PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Hutan Mangrove Kulon Progo Yogyakarta

Blog

Hutan Mangrove Kulon Progo adalah salah satu destinasi wisata yang menarik di Yogyakarta. Terletak di Pasir Mendit, Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo, tempat ini menawarkan pesona alam yang memukau. Meskipun letaknya agak jauh dari pusat kota, namun keindahan alam yang ditawarkan oleh hutan mangrove ini membuat perjalanan yang Anda tempuh sebanding dengan hasil yang Anda dapatkan.

Hutan mangrove Kulon Progo terkenal dengan keindahan alamnya yang eksotis. Ketika Anda memasuki area hutan ini, Anda akan disambut dengan jembatan yang terbuat dari bambu yang sangat unik. Jembatan ini merupakan akses utama untuk masuk ke dalam kawasan hutan mangrove. Di sekitar jembatan, Anda akan melihat pemandangan yang indah dan mempesona dari hutan bakau yang tumbuh subur.

Selain itu, Anda juga dapat melihat berbagai jenis tanaman mangrove yang tumbuh di sekitar hutan ini. Ketika Anda berjalan di atas jembatan, jangan kaget jika Anda melihat ikan glodog, sumpil, dan kepiting bakau yang hidup di dalam hutan ini. Namun, diharapkan para pengunjung tidak memancing di area ini untuk menjaga keberlanjutan ekosistem hutan mangrove.

Hutan mangrove Kulon Progo memiliki banyak spot menarik yang dapat Anda kunjungi. Salah satunya adalah pantai di sekitar hutan mangrove. Anda dapat menuju ke pantai dengan mengambil jalur ke arah selatan dan melewati jembatan bambu. Namun, perlu diperhatikan bahwa mandi dan berenang di pantai ini dilarang karena kondisi pantai yang berbahaya. Namun, Anda masih dapat menikmati keindahan pantai dan matahari terbenam yang memukau.

BACA JUGA :  Berapa Biaya Snorkeling di Pantai Slili Gunung Kidul dan Bagaimana Akses Jalan Menuju Lokasi?

Selain pantai, di dalam area hutan mangrove juga terdapat gua yang eksotis. Anda dapat mengunjungi Goa Mangrove yang memiliki pesona alam yang masih asri. Namun, perlu diingat bahwa di dalam gua ini banyak nyamuk dan juga sangat lembab, jadi sebaiknya Anda membawa obat nyamuk oles untuk melindungi diri Anda.

Ada banyak spot menarik lainnya di dalam kawasan hutan mangrove Kulon Progo. Misalnya, Anda dapat mengunjungi spot love yang terletak di tengah hutan. Di tempat ini, Anda dapat berfoto dengan latar belakang pepohonan yang rindang dan suasana yang romantis. Selain itu, Anda juga dapat menemukan ayunan, gazebo, dan tulisan-tulisan menarik di sekitar hutan mangrove ini.

Di sisi lain dari hutan mangrove, terdapat Jembatan Api-Api yang menawarkan pemandangan yang spektakuler. Anda dapat menikmati pemandangan pantai pasir dan keindahan hutan mangrove dari jembatan ini. Selain itu, di sekitar jembatan, terdapat tambak udang yang menarik untuk dikunjungi. Anda dapat melihat udang-udang yang hidup di dalam tambak ini dan menikmati suasana yang tenang.

Meskipun fasilitas di kawasan wisata ini belum lengkap, namun Anda tetap dapat menikmati liburan Anda dengan nyaman. Terdapat fasilitas umum seperti toilet, mushola, dan tempat sampah di dalam area hutan mangrove ini. Selain itu, tersedia juga area parkir yang luas dan beberapa warung yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Jika Anda berencana untuk mengunjungi hutan mangrove Kulon Progo, disarankan untuk datang pada pagi hari atau sore hari. Di siang hari, suhu udara di dalam hutan ini sangat panas dan terik. Jadi, lebih baik datang pada pagi hari atau sore hari ketika suhu udara lebih nyaman. Selain itu, jangan lupa membawa obat nyamuk oles agar terhindar dari gigitan nyamuk saat berada di dalam hutan mangrove atau di gua.

BACA JUGA :  10 Rekomendasi Tempat Jual Bunga Harga Murah Yang Ada di Tebet Jakarta Selatan dan Sekitarnya

Hutan Mangrove Kulon Progo adalah tempat yang indah dan menawarkan banyak hal menarik bagi para pengunjung. Dari keindahan alamnya yang eksotis hingga spot-spot menarik yang dapat Anda kunjungi, tempat ini tidak akan membuat Anda kecewa. Jadi, jika Anda sedang berada di Yogyakarta, jangan lewatkan untuk mengunjungi Hutan Mangrove Kulon Progo yang memukau ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *