Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sewon, Bantul

Rate this post

Sewon adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Bantul, Propinsi DI Yogyakarta, yang berada di dataran rendah. Pusat kecamatannya berada di ketinggian 53 meter di atas permukaan laut, dan berjarak 8 kilometer dari Ibukota Kabupaten Bantul.

Desa Sewon ini menjadi wadah seni jalanan. Pada Tahun 2014, sebanyak 33 seniman dari Pulau Jawa mendekorasi rumah-rumah penduduk, warung-warung, toko-toko, dengan warna-warna cerah dan lukisan-lukisan bermakna. Di saat Anda mengagumi karya-karya seni jalanan ini, Anda juga bisa melihat kehidupan sehari-hari penduduk desa dan panorama sawah membentang luas.

Desa Sewon juga dikenal sebagai tempat tinggal para pengrajin, terutama keramik, batik, kulit dan kayu pahat. Ketika mengunjungi desa ini Anda akan menemukan berbagai workshop atau bengkel kerja mereka untuk produksi lokal. Jika diijinkan, Anda juga boleh membeli produk hasil kerajinan langsung dari tangan pengrajin yang membuatnya.

Wilayah Utama Sewon

  • Timur: Kecamatan Banguntapan
  • Utara: Kota Yogyakarta
  • Barat: Kecamatan Kasihan
  • Selatan: Kecamatan Jetis dan Bantul

Sejarah Sewon

Asal-usul dusun dan Kecamatan Sewon berkaitan dengan peran Syeh Sewu yang pernah datang ke tempat ini dan menyebarkan Agama Islam. Nama Sewon diambil dari nama Syeh Sewu tersebut. Salah satu peninggalan Syeh Sewu adalah bangunan masjid yang lalu diberi nama sesuai namanya. Makam Syeh Sewu hingga kini masih terawat dengan baik meski tidak berbatu nisan, karena menurut salah satu pengurus Mesjid Syeh Sewu, dulu Syeh Sewu semasa hidupnya pernah berpesan jika kelak dirinya meninggal tidak usah diberi nisan di makamnya.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sewon, Bantul! via @poetra.januar
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Sewon, Bantul! via @poetra.januar

Sebuah mitos mengatakan bahwa gadis-gadis yang berasal dari Dusun Sewon terkenal akan kecantikannya. Karena diyakini dulunya para pamong desa memiliki istri-istri yang cantik sehingga menjadikan keturunan-keturunannya pun cantik-cantik. Kemudian Dusun Sewon ini berkembang menjadi kecamatan, dan kini Kecamatan Sewon terdiri dari beberapa desa dan kelurahan, yaitu Panggungharjo, Timbulharjo, dan Pendowoharjo.

Cara Pergi ke Sewon

Jika Anda bertolak dari Yogyakarta, Anda bisa berangkat menggunakan angkutan Bus Kota melalui Terminal Giwangan. Ambil rute Jalur 5, Jalur 15, atau Jalur 16 yang melintasi Jl. Parangtritis. Jalur ini memiliki 36 armada bus kota, dengan tarif per penumpang Rp. 3.000.

Anda juga bisa menggunakan angkutan umum Bus Trans Jogja dengan tarif Rp. 4.000 per penumpang, yang memiliki dua rute melewati Jl. Parangtritis, yaitu:

  • Jalur 11: Terminal Giwangan – Ringroad Selatan – Jl. Parangtritis – Terban – Gejayan – Terminal Condongcatur.
  • Jalur 13: Terminal Giwangan – Ringroad Selatan – Jl. Parangtritis – Jl. Abu Bakar Ali – Jl. Cik Di Tiro.

Selain menggunakan angkutan bus umum, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau roda dua. Anda cukup mengarahkan kendaraaan Anda ke arah Bantul, bisa melewati ringroad selatan hingga melintasi Jl. Parangtritis. Anda juga akan melewati Kampus ISI Yogyakarta.

Tersedia cukup banyak jasa penyewaan mobil di Kota Yogyakarta yang bisa Anda hubungi lebih dulu secara online. Kalau Anda memilih naik taksi, setidaknya ada 17 operator taksi yang tersedia di Kota Yogyakarta, dengan tarif awal buka pintu Rp. 7.500 dan Rp. 3.000 per kilometer. Beberapa di antaranya seperti,

  • Taksi Arga Surya Alam Perkasa, telepon 0274 545545
  • Taksi Armada, telepon 0274 517248
  • Taksi Blue Bird, telepon 0274 6411234, 4534547
  • Taksi Centris Raya, telepon 0274 7111111
  • Taksi Gunungjati, telepon 0274 496810

Anda juga bisa menggunakan layanan taksi motor atau ojek motor “O-Jack” berargometer yang popular digunakan masyarakat Yogyakarta. Tarif taksi motor ini adalah Rp. 4.000 untuk kilometer pertama, lalu Rp. 2.000 untuk kilometer berikutnya.

Transportasi Umum di Sewon

Alat transportasi yang kerap digunakan oleh masyarakat di Sewon adalah sepeda motor dan sepeda gowes. Para pelajar menggunakan sepeda gowes untuk bersekolah, sebab selain bebas polusi juga sehat.

Anda juga bisa menemukan transportasi Andong yang banyak melintas di jalan besar maupun jalan kecil. Biasanya Andong mematok tarif Rp. 3.000 per penumpang, dan bisa lebih jika bawaannya banyak.

Becak, angkutan umum beroda tiga ini juga banyak ditemui di daerah Sewon. Pada musim liburan, omset becak dan andong mengalami peningkatan yang signifikan.

Hotel di Sewon

Ada sebuah akomodasi penginapan berupa bungalow kayu dan guesthouse bergaya etnik Jawa, dengan nuansa pedesaaan yang asri dan dikelilingi sawah. Penginapan ini masih satu area dengan Tembi Rumah Budaya di mana terdapat sebuah Museum dengan koleksi peninggalan Jawa Kuno, dan sebuah joglo berperangkat gamelan kuno. Di tempat ini juga sering diadakan kegiatan budaya seperti kursus menari, membatik, pagelaran wayang kulit dan mocopat. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, seperti wifi, binatu, parkir luas, dan ada kolam renang yang juga bisa digunakan pengunjung yang menginap.

Penginapan ini berjarak sekitar 19 kilometer dari Bandara Adisutjipto, dan dapat dicapai dalam waktu 20 menit berkendara dari Kota Yogyakarta. Akses menuju berbagai objek wisata di sekitarnya juga cukup mudah. Menu makanan ala Jawa yang ditawarkan di restorannya cukup menarik, dan Anda juga bisa menikmati makan di restoran terbuka berkonsep taman tropis. Sebuah penginapan yang cocok bagi keluarga atau rombongan.

Harga kamar homestay Rp. 275.000 – Rp. 450.000 per malam, dapat digunakan untuk dua sampai empat orang. Lokasinya di Jl. Parangtritis Km 8.5, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Selin itu, terdapat hotel, wisma, villa, guest house, dan Bed and Breakfast yang berjarak 2 kilometer dari Grand Puri Waterpark, dengan harga Rp. 230.000 per malam.

Iklim di Sewon

Kecamatan Sewon beriklim seperti layaknya daerah dataran rendah di daerah tropis dengan dengan cuaca panas sebagai ciri khasnya. Suhu tertinggi yang tercatat di Kecamatan Sewon adalah 30 ºC dengan suhu terendah 25 ºC

Bahasa Daerah di Sewon

Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia

Tempat Wisata di Sewon

Ada beberapa tempat wisata di Sewon yang bisa anda kunjungi kalau liburan kesana.

Panggung Krapyak, Sebuah bangunan berusia 250 tahun yang dikenal sebagai tempat berburu para Raja Mataram dan Raja Kasultanan Yogyakarta. via @pandubudi
Panggung Krapyak, Sebuah bangunan berusia 250 tahun yang dikenal sebagai tempat berburu para Raja Mataram dan Raja Kasultanan Yogyakarta. via @pandubudi

1. Situs Karang Gede

Situs Karang Gede berada di Dusun Karang Gede, Kecamatan Sewon, Bantul. Situs ini berjarak 200 meter dari kampus ISI. Situs yang berupa batu yoni ini merupakan simbol reproduksi atau sumber kelahiran. Dalam Bahasa Sansekerta Yoni berarti tempat kelahiran, sumber, asal, dan ada kaitannya dengan Budaya Hindu. Situs yoni yang ditemukan di dusun ini cukup besar dan sebagian badannya masih tertimbun tanah. Yoni ini tepat berada di belakang sebuah kuburan.

2. Panggung Krapyak

Sebuah bangunan berusia 250 tahun yang dikenal sebagai tempat berburu para Raja Mataram dan Raja Kasultanan Yogyakarta. Dibangun di wilayah yang dulunya hutan lebat dan disebut Hutan Krapyak, tempat putra Panembahan Senopati wafat karena kecelakaan saat berburu. Arsitektur bangunan panggungnya unik. Anda bisa mengunjunginya dari Alun-alun Kidul menuju selatan melewati Plengkung Gading dan Jl. DI. Panjaitan.

3. Grand Puri Waterpark

Jl. Parangtritis KM. 9.5, Gabusan, Sewon, Kecamatan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55186
Telepon 0274 6463088
Jam Buka pukul 08.00 – 18.00 WIB
Harga Tiket Rp. 25.000, dan pada akhir pekan menjadi Rp. 35.000 untuk pengunjung dewasa.

Tempat Belanja di Sewon

  • Ruko Paris Square, Jalan Ring Road Selatan No. 111, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.
  • Pasar Seni Gabusan, Jalan Parangtritis Km. 9.5, Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Tempat ini menjual barang-barang produk kerajinan lokal berbahan dasar kulit, kayu, logam, tanah, dan anyaman enceng gondok.

Museum di Sewon

1. Museum Budaya Tembi

Museum ini berlokasi di area Rumah Budaya Tembi, Dusun Tembi, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Bantul. Koleksinya meliputi benda-benda peninggalan Jawa Kuno, seperti alat kesenian, senjata tradisional Jawa, alat membatik, permainan anak tradisional, alat pertanian, alat dapur, dipan, koin-koin, tongkat, keris, wayang kulit, buku-buku sastra Jawa kuno, dan batik kuno. Museum ini diresmikan pada Tanggal 21 Oktober 1999. Beralamat di Jl. Parangtritis Km 8.4, Desa Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta 55186. Telepon 0274 368000.

2. Museum Ngoto Bantul

Museum yang mengkaji sejarah perjuangan nasional. Terdapat Monumen Ngoto Bantul sebagai simbol penghormatan perjuangan TNI Angkatan Udara. Tempat ini juga merupakan makam dua pahlawan nasional, yaitu Marsda TNI Agustinus Adisutjipto dan Abdulrahman Saleh, keduanya berkiprah dalam masa perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia.

Hiburan Malam di Sewon

1. Taman Ngemil YK

Jl. Dongkelan No. 298 A
Sewon, Bantul, DI Yogyakarta
Telepon 0857 4389 7710
Jam buka pukul 16.00 – 23.00

2. Mocopatan Malem Rebo Pon

Rumah Budaya Tembi
Setiap Hari Selasa pukul 09.00 – 21.00 WIB
Jl. Parangtritis Km. 8.4, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta 55188
Telepon 0274 368 000, 368 004

3. Demo Wayang Kulit dan Karawitan

Rumah Budaya Tembi
Setiap Hari Kamis pukul 10.00 – 16.00 WIB
Jl. Parangtritis Km. 8.4, Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta 55188
Telepon 0274 368 000, 368 004

Tempat Makan Rekomendasi di Sewon

1. Waroeng Pohon

Jl. Parangtritis Km. 6, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta
Telepon 0274 445625
Jam Buka pukul 10.00 – 22.00 WIB

2. Roti dan Kue Bu Tatik

Jl. Imogiri Barat Km. 7.2, No. 168, Gandok Mredo Bangunharjo, Sewon, Bantul, Di Yogyakarta
Telepon 0274 4396228
Jam Buka pukul 08.00 – 21.00 WIB

3. Soto Koya Killi

Jl. KH. Ali Maksum, Palemsewu RT 06, sebelah selatan Desa Panggungharjo, Sewon, DI Yogyakarta

4. Bakmi Jawa Mbah Mo

Desa Code, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta

5. Mangut Lele Mbah Marto

Menu andalan mangut lele dan nasi gudeg
Dusun Ngireng-ireng, Saraban, Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta
Telepon 0896 2304 7222

6. Kuliner Jalibar

Jl. Imogiri Barat, Km. 7, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta
Telepon 0821 8138 4215
Jam Buka pukul 08.00 – 22.00 WIB

Tips Wisata di Sewon

Jika Anda bepergian dengan taksi, mintalah pengemudi taksi menyalakan argometer sesaat setelah Anda masuk mobil. Jika pengemudi tidak mau menyalakan argometer, sebaiknya Anda turun dan mencari taksi lain.

Perlu Kamu Tahu di Sewon

1. Kantor Kecamatan Sewon

Jl. Parangtritis Km. 6
Telepon 0274 379168
Situs web: http://kec-sewon.bantulkab.go.id

2. RSKB Ringroad Selatan

Rumah Sakit
Jl. Ringroad Selatan, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta 55182
Telepon 0274 376115, Fax 0274 3766115

3. RS Patmasuri

Jl. KH. Ali Maksum, Lapangan Krapyak, Panggungharjo, Sewon, BAntul, DI Yogyakarta 55188

4. Sentra Industri Kecamatan Sewon

Desa Pucung, Kerajinan patung kayu primitif
Desa Bangunjiwo, Kerajinan kulit
Desa Bangunharjo dan Desa Pendowoharjo, Industri tempe

Leave a Reply