PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Pesona Air Terjun Kedung Pedut, Surga Tersembunyi di Kulon Progo

Blog

Kedung Pedut Waterfall: Keindahan Alam di Pedesaan

Desa Jatimulyo, yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyimpan sebuah pesona alam yang menakjubkan. Salah satunya adalah Kedung Pedut Waterfall, sebuah destinasi air terjun yang menawarkan keindahan alam yang menyejukkan mata.

Keunikan Kedung Pedut Waterfall

Kedung Pedut Waterfall, atau yang juga dikenal sebagai Curug Kedung Pedut, merupakan salah satu destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi jika Anda sedang berada di daerah Kulon Progo. Keunikan tempat ini terletak pada pesona alamnya yang menakjubkan dan harganya yang terjangkau.

Apabila Anda terbiasa menghabiskan waktu di mal atau tempat rekreasi lainnya di kota, cobalah untuk menjajal menikmati suasana alami di pedesaan. Kedung Pedut Waterfall adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin melepas penat dan menikmati keindahan alam yang masih alami.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas yang Tersedia

Harga tiket masuk ke Kedung Pedut Waterfall sangat terjangkau, hanya sebesar Rp 3.000,- per orang. Selain itu, Anda juga perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 3.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk mobil. Dengan harga yang murah, Anda sudah dapat menikmati keindahan alam Kedung Pedut Waterfall.

Tidak hanya itu, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk para pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di Kedung Pedut Waterfall antara lain kamar mandi, tempat duduk, pancuran dan jembatan dari bambu, gardu pandang, area parkir yang luas, dan juga warung makan. Dengan adanya fasilitas ini, Anda dapat merasa nyaman dan betah berlama-lama di lokasi wisata ini.

BACA JUGA :  Deretan Kolam Renang di Daerah Tulungagung Yang Semakin Menceriakan Akhir Pekan

Cara Menuju Kedung Pedut Waterfall

Akses menuju Kedung Pedut Waterfall cukup mudah. Jika Anda berada di pusat Kota Yogyakarta, Anda dapat menuju ke arah selatan melalui Jalan Mayor Suryotomo sampai menemukan perempatan Jalan Panembahan Senopati. Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju Jalan KH Ahmad Dahlan, kemudian melalui Jalan RE Martadinata, Jalan Siliwangi, Jalan Godean, dan Jalan Raya Pasar Kenteng. Ikuti papan petunjuk jalan yang ada untuk sampai di area wisata Air Terjun Kedung Pedut.

Perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju Kedung Pedut Waterfall membutuhkan waktu sekitar 1 jam 10 menit dengan jarak sekitar 35 kilometer. Namun, perlu diingat bahwa estimasi waktu tersebut mengacu pada kecepatan normal dan kondisi jalanan yang baik. Jika Anda tidak ingin kesasar, disarankan untuk menggunakan peta yang telah disediakan agar perjalanan Anda menjadi lebih lancar.

Keindahan Alam Kedung Pedut Waterfall

Kedung Pedut Waterfall menawarkan keindahan alam yang memukau. Salah satu daya tarik utama dari tempat ini adalah warna airnya yang cantik dan unik. Air terjun ini memiliki dua warna, yaitu hijau tosca dan putih. Warna-warna ini terbentuk secara alami dan membuat pemandangan air terjun ini semakin menawan.

Warna putih berasal dari aliran air di samping air terjun, sedangkan warna hijau tosca terbentuk dari pantulan sinar matahari pada batuan di dasar kolam. Kedung Pedut Waterfall sebenarnya merupakan satu aliran dengan Air Terjun Kembang Soka. Kedua air terjun ini memiliki mata air yang sama, yaitu Mata Air Mudal.

Selain keindahan warna air terjunnya, Kedung Pedut Waterfall juga memiliki kolam alami di area air terjun. Kolam ini disebut kedung, di mana Anda dapat bermain air tanpa khawatir tenggelam. Terdapat beberapa kedung di Kedung Pedut Waterfall, seperti Kedung Merak, Kedung Lanang, Kedung Wedok, dan Kedung Merang. Kedalaman kedung-kedung ini berkisar antara 2 hingga 5 meter.

BACA JUGA :  Butuh Jasa Service Laptop di Tegal Untuk Merk Asus dan Acer? Ini Dia Alamat dan Nomor Teleponnya!

Aktivitas Menarik di Kedung Pedut Waterfall

Selain bermain air, ada banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan di Kedung Pedut Waterfall. Anda dapat berendam, berfoto di beberapa spot yang indah, bersantai di atas hammock, cliff jump, menyelam, bahkan flying fox. Tempat wisata ini cocok dikunjungi baik sendiri, bersama teman atau keluarga, maupun dengan pasangan. Suasana di Kedung Pedut Waterfall sangat sejuk dan asri, sehingga Anda akan merasa betah berlama-lama di sini.

Selain mengunjungi Kedung Pedut Waterfall, Anda juga dapat menjelajahi beberapa destinasi wisata lain di sekitarnya. Beberapa destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi antara lain Taman Sungai Mudal, Air Terjun Kembang Soka, Goa Kiskendo, Gunung Lanang, Wisata Alam Kalibiru, Pule Payung, Waduk Sermo, Ayunan Langit, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Kedung Pedut Waterfall adalah salah satu destinasi wisata alam yang menakjubkan di daerah Kulon Progo, Yogyakarta. Keindahan alamnya yang mempesona, harga tiket masuk yang terjangkau, serta fasilitas yang memadai membuat tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk melepas penat dan menikmati suasana alami di pedesaan. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Kedung Pedut Waterfall ketika Anda berada di daerah Kulon Progo.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *