PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Lokasi Pantai Karang Hawu

Blog

Pantai Karang Hawu: Pesona Alam Eksotis di Sukabumi

Mengenal Lokasi

Pantai Karang Hawu terletak di daerah Caringin, Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini memiliki pesona alam yang eksotis dan menarik perhatian banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Dengan segudang objek wisata alam yang dimiliki, Sukabumi menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Jawa Barat.

Pantai Karang Hawu memiliki ciri khas yang unik yaitu adanya tebing yang menjorok ke laut dan suara deburan ombak yang memberikan suasana tersendiri. Tidak hanya itu, pantai ini juga terkenal karena legenda dan mistik yang mengelilinginya. Kisah sejarah dan asal usul pantai ini penuh dengan cerita legenda dan misteri yang menarik.

Dalam sejarahnya, Pantai Karang Hawu memiliki hubungan erat dengan Pelabuhan Ratu yang terletak di dekatnya. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar, sehingga ada larangan untuk berenang di sekitar area lautnya. Banyak korban tenggelam yang terjadi akibat terseret ombak yang kuat. Konon katanya, antara Nyai Roro Kidul dan Pantai Karang Hawu ada kaitannya. Terdapat makam keramat yang letaknya tidak jauh dari pantai ini, dan dipercaya memiliki khasiat. Banyak wisatawan dan masyarakat sekitar yang mandi di area tersebut karena dipercaya memiliki khasiat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Menilik Sejarah

Asal usul nama Hawu sendiri memiliki arti yaitu tungku. Nama ini diberikan karena adanya tebing karang berlubang dengan posisi menjorok ke laut yang mirip seperti tungku. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, area ini masih termasuk ke dalam daerah kekuasaan Nyi Roro Kidul, ratu pantai selatan. Tebing karang tersebut dipercaya sebagai daerah singgasana penguasa ratu pantai selatan. Ada yang meyakini bahwa mandi atau membasuh muka di antara cekungan batu karang ini akan mendapatkan berkah. Air yang terdapat di genangan karang ini juga dipercaya memiliki khasiat penyembuhan berbagai macam penyakit. Cerita ini menambah daya tarik dan keindahan alam Pantai Karang Hawu.

BACA JUGA :  10 Rekomendasi Toko Jam Digital Masjid Dengan Kualitas Terbaik di Indonesia, Simak Ulasan Ini!

Pesona Keindahan

Pantai Karang Hawu memiliki pesona keindahan alam yang memukau. Terletak di ujung barat Pulau Jawa, pantai ini menjadi spot favorit untuk hunting foto, gambar, atau video vlog. Suasananya yang menyenangkan dan pemandangan yang indah membuat banyak orang terpesona. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan bibir pantai yang dipenuhi dengan deburan ombak yang begitu indah. Pemandangan ini semakin eksotis saat matahari terbenam, memberikan tampilan yang sangat memukau. Jangan lupa untuk mengabadikan momen indah ini dengan kamera agar dapat dikenang selamanya.

Selain menikmati pemandangan yang indah, terdapat juga berbagai aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Karang Hawu. Para pengunjung dapat berenang, berselancar, atau memancing di pantai ini. Namun, perlu diingat bahwa terdapat larangan berenang di beberapa area pantai karena ombak yang kuat. Keselamatan pengunjung harus tetap diutamakan. Di sekitar pantai juga terdapat spot foto menarik dengan latar belakang pemandangan laut yang indah dan tebing yang mempesona. Pengunjung juga dapat mengunjungi Pelabuhan Ratu yang terletak tidak jauh dari pantai ini.

Fasilitas Lengkap

Pantai Karang Hawu telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap untuk mendukung kenyamanan para pengunjung. Terdapat hotel, resort, dan villa yang letaknya berdekatan dengan pantai, sehingga pengunjung dapat menginap dengan nyaman. Terdapat pula warung makan yang menyajikan aneka kuliner seafood, mushola, kamar mandi, dan tempat parkir. Di sekitar pantai juga terdapat mini market dan kios-kios yang menjual berbagai pernak-pernik dan souvenir. Pengunjung juga dapat menyewa papan surfing untuk menikmati olahraga air yang seru di Pantai Karang Hawu.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Karang Hawu, pengunjung diharuskan membayar tiket masuk seharga Rp 2.500. Harga tiket ini sangat terjangkau dan tidak akan menguras kantong. Namun, perlu diingat bahwa harga tiket tersebut belum termasuk tarif parkir kendaraan. Pantai ini buka selama 24 jam, sehingga pengunjung dapat mengunjunginya kapan saja sesuai dengan keinginan mereka.

BACA JUGA :  10 Rekomendasi Toko Besi Pilihan di Bandar Lampung, Termasuk Mega Sakti dan Cahaya Baja

Tips Liburan

Bagi yang ingin menikmati liburan di Pantai Karang Hawu, ada beberapa tips dan saran agar liburanmu lebih berkesan. Pastikan untuk membawa kamera baik DSLR, action cam, atau kamera ponsel dengan resolusi yang bagus. Dengan panorama yang ditawarkan oleh pantai ini, tidak ada salahnya untuk mengabadikan momen-momen indah selama liburan. Jangan lupa juga untuk menggunakan topi agar terhindar dari teriknya matahari saat siang hari. Selain itu, kita juga harus menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Dalam perjalanan menuju Pantai Karang Hawu, pengunjung dapat menggunakan angkutan umum, ojek, atau kendaraan pribadi. Rute dan akses ke pantai ini cukup mudah dengan adanya papan petunjuk. Jika membutuhkan bantuan untuk menemukan lokasi, pengunjung dapat menggunakan aplikasi Google Maps yang akan menunjukkan peta menuju pantai ini. Pantai Karang Hawu juga tidak jauh dari Pelabuhan Ratu, sehingga pengunjung dapat mengunjungi keduanya dalam satu perjalanan.

Pantai Karang Hawu di Sukabumi, Jawa Barat memiliki pesona alam yang eksotis dan menarik. Dengan keindahan pantai, tebing karang, dan suasana yang tenang, pantai ini menjadi destinasi liburan yang sempurna. Dukungan fasilitas yang lengkap dan harga tiket yang terjangkau membuat Pantai Karang Hawu menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam Pantai Karang Hawu saat berlibur di Sukabumi, Jawa Barat.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *