PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo Jogja

Blog

Kebun Teh Nglinggo: Pesona Alam dan Tempat Wisata Favorit di Jogjakarta

Lokasi dan Informasi Umum

Kebun Teh Nglinggo terletak di daerah Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo Regency, Special Region of Yogyakarta 55673. Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Harga tiket masuk ke Kebun Teh Nglinggo adalah Rp.5.000 per orang. Tempat ini buka dari pukul 07.00 hingga 18.00 WIB dan dapat dihubungi melalui telepon di nomor 0274 587486.

Sejarah dan Transformasi Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo telah ada sejak belasan tahun yang lalu dan awalnya hanya merupakan mata pencaharian para petani tradisional di sekitar daerah Pagerharjo. Mereka memetik daun teh untuk dijual ke pabrik atau penyalur teh. Namun, seiring berjalannya waktu, kebun teh ini mengalami transformasi menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jogjakarta.

Transformasi ini terjadi karena masyarakat sekitar berhasil mengubah kebun teh menjadi tempat yang menarik dan indah bagi para wisatawan. Kini, kebun teh Nglinggo bukan hanya sebagai tempat produksi teh, tetapi juga sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh pengunjung. Hal ini tentu saja memberikan pengaruh positif bagi masyarakat sekitar dalam mendapatkan penghasilan tambahan dari sektor pariwisata.

BACA JUGA :  10 Referensi Souvenir Khas Daerah Bengkulu Yang Cantik dan Menggoda Ini Wajib Untuk Kalian Miliki

Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju ke Kebun Teh Nglinggo dari pusat kota Yogyakarta, pengunjung dapat menggunakan rute melalui jalan Godean. Dari Tugu Jogja, arahkan ke barat sekitar 18 km menuju Kulon Progo. Setelah melewati Jembatan Kali Progo, ambil belokan kanan setelah menemukan lampu merah. Pada lampu merah kedua di perempatan Dekso, ambil jalur ke arah kiri sekitar 10 km hingga mencapai pasar Plono. Ikuti papan petunjuk yang mengarah ke Kebun Teh Nglinggo. Perlu diingat, saat mengunjungi objek wisata ini pada musim hujan, beberapa jalur dapat menjadi rawan longsor, sehingga perlu berhati-hati.

Bagi pengunjung yang berangkat dari luar Yogyakarta seperti Magelang, Muntilan, Semarang, dan Purworejo, dapat menggunakan jalur menuju pasar Muntilan kemudian ke Kalibawang. Setelah tiba di perempatan Dekso, pengunjung akan menemui patung garuda. Ambil arah ke kiri menuju Samigaluh dan ikuti jalan utama di pinggir sungai hingga bertemu dengan pertigaan Pasar Totogan. Dari pertigaan ini, ambil jalur kiri dan teruskan hingga melewati SMPN 2 Samigaluh hingga bertemu pertigaan Pasar Plano. Dari sini, ambil jalur kanan dan ikuti papan petunjuk hingga sampai di tempat retribusi masuk ke Kebun Teh Nglinggo. Perjalanan dari Magelang biasanya hanya memakan waktu sekitar 1 jam saja.

Penggunaan aplikasi Google Map juga dapat memudahkan akses ke Kebun Teh Nglinggo dengan memberikan denah yang lebih lengkap.

Fasilitas di Kawasan

Kawasan Desa Nglinggo dikenal sebagai daerah wisata yang cukup terkenal di Jogjakarta. Oleh karena itu, fasilitas yang tersedia di Kebun Teh Nglinggo sangat lengkap. Pengunjung dapat menikmati keindahan sunrise atau pemandangan pagi yang indah di spot ini. Bagi yang ingin menginap, tidak perlu khawatir karena di sekitar area wisata terdapat beberapa pilihan homestay yang tersedia. Homestay di Desa Nglinggo menyediakan fasilitas lengkap seperti tempat tidur yang nyaman, toilet yang bersih, dan makanan tradisional enak khas daerah Samigaluh. Selain itu, terdapat juga warung-warung kecil di sekitar desa yang menyediakan aneka perlengkapan dan camilan.

BACA JUGA :  Berlibur Ke Turki Jangan Sampai Melewatkan Untuk Membeli Oleh Oleh Berikut Ini!

Namun, terdapat kekurangan di Kebun Teh Nglinggo, yaitu jalan aspal dari pasar Plono menuju kebun teh masih rusak. Hal ini dapat menyulitkan pengunjung yang menggunakan sepeda motor. Oleh karena itu, perlu berhati-hati saat berkendara dan menggunakan sepatu yang sesuai ketika mengunjungi kawasan ini.

Keindahan Alam di Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo terletak di ketinggian 800 mdpl di Pegunungan Menoreh. Para pengunjung dapat menikmati keindahan panorama alam yang disajikan di kebun teh ini. Terdapat 8 puncak gunung yang dapat terlihat jelas dari kebun teh, antara lain Gunung Merapi, Merbabu, Slamet, Prau, Ungaran, Sumbing, Telomoyo, dan Sindoro. Panorama hijau kebun teh yang indah dapat dinikmati oleh para wisatawan. Namun, untuk mencapai ke tempat ini diperlukan usaha ekstra karena terdapat beberapa tanjakan curam. Penggunaan sepeda motor disarankan agar memudahkan akses, sementara kendaraan roda 4 sulit untuk ditembus di jalanan yang masih sulit.

Selain keindahan alamnya, Kebun Teh Nglinggo juga menjadi daya tarik bagi para penggemar selfie dan fotografi. Terdapat banyak spot foto menarik yang dapat dijadikan latar belakang untuk mengambil gambar. Pengunjung juga diperbolehkan untuk berjalan-jalan di sekitar perkebunan teh, namun diharapkan tetap menjaga kebersihan dan kelestarian area perkebunan.

Sisi Lain dari Kebun Teh Nglinggo

Selain menawarkan keindahan alam, Kebun Teh Nglinggo juga menawarkan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat setempat. Pengunjung dapat belajar tentang bercocok tanam teh dan bertani bersama masyarakat Nglinggo. Selain itu, pengunjung juga dapat belajar beternak kambing dan mempelajari seni daerah di Desa Nglinggo seperti membatik, menari lengger, jathilan, dan pembuatan topeng. Program-program ini menarik minat wisatawan asing yang senang mengunjungi Desa Nglinggo untuk belajar dan mempelajari budaya lokal.

BACA JUGA :  Daftar Villa di Dekat Curug Nangka Yang Recommended, Harga Murah Mulai Dari Rp.500.000

Sunrise dan Sunset di Kebun Teh Nglinggo

Salah satu daya tarik utama Kebun Teh Nglinggo adalah kemampuannya untuk menyajikan keindahan sunrise dan sunset. Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan sunrise, disarankan untuk menginap di sekitar Desa Nglinggo. Sementara itu, untuk menyaksikan sunset, pengunjung dapat mengunjungi objek wisata ini pada sore hari. Namun, perlu diingat bahwa area perkebunan akan ditutup pada pukul 18.00 WIB. Jika cuaca cerah, pengunjung dapat melihat delapan gunung besar di Jawa dari puncak Menoreh, serta pemandangan Candi Borobudur yang mempesona.

Dengan pesona alamnya yang indah dan berbagai aktivitas menarik yang ditawarkan, Kebun Teh Nglinggo merupakan salah satu tempat wisata favorit di Jogjakarta. Pengunjung dapat menikmati keindahan panorama alam, berinteraksi dengan masyarakat setempat, dan menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam. Tak heran jika kebun teh ini menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin menjelajahi pesona Jogjakarta.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *