PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Kebun Teh Kertowono, Si Penghasil Teh Berkualitas Dunia

Blog

Wisata Kebun Teh Kertowono di Lumajang, Jawa Timur

Sangat Sejuk

Kebun Teh Kertowono merupakan salah satu objek wisata di Lumajang, Jawa Timur yang menawarkan pemandangan asri dan udara sejuk. Terletak di kecamatan Gucialit, kabupaten Lumajang, kebun teh ini menjadi destinasi yang menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan suasana yang tenang.

Dengan suhu rata-rata 16oC, kebun teh ini memiliki udara yang sejuk dan segar. Suasana asri di kebun teh ini dipadukan dengan pemandangan hamparan teh yang melatarbelakangi gunung Bromo atau Semeru di sisi selatannya. Keberadaan kebun teh ini juga tergabung dalam kawasan taman nasional Bromo Tengger Semeru.

Selain menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, kebun teh ini juga memiliki berbagai macam komoditas unggulan, seperti kelapa, hortikultura, dan berbagai jenis tanaman kayu. Jadi, selain menikmati keindahan alam, pengunjung juga bisa belajar mengenai berbagai jenis tanaman yang ada di kebun ini.

Akses menuju kebun teh Kertowono juga cukup mudah. Pengunjung dapat menggunakan mobil pribadi atau motor untuk menuju ke lokasi ini. Bagi penggemar olahraga trail, tempat ini juga dapat diakses menggunakan motor trail. Namun, bagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi, akses menggunakan kendaraan umum cukup sulit karena jarang ada kendaraan umum yang menuju ke tempat ini.

Berada di Ketinggian

Lokasi kebun teh Kertowono berada di pegunungan, sehingga pengunjung harus berhati-hati saat menuju lokasi. Akses jalan yang dapat dilewati adalah melalui arah barat, Surabaya, kemudian ke arah Probolinggo, dan menuju ke arah selatan jalur Jember atau bisa juga melalui Malang.

BACA JUGA :  15 Penginapan Murah di Jakarta Timur Dibawah 100 Ribu dan 200 Ribu Termasuk Daerah Rawamangun

Keunggulan kebun teh Kertowono adalah berada di ketinggian 1250 mdpl. Ketinggian ini mendukung pertumbuhan tanaman teh dengan optimal. Jenis teh yang ditanam di kebun ini adalah teh hitam, yang telah ditanam sejak tahun 1910. Luas lahan kebun teh ini mencapai 931,82 hektar, sehingga pengunjung dapat melihat hamparan teh yang luas dan indah.

Harga Tiket Masuk

Bagi yang ingin mengunjungi kebun teh Kertowono, pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.5.000. Harga tiket yang terjangkau ini memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan alam dan berbagai fasilitas yang ada di kebun teh ini. Selain pemandangan hamparan teh, pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktivitas dan fasilitas yang disediakan.

Di kebun teh Kertowono, pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan pegunungan. Namun, pengunjung dihimbau untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan selama berlibur di kebun teh ini.

Wisata Edukasi Teh

Salah satu daya tarik kebun teh Kertowono adalah adanya wisata edukasi teh. Di dalam pabrik teh, pengunjung dapat melihat langsung proses produksi teh, mulai dari pemetikan hingga pengemasan. Namun, untuk masuk ke pabrik teh, pengunjung harus dalam rombongan dengan jumlah minimal 10 orang. Pengunjung akan dibimbing oleh tour guide yang akan menjelaskan seluruh proses produksi teh di dalam pabrik.

Pabrik teh di kebun teh Kertowono ini merupakan peninggalan Belanda yang sudah berdiri sejak tahun 1910. Meskipun sudah berusia puluhan tahun, pabrik ini masih beroperasi hingga saat ini. Proses produksi teh di pabrik ini menggunakan sistem fermentasi CTC (Cutting, Tearing, Curling). Kualitas teh yang dihasilkan oleh PTPN XII dari pabrik ini telah diakui sebagai teh terbaik kedua di dunia setelah India. Teh produksi dari kebun teh Kertowono telah diekspor ke berbagai negara, seperti Arab Saudi, Eropa, dan Asia.

BACA JUGA :  10 Referensi Jasa Sedot WC Terpercaya di Daerah Pasuruan, Harga Termurah Mulai Dari Rp.65 Ribu

Enaknya Bulan Apa

Bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke kebun teh Kertowono, bulan Juli dan Juni adalah waktu yang tepat. Pada bulan ini, suhu udara tidak terlalu panas dan hujan jarang terjadi. Namun, meskipun berkunjung pada musim hujan, pengunjung tetap dapat menikmati keindahan alam di sekitar kebun teh, termasuk air terjun mini yang ada di sekitar kebun. Namun, saat musim kemarau, air terjun tersebut mungkin tidak mengalir.

Fasilitas yang Ada

Kebun teh Kertowono juga menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Terdapat toilet yang dapat digunakan pengunjung, area parkir kendaraan, aula rapat, dan villa. Bagi pengunjung yang ingin berkeliling di area kebun teh, dapat menggunakan jeep karena medan di dalam kebun cukup terjal dan licin, terutama saat musim hujan.

Dengan berbagai fasilitas yang ada, kebun teh Kertowono menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati alam, bersantai, dan belajar mengenai proses produksi teh. Harga tiket masuk yang terjangkau juga menjadi nilai tambah bagi pengunjung yang ingin mengunjungi kebun teh ini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi kebun teh Kertowono saat berlibur di Lumajang, Jawa Timur.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *