PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Kebun Binatang Ragunan Jakarta Selatan

Blog

Lokasi dan Informasi Umum

Kebun Binatang Ragunan merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Jakarta. Terletak di Jl. Harsono No.1, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, kebun binatang ini menjadi tujuan utama bagi para wisatawan yang ingin menikmati liburan bersama keluarga atau orang-orang terdekat. Untuk memudahkan akses, Anda bisa menggunakan Google Maps untuk menemukan rute terbaik ke kebun binatang ini.

Harga tiket masuk ke Kebun Binatang Ragunan cukup terjangkau, yaitu Rp.4.000 untuk dewasa dan Rp.3.000 untuk anak-anak. Kebun binatang ini buka setiap hari kecuali hari Senin, dengan jam operasional pukul 07.00 – 16.00 WIB pada hari Selasa hingga Sabtu, dan pukul 06.00 – 16.00 WIB pada hari Minggu. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi nomor telepon 021 78847114.

Sejarah Singkat

Kebun Binatang Ragunan, yang dulunya dikenal sebagai Taman Margasatwa Ragunan, memiliki sejarah panjang yang dimulai pada tanggal 19 September 1864. Pada waktu itu, kebun binatang ini didirikan di Batavia oleh pemerintah Hindia Belanda dan dikelola oleh perhimpunan penyayang flora dan fauna Batavia. Taman ini awalnya digunakan untuk penelitian dan pelestarian hewan dan tumbuhan di sekitar Batavia.

Pada tahun 1949, setelah Indonesia merdeka, kebun binatang ini mengganti nama menjadi Kebun Binatang Cikini. Namun, karena luas lahan di daerah Cikini tidak memadai, pada tahun 1964 pemerintah DKI Jakarta memindahkan kebun binatang ini ke daerah Ragunan. Dalam proses pemindahan ini, sekitar 450 ekor satwa juga ikut dipindahkan.

BACA JUGA :  Pantai Depok Jogja

Kebun Binatang Ragunan akhirnya diresmikan pada tanggal 22 Juni 1966 oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Mayor Jenderal Ali Sadikin. Sejak itu, kebun binatang ini terus mengalami pengembangan dan menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jakarta.

Rute dan Akses

Untuk mencapai Kebun Binatang Ragunan, Anda dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda dapat menggunakan transportasi Transjakarta yang berada di Koridor Busway 6. Selain itu, terdapat juga bus umum seperti Kopaja dan Metromini yang memiliki jalur menuju Ragunan.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan aplikasi Google Maps untuk mencari rute terbaik ke kebun binatang ini. Anda dapat melewati Tol Jakarta Outer Ring Road yang keluar di daerah Pasar Minggu dan menuju ke Taman Margasatwa Ragunan.

Cerita Mistis

Meskipun Kebun Binatang Ragunan adalah tempat wisata yang menyenangkan, namun ada beberapa cerita mistis yang melekat pada tempat ini. Beberapa orang mengaku pernah mengalami pengalaman mistis saat berada di sekitar kebun binatang ini. Salah satu cerita yang populer adalah mengenai adanya makam tanpa nisan yang kabarnya merupakan makam Pangeran Wiraguna, yang memberikan nama Ragunan kepada daerah ini.

Selain itu, keberadaan pohon beringin yang lebat dan sedikit menyeramkan juga menambah nuansa mistis di kebun binatang ini. Meskipun begitu, pengunjung tidak perlu khawatir karena kebun binatang ini tetap aman untuk dikunjungi.

Fasilitas

Kebun Binatang Ragunan menawarkan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Salah satunya adalah Children Zoo, yang merupakan area khusus untuk anak-anak. Di sini, anak-anak dapat melihat berbagai macam hewan yang relatif lebih aman dan jinak, seperti rusa dan ular piton. Selain itu, di Children Zoo juga terdapat wahana permainan yang menyenangkan seperti ayunan dan jaring-jaring laba-laba.

BACA JUGA :  Cari Tempat Kece Buat Foto Ootd? Nih 10 Referensi Cafe Paling Instagramable di Daerah Tegal!

Selain Children Zoo, ada juga Schmutzer Primate Center yang menawarkan pengalaman mengenal lebih dalam mengenai dunia primata. Di sini, Anda dapat melihat berbagai spesies primata langka yang dilindungi seperti gorila, orangutan, dan simpanse.

Terdapat juga Reflection Park, di mana pengunjung dapat bersantai sejenak menikmati suasana Taman Margasatwa Ragunan. Di taman ini, terdapat patung-patung hewan dari bebatuan yang menambah suasana alami taman ini.

Fasilitas Recreation

Selain itu, Kebun Binatang Ragunan juga menawarkan berbagai fasilitas rekreasi yang menarik. Anda dapat menikmati wahana seperti Elephant Riding, Camel Riding, Horse Buggy, dan Horse Riding yang akan mengajak Anda berkeliling di sekitar kebun binatang dengan menunggang hewan-hewan tersebut.

Tak hanya itu, terdapat juga Raft Tour dan Swan Boat yang akan mengajak Anda menikmati keindahan Taman Margasatwa Ragunan dengan naik rakit atau kapal berbentuk angsa di sekitar danau.

Fasilitas lain yang dapat dinikmati adalah pertunjukkan Animal Show, di mana Anda dapat melihat berbagai macam burung dan hewan lainnya dalam aksi yang menarik.

Koleksi Flora Fauna

Kebun Binatang Ragunan memiliki koleksi flora dan fauna yang beragam. Terdapat berbagai macam jenis tanaman seperti sawo, kembang saputangan, pinus, pala, dan menteng. Selain itu, terdapat juga bunga bangkai gadung yang memiliki aroma khas yang menyerupai bau bangkai.

Untuk fauna, terdapat berbagai macam hewan yang dapat dilihat di kandang-kandang yang tersedia. Terdapat reptil seperti ular sanca, biawak, dan king cobra. Untuk hewan-hewan yang berbahaya, mereka ditempatkan di kandang yang aman sehingga pengunjung dapat melihat mereka dengan nyaman.

Terdapat juga berbagai macam jenis burung yang indah seperti burung pelikan, nuri, flamingo, elang irian dan kepala kelabu, elang bondol, merak, dan kasuari.

BACA JUGA :  Echo Beach Bali Atau Pantai Batu Mejan

Kebun Binatang Ragunan merupakan tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi oleh keluarga atau orang-orang terdekat. Selain dapat menikmati keindahan alam dan melihat berbagai macam hewan, Anda juga dapat belajar mengenai flora dan fauna yang ada di Indonesia. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Kebun Binatang Ragunan saat Anda berada di Jakarta.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *