PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Jalan Menuju Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo

Blog

Heading 2: Jalan Menuju Lokasi

Tempat wisata Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo terletak di Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi ini, terdapat beberapa jalur yang dapat diambil. Jika berangkat dari kota Jogja, pengunjung dapat mengambil jalur Godean yang menuju ke arah barat dan mengikutinya sampai Sungai Progo. Setelah melewati Jembatan Sungai Progo, pengunjung akan sampai di perempatan Kenteng yang terdapat lampu lalu lintas. Selanjutnya, belok ke kanan hingga sampai pada sebuah tugu yang ada di tengah jalan atau daerah Ndekso. Kemudian, belok kiri menuju jalan Samigaluh dan mengikuti jalur utama sekitar 20 km hingga sampai di Pasar Samigaluh. Setelah itu, terdapat pertigaan dengan tulisan Desa Wisata Nglinggo 2 km sebagai petunjuk arah. Pengunjung harus segera mengikuti jalur tersebut atau belok kanan. Setelah menyusuri jalan sekitar 2 km, pengunjung akan sampai di pintu gerbang Kebun Teh Nglinggo, Kulon Progo.

Bagi pengunjung yang berasal dari kota Magelang, dapat melewati jalur Kalibawang. Selanjutnya, pengunjung akan sampai di tugu pertigaan Ndekso. Kemudian, belok kanan untuk menyusuri jalur Samigaluh hingga akhirnya bisa sampai ke Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo.

Heading 2: Banyak Sekali Tempat Wisata Menarik di Kulon Progo

Kulon Progo merupakan kabupaten yang memiliki banyak tempat wisata menarik di Yogyakarta. Selain Kebun Teh Nglinggo, terdapat juga Pantai Glagah, Waduk Sermo, Air Terjun Sidoharjo, Desa Ggo, Kebun Teh Tritis, Kebun Teh Kulon Progo, dan banyak lagi. Keberagaman tempat wisata ini menjadikan Kulon Progo sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Yogyakarta.

BACA JUGA :  Uluwatu Surf Villas, Tempat Asyik Nikmati Sore

Heading 3: Banyak Sekali Tempat Wisata Menarik di Kulon Progo

Salah satu tempat wisata menarik di Kulon Progo adalah Kebun Teh Nglinggo. Tempat ini terletak di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Kebun Teh Nglinggo berada di ketinggian 900-1000 mdpl dengan koordinat 7.6471° S, 110.1415° E. Letaknya berbatasan dengan wilayah Kabupaten Magelang dan Purworejo.

Jalur utama yang dapat digunakan untuk mencapai Kebun Teh Nglinggo adalah melalui jalur Yogya-Purworejo. Jalur ini melewati kawasan Samigaluh yang dekat dengan Kebun Teh Nglinggo. Pada bulan Februari 2016, jalur ini pernah mengalami longsor akibat hujan deras yang menyebabkan tanah tidak kuat menampung air hujan yang berlebih.

Heading 3: Wisata di Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo menawarkan berbagai jenis wahana wisata menarik bagi pengunjung. Salah satunya adalah hamparan kebun teh yang hijau. Kebun teh ini memiliki luas sekitar 200 hektar dan tanaman teh menjalar di seluruh area wisata. Meskipun terik matahari menyengat di siang hari, pengunjung tidak akan merasa kepanasan karena udara di kebun teh ini sangat sejuk. Pengunjung juga dapat mencoba sensasi memetik daun teh sendiri dan menyusuri area tanaman teh untuk melihat dari dekat.

Selain itu, pengunjung juga dapat mengunjungi Bukit Ngisis. Bukit ini merupakan tempat favorit anak muda karena dari sini pengunjung dapat melihat pemandangan alam bukit dan gunung. Jika cuaca cerah, pengunjung dapat melihat keindahan 4 gunung, yaitu Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi. Apabila cuaca mendung, pengunjung dapat merasakan sensasi berpijak di atas awan karena megamendung berkumpul di atas bukit. Jembatan bambu dan kayu yang dibangun di atas pohon menjorok ke tengah tebing menjadi spot yang paling istimewa di Kebun Teh Nglinggo.

BACA JUGA :  10 Rekomendasi Rental Forklift di Bogor Yang Harganya Murah dan Apakah Bisa Sewa Bulanan?

Wisata off-road juga menjadi daya tarik di Kebun Teh Nglinggo. Para pecinta olahraga ekstrem dapat mencoba sensasi berkendara dengan mobil off-road melewati jalur menantang di tengah hutan pinus. Ada 3 rute yang dapat dipilih, yaitu rute pendek selama 2 jam, rute menengah selama 4 jam, dan rute panjang selama 6 jam. Para pengunjung dapat mencoba mengocok adrenalin dengan berkendara menaklukkan jalur hutan bersama teman-teman.

Puncak Kendeng juga menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi di Kebun Teh Nglinggo. Puncak ini merupakan bukit kecil yang terbuka sehingga pengunjung yang berada di atasnya dapat melihat pemandangan ke segala arah tanpa ada yang menghalangi. Dari sini, pengunjung dapat melihat Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dengan jelas jika cuaca cerah. Indahnya matahari terbit juga dapat dinikmati dari Puncak Kendeng.

Selain itu, di Kebun Teh Nglinggo terdapat homestay yang dapat digunakan untuk menginap. Terdapat lebih dari 30 homestay yang dapat dipilih oleh pengunjung. Homestay ini bukanlah bangunan megah seperti hotel, namun rumah penduduk dengan gaya ala orang desa. Dengan bermalam di homestay, pengunjung dapat merasakan suasana malam di pedesaan dan mencicipi kuliner khas Dusun Nglinggo.

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi Kebun Teh Nglinggo tanpa mencoba teh alami yang diproses secara manual. Teh ini memiliki rasa pahit yang berbeda dengan teh lainnya karena diolah tanpa campuran daun melati. Terdapat 3 jenis teh yang disuguhkan di setiap kedai, yaitu Teh Hijau, Teh Putih, dan Teh Hitam. Setiap jenis teh memiliki khasiat sendiri-sendiri, seperti Teh Hijau yang bermanfaat untuk diet, Teh Putih yang baik untuk kekebalan tubuh, dan Teh Hitam yang mencegah penuaan dini.

BACA JUGA :  10 Rekomendasi Rental Sepeda Motor di Daerah Solo Dengan Harga Murah Mulai Rp.30.000

Dengan berbagai macam wahana wisata menarik dan keindahan alamnya, Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan kesejukan udara di Yogyakarta.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *