabuhan Ratu. Bus MGI ini berangkat dari Terminal Baranangsiang, Bogor dengan lama perjalanan 3 – 4 jam. Tarif Bus MGI AC Rp. 25.000 per orang.

Selanjutnya, setelah Anda tiba di terminal Pelabuhan Ratu, naik angkot warna ungu tua jurusan Cisolok, lalu Ada bisa turun di tempat tujuan yang Anda tuju.

Rute menuju Cisolok umumnya bermula dari Pelabuhan Ratu ke arah barat, melewati area Pantai Karanghawu, Citepus, Cibangban, di pesisir Pelabuhan Ratu. Jaraknya kurang lebih 20 kilometer, sedangkan jarak dari Jakarta ke Pelabuhan Ratu dan Cisolok sekitar 137 kilometer, dengan waktu tempuh selama 3.5 jam.

Transportasi Umum di Cisolok

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa berkeliling daerah Cikakak dengan menggunakan kendaraan umum seperti Angkot, Bus MGI, atau Ojek. Namun pastikan jarak tempuh dan ongkosnya lebih dulu sebelum menggunakan Ojek, akan lebih baik jika Anda menawar.

Hotel di Cisolok

Ada banyak hotel dan penginapan di Cisolok, mulai dari yang mahal hingga yang murah ada. Jika mau menginap di Cisolok, tinggal pilih penginapan sesuai budget anda. Daftar tempat menginap di Cisolok bisa anda baca dibawah ini:

  • Hotel Pondok Kencana, Jl. Cisolok Km. 8, Bojong Haur, Sukabumi, Jawa Barat, Telepon 0266 431465
  • Didesa Resort, Jl. Raya Cisolok Km. 8, No. 23, Cimaja, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat 43266, Telepon 0266 433300, Tarif kamar Rp. 265.000 per malam
  • Ocean Queen Resort, Jl. Banten, Cibangban Rt 02/Rw 12, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat, Telepon 021 7660359, Tarif kamar Rp. 550.000 per malam
  • Resort Cahaya, Jl. Raya Karang Papak, Pelabuhan Ratu, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat 43365, Tarif kamar Rp. 500.000 – Rp. 1.000.000 per malam
  • 77 Sunset Plaza, Jl. Raya Karang Papak, Pelabuhan Ratu, Cisolok, Jawa Barat 43365, Tarif kamar antara Rp. 500.000 – Rp. 1.000.000 per malam
  • Legon Pari Beach Resort, Cikahuripan, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat
  • Kuda Laut Resort, Jl. Raya Cibangban, Cisolok, Pasir Baru, Sukabumi, Jawa Barat, Telepon 0815 63200263
  • Villa Gurilap, Jl. Raya Cisolok, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat
  • Hotel Lagusa, Jalan Lagusa, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat, Telepon 0812 99294048 atau 1-844-663-2269, Tarif kamar Rp. 330.000 per malam
  • Inna Samudera Beach Hotel, Jl. Raya Cisolok Km. 7, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, Telepon 0266 431200 atau 1-844-663-2269, Tarif kamar Rp. 890.000 per malam
  • Sunset Beach House Holiday Home, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat, Karang Aji Beach Villa, Jl. Raya Cisolok Km. 20, Cimaja, Pelabuhan Ratu, Cisolok, Jawa Barat 10310, Telepon 0212 525 837

Iklim di Cisolok

Cisolok memiliki iklim tropis. Curah hujan di Cisolok adalah signifikan, dengan presipitasi bahkan selama bulan terkering. Lokasi ini diklasifikasikan sebagai Af berdasarkan Köppen dan Geiger. Suhu rata-rata di Cisolok adalah 27.0 °C. Dalam setahun, curah hujan rata-rata adalah 3467 mm.

Bahasa Daerah di Cisolok

Bahasa Sunda berlogat pesisir, sehingga terkesan bernada keras. Bahasa Sandi Tipar Sukabumi (Sani Widal). Bahasa ini disebut sebagai Bahasa pergaulan dialek Sunda, di mana terdapat perubahan lafal bentuk huruf pada konsonan.

Tempat Wisata di Cisolok

Ada beberapa tempat wisata di Cisolok yang bisa anda kunjungi. Beberapa daftar tempat wisata di Cisolok bisa anda baca dibawah ini:

1. Mata Air Panas Cisolok

Foto: Puncak Habibbie ini adalah salah satu tempat wisata di Cisolok dengan pemandangan indah via @riougen
Puncak Habibbie ini adalah salah satu tempat wisata di Cisolok dengan pemandangan indah via @riougen

Pemandian air panas alami di Cisolok memiliki keunikan. Selain tempatnya yang berlokasi di pantai dan bukan di pegunungan seperti umumnya sumber air panas alami, uniknya lagi Anda bisa melihat sumber air panas yang menyembur keluar dari bebatuan. Di sini terdapat tiga titik sumber air panas dengan suhu masing-masing sekitar 80 derajat celcius, yang berasal dari geyser.

Mirip geyser di Yellowstone National Park, Amerika, sehingga air panasnya tidak mengandung sulfur. Harga tiket masuk kawasan dan parkir mobil adalah Rp. 30.000. Ada toko-toko kecil dan warung-warung makan di dekat area parkir, dan Anda perlu berjalan melewati jembatan gantung untuk sampai ke pemandian sumber air panas ini.

2. Pelabuhan Ratu

Ingin mendapatkan sunset sempurna, main saja ke Pelabuhan Ratu via @hadi_manurung
Ingin mendapatkan sunset sempurna, main saja ke Pelabuhan Ratu via @hadi_manurung

Sebuah pantai populer yang berlokasi sekitar 60 kilometer di selatan Kota Sukabumi. Objek wisata pantai ini tenar berkat panorama alamnya yang indah, hawa sejuk dan hamparan pasir yang luas. Lanskap pantai yang merupakan perpaduan pantai yang landai, tebing-tebing karang, hutan cagar alam, dan debur ombak yang terkesan magis, mampu menyihir pengunjung pantai ini.

3. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu ini adalah salah satu tujuan favorit para biker via @kiki_jenong97
Pantai Karang Hawu ini adalah salah satu tujuan favorit para biker via @kiki_jenong97

Pantai ini menyimpan kisah mistis yang menjadikannya lebih terkenal. Konon pantai ini menjadi tempat pertapaan Ratu Pantai Selatan. Ada tebing yang menjorok ke laut dan hamparan pasir yang luas dan halus. Pantai ini bisa diakses hanya sekitar 20 menit dengan kendaraan umum dari Terminal Pelabuhan Ratu atau dengan kendaraan pribadi. Harga tiket masuk kawasan pantai Rp. 2.500.

4. Pantai Cibangban

Senja begitu menawan di Pantai Cibangban via @herry_rich
Senja begitu menawan di Pantai Cibangban via @herry_rich

Berlokasi sekitar 10 kilometer dari Pelabuhan Ratu. Pantainya bersih dan karakteristik ombak lebih tenang bila dibandingkan Pantai Pelabuhan Ratu, sehingga lebih aman untuk berenang. Pantai ini bisa dicapai dalam perjalanan menuju Cisolok. Banyak terdapat sarana penginapan di sekitar area pantai.

5. Kampung Ciptagelar

Kampung Ciptagelar di Cisolok via @wongabraham
Kampung Ciptagelar di Cisolok via @wongabraham

Kampung Ciptagelar berada di Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Sebuah kampung yang berusia 650 tahun, bertahan dengan menjunjung adat turun temurun dan budayanya yang menarik. Kampung ini terletak sekitar 750 meter di bawah permukaan laut, di sisi barat Gunung Halimun.

Museum di Cisolok

Museum Palagan Bojongkokosan. Museum kebanggaan masyarakat Sukabumi. Didirikan sebagai penghormatan kepada para pahlawan perang yang gugur dalam peristiwa Bojongkokosan, tanggal 9 Desember 1945, yaitu peperangan para pejuang Sukabumi dengan tentara sekutu Inggris dan NICA Belanda, yang ingin kembali menjajah Indonesia.

Lokasi di Desa Bojongkokosan, tepatnya di Jl. Siliwangi No. 75, Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi.

Tempat Hiburan Malam di Cisolok

  • Kadieu Bar & Lounge, Jl. Ahmad Yani, Jajaway, Cangehgar, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, Jam buka pukul 17.00 – 23.00 Wib
  • Cempaka Ratu Villa and Lounge, Jl. Raya Cikakak, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat

Rekomendasi Tempat Makan di Cisolok

  • Cimaja Square, Jl. Raya Pelabuhan Ratu, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat
  • Waroeng Asrie, Jl. Raya Citepus Km. 2 No. 5, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat 43366, Telepon 0226 435755
  • Kapinis Resto, Jl. Raya Pelabuhan Ratu Km. 14, Sukabumi, Jawa Barat 43362, Telepon 0266 320441
  • Cahaya Inti Bahari, Jl. Cimaja Km. 1, Cisolok, Pelabuhan Ratu, Jawa Barat, Telepon 0856 64440760, Jam buka pukul 09.00 – 17.00 Wib
  • RM Mitoha Ikan Bakar, Cisolok, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat

Tips Liburan di Cisolok

  • Jika Anda akan berwisata di pantai, berhati-hatilah pada arus kuat di sepanjang garis pantai, terutama kalau membawa anak, jangan dibiarkan berenang sendirian tanpa pengawasan Anda.
  • Jangan meletakkan barang-barang bawaan Anda di atas pasir begitu saja, karena bisa terseret ombak. Lebih baik tinggalkan di hotel, digantung di pohon, atau dititipkan ke warung terdekat.
  • Jika Anda tersesat atau bingung arah jalan, segera bertanyalah pada penduduk setempat. Mereka sangat ramah dan siap membantu.
  • Pada saat berwisata di pemandian sumber air panas, bawalah handuk sendiri karena di sana tidak disediakan. Bagi pengunjung wanita, boleh menggunakan kaos t-shirt di luar baju renang Anda kalau Anda merasa sungkan dilihat para lelaki.
  • Banyak-banyak minum air putih saat berwisata di pantai atau di pemandian air panas alami untuk menghindari dehidrasi karena cairan tubuh yang banyak menguap.
  • Kalau Anda punya waktu lebih setelah berendam di pemandian sumber air panas alami, boleh mempertimbangkan kunjungan ke air terjun terdekat, hanya sekitar satu jam berjalan kaki dari tempat pemandian air panas.

Tempat Penting di Cisolok Untuk Keadaan Darurat

  • Puskesmas Cisolok Kab Sukabumi, Jl. Raya Cipanas Cisolok, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Telepon 0266 431519
  • Rumah Sakit Umum Pelabuhan Ratu, Jl. Jend A Yani, No. 02, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, Telepon 0266 435032

Leave a Reply