PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Menengok Keindahan Puncak Suroloyo, Memandang Kota Jogja Dari Atas Awan

Blog

Heading 2: Puncak Suroloyo, Destinasi Wisata Menawan di Kulon Progo

Puncak Suroloyo merupakan salah satu wisata andalan yang ada di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Keeksisannya hampir menyaingi wisata-wisata kenamaan lainnya seperti Kalibiru, Waduk Sermo, Kebun Teh Nglinggo, Kebun Teh Suroloyo, Wisata Hutan Mangrove Wanatirta, dan Puncak Widosari. Terletak di Keceme, Onggosoro, Giritengah, Borobudur, Kulonprogo, tempat ini menawarkan panorama alam cantik yang memukau hati para pengunjung.

Tiket masuk Puncak Suroloyo terbilang sangat terjangkau, hanya dengan Rp 5.000,- kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan. Selain itu, biaya parkir juga sangat ekonomis, yaitu Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk mobil. Dengan budget yang terjangkau, kamu bisa menikmati suasana indah dan menawan di Puncak Suroloyo.

Namun, bagi kamu yang membutuhkan pemandu wisata untuk menemanimu mengelilingi Puncak Suroloyo, jangan khawatir. Di tempat ini juga tersedia jasa paket wisata yang bisa kamu gunakan. Dengan membayar sekitar 50 ribu rupiah, kamu akan mendapatkan pemandu yang akan mengajakmu mengelilingi Puncak Suroloyo dan menjelaskan tentang sejarah serta hal-hal menarik yang ada di tempat ini.

Untuk mencapai Puncak Suroloyo, akses jalannya sangat mudah. Terdapat dua jalur yang bisa kamu pilih, yaitu rute Jalan Magelang-Pasar Muntilan-Kalibawang dan Jalan Godean-Sentolo-Kalibawang. Meskipun jalanan menuju Puncak Suroloyo terbilang naik turun dengan kelokan tajam dan tanjakan curam, jalur ini bisa dilalui oleh kendaraan motor maupun mobil. Namun, perlu diingat bahwa lebar jalanan hanya 3 meter, sehingga kamu harus lebih berhati-hati jika menggunakan mobil.

BACA JUGA :  Kebun Strawberry Ciwidey Bandung

Setelah sampai di area wisata, kamu harus melewati sekitar 290 anak tangga untuk mencapai Puncak Suroloyo. Meskipun terdapat tantangan dalam perjalanan menuju Puncak, namun pemandangan yang akan kamu temui di sana akan membuat semua perjuanganmu terbayar lunas.

Fasilitas yang tersedia di Puncak Suroloyo memang cukup terbatas. Kamu hanya akan menemui warung-warung makan kecil yang menjajakan makanan dan minuman ala kadarnya. Namun, jangan khawatir, di tempat ini juga tersedia toilet umum yang bisa kamu gunakan. Selain itu, terdapat pula penginapan berupa villa dan homestay yang bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin bermalam di Puncak Suroloyo. Kawasan ini juga bisa dijadikan tempat camping yang menyenangkan.

Meskipun fasilitasnya masih terbatas, pihak Pemerintah setempat sedang berupaya untuk terus mengembangkan Puncak Suroloyo menjadi objek wisata yang menarik bagi wisatawan dari berbagai penjuru. Dengan begitu, fasilitas wisata di Puncak Suroloyo akan terus diperbarui dan ditingkatkan.

Puncak Suroloyo merupakan puncak tertinggi yang ada di Perbukitan Menoreh, Yogyakarta. Dengan ketinggian mencapai 2000 meter di atas permukaan laut, dari puncak ini kamu dapat melihat pemandangan kota Jogja dari atas awan. Selain itu, kamu juga akan dimanjakan dengan lanskap Candi Borobudur yang terlihat begitu jelas dari ketinggian. Puncak Suroloyo dilengkapi dengan tiga gardu pandang yang memberikan pemandangan yang sangat menawan. Gardu-gardu tersebut bernama Suroloyo, Kaendran, dan Sariloyo. Dari gardu Suroloyo, kamu dapat melihat Candi Borobudur dengan jelas. Sedangkan gardu Sariloyo memungkinkan kamu untuk menikmati pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Gardu terakhir, Kaendran, menawarkan pemandangan birunya Pantai Glagah di Kulonprogo. Selain itu, Puncak Suroloyo juga menjadi titik temu antara beberapa gunung, seperti Merbabu, Merapi, Sindoro, dan Sumbing.

BACA JUGA :  Sedang Butuh Layanan Praktek Spesialis Dokter THT di Wilayah Makassar, Ini Dia Rekomendasinya

Saat memasuki area wisata Puncak Suroloyo, kamu akan disambut oleh patung Punakawan yang ada di kawasan parkir. Keberadaan tokoh pewayangan tersebut memberikan nuansa sakral yang kental di tempat ini. Tidak heran jika Puncak Suroloyo sering dikunjungi oleh orang-orang penting, seperti Keluarga Keraton, Pemimpin Negeri, dan juga Kepala Daerah dari berbagai kota. Mereka datang ke tempat ini untuk mencari ketenangan batin dan merasakan nilai kegunaan religius yang tinggi. Puncak Suroloyo juga menjadi tempat rapat bagi para dewa, yang terletak di pertapaan Sariloyo. Sedangkan Pertapaan Kaendran merupakan tempat bertapa bagi para ksatria.

Selain menikmati keindahan panorama alam, Puncak Suroloyo juga menawarkan aktivitas favorit lainnya, yaitu berburu sunrise dan sunset. Banyak wisatawan yang rela bermalam dan melakukan camping di area ini untuk menikmati suasana malam hari di Puncak Suroloyo. Selama berada di sana, jangan lupa mencoba Kopi Suroloyo yang terkenal. Kopi ini dihasilkan dari biji kopi yang diambil langsung dari kebun milik masyarakat sekitar dan diproses dengan cara roasting sendiri.

Selain keindahan alam dan panorama yang memukau, Puncak Suroloyo juga menyimpan sebuah misteri menarik. Tempat ini diyakini sebagai tempat Batara Guru Pimpinan Para Dewa. Ki Semar juga dikisahkan mengasuh para punakawan Petruk, Gareng, dan Bagong di tempat ini. Oleh karena itu, Puncak Suroloyo juga sering disebut sebagai Rumah Ki Semar. Selain itu, tempat ini juga merupakan tempat rapat para dewa yang terletak di pertapaan Sariloyo. Sedangkan Pertapaan Kaendran merupakan tempat bertapa bagi para ksatria. Puncak Suroloyo juga menjadi tujuan banyak orang pada tanggal 1 Suro untuk melakukan Upacara Suroan.

BACA JUGA :  10 Daftar Hotel Dekat Jatim Park 1, Start Rp.157.376 Per Malam

Dengan segala keindahan alam dan keunikan yang dimiliki, Puncak Suroloyo menjadi destinasi wisata menawan di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kecantikan alam yang ditawarkan, suasana yang sakral, dan misteri yang tersembunyi membuat Puncak Suroloyo menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Berlibur ke Puncak Suroloyo akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan kenangan yang indah bagi para pengunjung.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *