PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Daftar Tempat Wisata di Daerah Sekitar Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi dan Harga Tiket Masuknya

Blog

Lokasi dan Keindahan Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu terletak di Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Dengan lokasinya yang berbatasan dengan Samudra Hindia, pantai ini menawarkan pemandangan alam yang memukau. Jaraknya sekitar 137 km dari Jakarta dan dapat ditempuh dengan kendaraan selama 3-4 jam perjalanan. Sedangkan dari Bandung, jaraknya sekitar 153 km.

Pantai Pelabuhan Ratu dikenal dengan keindahan pasirnya yang berwarna coklat dan gulungan ombaknya yang tinggi. Selain itu, tempat ini juga terkenal dengan hotel mewahnya, yaitu Inna Samudra Beach Pelabuhan Ratu Hotel. Hotel ini tidak hanya menyediakan fasilitas penginapan yang berkualitas, tetapi juga memiliki sisi mistis yang menarik. Kamar 308 di hotel ini dipercaya sebagai kamar dari Ratu Nyi Roro Kidul. Setiap harinya, puluhan bahkan ratusan orang rela antri untuk masuk dan melihat suasana di dalam kamar ini. Bagi pengunjung yang hanya ingin melihat suasana di dalam kamar, pihak hotel memungut biaya sebesar Rp.15.000. Namun, bagi yang ingin bersemedi di kamar tersebut dengan waktu maksimal 1 jam, akan dikenakan tarif sebesar Rp.125.000.

Selain Pantai Pelabuhan Ratu, terdapat juga tempat-tempat wisata lain yang menarik di kecamatan Pelabuhan Ratu, seperti Pantai Karang Hawu, Pemandian Air Panas Cisolok, Pantai Cimaja, Gua Lalay, dan lain-lain. Pantai Karang Hawu memiliki garis pantai yang panjang, sekitar 4 km. Pantai ini memiliki dua sisi yang berbeda, satu sisi berhiaskan batuan dan bebukitan karang yang dihempas ombak, sedangkan sisi lainnya berupa hamparan pasir putih kecoklatan. Pantai ini juga dilengkapi dengan gazebo-gazebo dan trotoar untuk para pejalan kaki.

Pantai Cimaja merupakan tempat favorit para peselancar. Ombak di pantai ini dapat mencapai ketinggian hingga 4 meter, sehingga sering dijadikan tempat kompetisi surfing. Selain itu, para penonton juga dapat menikmati keindahan panorama pantai lewat batu-batu kali yang terhampar di sepanjang tepian pantai.

BACA JUGA :  10 Toko Oleh-Oleh di Jakarta Timur, Wajib Mampir Sebelum Pulang!

Pantai Loji adalah salah satu pantai yang kurang dikenal di kawasan Pelabuhan Ratu. Namun, keindahannya tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya. Pantai ini memiliki batu-batu karang besar yang bertebaran di sepanjang pantai, yang dipadukan dengan air laut yang biru dan ombak yang terus bergulung. Tempat ini masih sepi dari wisatawan, sehingga menjadi lokasi ideal bagi para pemancing yang ingin mencoba peruntungannya di atas batu-batu karang.

Pantai Citepus memiliki lokasi yang strategis dan selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada saat liburan. Pantai ini memiliki panjang sekitar 5 km dan permukaannya yang landai. Hamparan pasir putihnya tampak seperti permadani raksasa yang menakjubkan.

Pantai Cibangban juga memiliki daya pikat tersendiri. Pantai ini relatif sepi dibandingkan dengan tempat wisata lain di kawasan Pelabuhan Ratu. Namun, pantai ini memiliki pasir yang lembut berwarna hitam keabu-abuan, air laut yang bersih, dan ombak yang tidak terlalu besar, sehingga aman untuk berenang. Para pengunjung juga dapat menikmati pemandangan deretan perahu nelayan yang berjajar di bibir pantai.

Selain pantai, terdapat juga pemandian air panas di kawasan Pelabuhan Ratu, yaitu Pemandian Air Panas Cisolok. Berbeda dengan pemandian air panas alami pada umumnya yang mengandung belerang, air panas di pemandian ini tidak memiliki kandungan belerang sehingga tidak menyengat. Air panas di sini berasal dari geyser, dengan suhu sekitar 80O Celcius. Pengunjung harus berhati-hati karena panasnya air yang keluar dari geyser tersebut.

Goa Lalay atau Goa Kelelawar juga menjadi daya tarik wisata di Pelabuhan Ratu. Goa ini adalah sarang bagi jutaan ekor kelelawar. Lokasinya yang dekat dengan pinggir pantai membuat wisatawan yang ingin menikmati keindahan sunset di Pelabuhan Ratu akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan dari rombongan kelelawar yang terbang berkelompok meninggalkan Goa Lalay.

BACA JUGA :  10 Agen Travel Jakarta – Solo Dengan Harga Termurah Rp.160.000

Mitos dan Misteri Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu dikenal tidak hanya karena keindahannya, tetapi juga karena mitos dan misteri yang melingkupinya. Mitos yang paling terkenal adalah tentang Penguasa Laut Selatan, Nyi Roro Kidul. Konon, Ratu Laut Selatan bersama dayang-dayangnya sering singgah di Puncak Pegunungan Winarum, yang tidak jauh dari Pantai Pelabuhan Ratu. Di puncak pegunungan ini terdapat makam para ulama yang menyebarkan agama Islam di Pelabuhan Ratu dan daerah sekitarnya.

Selain itu, terdapat juga mitos tentang ngalab berkah atau mencari berkah dengan mandi atau membasuh muka di 7 sumur. Tujuh sumur tersebut adalah 7 cekungan batu yang digenangi air. Setelah menjalani prosesi ritual mandi di 7 sumur, orang-orang yang melakukannya akan membuang pakaian dalam mereka sebagai simbol untuk membuang sial.

Mitos dan misteri ini memberikan daya tarik tersendiri bagi banyak orang yang mengunjungi Pantai Pelabuhan Ratu. Mereka tertarik untuk mencari pengalaman spiritual atau sekadar mencari kesenangan dalam menikmati keindahan alam yang mempesona.

Rute Menuju Pantai Pelabuhan Ratu

Untuk mencapai Pantai Pelabuhan Ratu, terdapat beberapa rute yang dapat dipilih. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta, Anda dapat melewati Tol Jagorawi hingga mencapai Ciawi, lalu menuju ke Cicurug. Lanjutkan perjalanan ke Parung Kuda, Cibadak, Cikembar, dan Warung Kiara sebelum sampai di Pantai Pelabuhan Ratu.

Jika Anda berangkat dari Bandung, Anda dapat melewati Tol Purbaleunyi hingga mencapai Padalarang. Kemudian, lanjutkan perjalanan ke Cipatat, Rajamala, Ciranjang, Cianjur, Gekbrong, Sukaraja, Sukabumi, Cikembar, dan Warung Kiara sebelum sampai di Pantai Pelabuhan Ratu.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga dapat menggunakan kendaraan umum untuk mencapai Pantai Pelabuhan Ratu. Jika Anda berangkat dari Bandung, Anda dapat mencari bus jurusan BandungSukabumi di Terminal Leuwi Panjang Bandung. Setelah turun di Terminal Sukabumi, Anda dapat mencari bus jurusan Pelabuhan Ratu. Jika Anda berangkat dari Jakarta, Anda dapat menumpang bus jurusan Bogor. Setelah tiba di Terminal Baranangsiang Bogor, carilah bus yang menuju ke Pelabuhan Ratu.

BACA JUGA :  10 Referensi Cinderamata Yang Sangat Unik dan Menarik, Patut Dimiliki Saat Berwisata Ke Korea

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Untuk dapat menikmati keindahan tempat-tempat wisata di kawasan Pelabuhan Ratu, Anda perlu membayar tiket masuk yang cukup murah, yaitu antara Rp.2000 – Rp.3000 tergantung tempat wisata yang dikunjungi. Selain itu, terdapat juga biaya parkir kendaraan. Untuk sepeda motor, biayanya sekitar Rp.3000, sedangkan untuk mobil sekitar Rp.12.000. Untuk truk dan bus, biayanya sekitar Rp.22.000.

Selama berwisata di Pantai Pelabuhan Ratu, Anda dapat memanfaatkan sejumlah fasilitas yang tersedia. Terdapat taman bermain anak, tempat bersantai, pramuwisata dan tempat informasi wisata, tim SAR, mushollah/masjid, area parkir, cafe & resto, serta fasilitas lainnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kenyamanan dan kemudahan akses ketika berkunjung ke Pantai Pelabuhan Ratu.

Jika Anda berencana untuk menginap di kawasan Pelabuhan Ratu, Anda dapat memilih dari puluhan hotel, villa, resort, dan losmen yang tersedia. Beberapa hotel yang dapat Anda pilih antara lain Inna Samudra Beach Pelabuhanratu Hotel, Pondok Dewata, Pantai Mutiara Hotel, Padi Beach Resort, Cleopatra Hotel, Desa Resort and Spa, Hotel Mahkota Pantai, Karang Hawu Permai, Philita Villa, Karang Aji Beach Villa, dan masih banyak lagi.

Pantai Pelabuhan Ratu adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang spektakuler dan mitos yang menarik. Dengan akses yang mudah dan fasilitas yang memadai, tempat ini menjadi pilihan yang sempurna bagi wisatawan yang ingin bersantai dan menikmati keindahan alam yang mempesona.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *