PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

40 Tempat Wisata di Makassar, Nomer 10 Keren Banget

Blog

1. Trans Studio Makassar

Lokasi dan Deskripsi

Trans Studio Makassar terletak di Jl. Metro Tj. Bunga No.28, Maccini Sombala, Tamalate. Taman bermain keluarga ini menawarkan berbagai wahana menarik yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari segala usia. Terdapat enam wahana utama yang menjadi daya tarik utama Trans Studio Makassar, yaitu Bioskop 4D, Dunia Lain, Magic Thunder Coaster, Jelajah, Dragon’s Tower, dan Kid’s Studio. Selain itu, terdapat juga beberapa wahana lainnya yang membuat total wahana di Trans Studio Makassar mencapai 18 keseluruhan.

Fasilitas dan Harga Tiket

Selain wahana permainan yang menarik, Trans Studio Makassar juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti restoran, toko suvenir, dan area parkir yang luas. Jam operasional Trans Studio Makassar adalah setiap hari pukul 10:00 – 21:00. Untuk harga tiket masuk, pada hari Senin hingga Jumat tiket masuk dibanderol seharga Rp.100.000, sedangkan pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya tiket masuk seharga Rp.150.000.

Trans Studio Makassar merupakan tempat wisata yang sangat cocok untuk dikunjungi oleh keluarga. Dengan berbagai wahana yang menarik, pengunjung dapat menghabiskan waktu bersama keluarga sambil menikmati liburan yang menyenangkan.

2. Bugis Waterpark

Lokasi dan Deskripsi

Bugis Waterpark terletak di Perumahan Bukit Baruga Antang, Jl. Sektor Mahamero No. 1, Makassar, Antang, Manggala. Tempat ini merupakan wahana permainan air terbesar di Indonesia Timur. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai wahana air yang menarik, seperti kolam renang, water slide, dan lain sebagainya. Nuansa Bugis sangat kental di Bugis Waterpark dengan adanya fasilitas pemandian yang dirancang mirip dengan pelabuhan Bugis.

Fasilitas dan Harga Tiket

Bugis Waterpark memiliki total tiga zona dan sepuluh wahana air menarik di dalamnya. Selain itu, terdapat juga fasilitas lain seperti restoran, toilet, dan area parkir yang luas. Jam operasional Bugis Waterpark adalah setiap hari pukul 09:00 – 18:00. Untuk harga tiket masuk, pada hari Senin hingga Jumat tiket masuk dibanderol seharga Rp.120.000, sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu tiket masuk seharga Rp.180.000.

Bugis Waterpark merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman-teman. Dengan berbagai wahana air yang menarik, pengunjung dapat merasakan sensasi bermain air yang seru dan menyegarkan.

3. Pelabuhan Paotere

Lokasi dan Deskripsi

Pelabuhan Paotere terletak di Jln. Sabutung Baru, Ujung Tanah. Selain menjadi tempat berlabuh atau menepi kapal, Pelabuhan Paotere juga memiliki nilai sejarah yang penting bagi Kota Makassar. Di sekitar pelabuhan ini terdapat kapal khas Makassar yang disebut kapal Phinisi dengan bentuk yang unik dan berbeda dari kapal pada umumnya.

BACA JUGA :  6 Rekomendasi Destinasi Wisata Paling Syahdu Untuk Menikmati Malam di Daerah Balikpapan, Coba Yuk!

Fasilitas dan Aktivitas

Selain menikmati pemandangan kapal Phinisi yang indah, pengunjung juga dapat menikmati hidangan khas Makassar di warung makan yang terdapat di sekitar pelabuhan. Salah satu masakan khas yang bisa dicicipi adalah ikan bakar dengan sambal cobe-cobe sebagai makanan tradisional orang Makassar.

Pelabuhan Paotere juga menjadi tempat yang cocok untuk menikmati suasana sunset yang indah. Pengunjung dapat duduk di dermaga sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang memukau.

4. Dataran Tinggi Malino

Lokasi dan Deskripsi

Dataran Tinggi Malino terletak di Malino, Tinggimoncong, Gowa. Tempat ini adalah sebuah perkampungan dan surga tersembunyi di Makassar. Pengunjung bisa menikmati pemandangan indah dari bendungan Bilibili yang mengalirkan air segar ke sawah dan kebun perkampungan warga. Di sini, terdapat juga beberapa hutan pinus, kebun sayuran, buah, dan yang paling terkenal adalah Air Terjun Takapala yang menjadi salah satu tujuan wisata di tempat ini.

Fasilitas dan Aktivitas

Dataran Tinggi Malino telah dilengkapi dengan fasilitas modern seperti hotel, penginapan, restoran, dan lain sebagainya untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan. Selain itu, pengunjung juga diperbolehkan mengunjungi hutan wisata di sekitar tempat ini. Di hutan wisata ini, terdapat beberapa hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi.

Dengan keindahan alam yang dimiliki, Dataran Tinggi Malino menjadi tempat yang tepat untuk berlibur dan melepaskan penat dari kehidupan sehari-hari. Pengunjung dapat menikmati udara segar, pemandangan indah, serta berbagai aktivitas seru di tempat ini.

5. Danau Mawang

Lokasi dan Deskripsi

Danau Mawang terletak di Somba Opu, Gowa. Tempat ini adalah destinasi wisata alam yang masih asri dan hampir tidak tersentuh oleh banyak orang. Meskipun jaraknya cukup jauh dari Kota Makassar, pemandangan yang luar biasa alami di Danau Mawang membuat tempat ini layak untuk dikunjungi.

Fasilitas dan Aktivitas

Di Danau Mawang, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan ketenangan yang ditawarkan oleh danau ini. Pengunjung juga dapat menikmati indahnya matahari terbit dan matahari tenggelam di tempat ini. Pemandangan yang memukau ini akan membuat pengunjung betah berlama-lama di Danau Mawang.

Tempat ini sangat cocok untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam Makassar dengan suasana yang masih asri dan tenang. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang masih alami dan jauh dari keramaian Kota Makassar.

6. Vihara Ibu Agung Bahari

Lokasi dan Deskripsi

Vihara Ibu Agung Bahari terletak di Jl. Sulawesi, Pattunuang, Wajo. Tempat ini adalah salah satu kota Pecinan di Makassar, di mana banyak masyarakat keturunan China hidup bersama-sama. Vihara Ibu Agung Bahari, yang dulunya dikenal dengan nama Klenteng Ma Tjo Po, merupakan salah satu peninggalan sejarah dari beberapa orang Tiongkok yang datang ke pesisir selatan Makassar.

Fasilitas dan Aktivitas

Vihara Ibu Agung Bahari bukanlah vihara biasa pada umumnya. Tempat ini merupakan salah satu peninggalan sejarah yang menampilkan bangunan bernuansa Dinasti Tang dan Dinasti Ming. Pengunjung dapat mengunjungi vihara ini untuk melihat bangunan yang unik dan memesona.

Vihara Ibu Agung Bahari juga menjadi tempat yang cocok bagi pengunjung yang ingin berwisata sejarah. Di sini, pengunjung dapat melihat langsung peninggalan sejarah dari beberapa orang Tiongkok yang datang ke Makassar. Pengunjung dapat mengenal budaya dan sejarah dari masyarakat keturunan China di Makassar.

7. Pemandian Air Panas Lejja

Lokasi dan Deskripsi

Pemandian Air Panas Lejja terletak di Bulue, Mario Riawa, Soppeng Regency. Tempat ini merupakan tempat wisata yang cocok untuk berendam sambil menikmati pemandangan sekitarnya yang indah. Kolam air panas di Lejja mengandung 1,5% belerang yang dapat meredakan berbagai masalah kesehatan, seperti reumatik, gatal di kulit, dan terapi menyehatkan lainnya.

BACA JUGA :  12 Daftar Travel Surabaya Jurusan Ke Madiun Mulai Rp.100.000

Fasilitas dan Harga Tiket

Selain kolam air panas, Pemandian Air Panas Lejja juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti penginapan, lapangan tenis, sauna, dan gazebo atau saung yang dapat disewa saat ada kegiatan bersama. Harga tiket masuk ke Pemandian Air Panas Lejja adalah Rp.10.000 untuk hari Senin hingga Jumat untuk orang dewasa, Rp.12.500 untuk hari Sabtu dan Minggu untuk orang dewasa, dan Rp.3.000 untuk anak-anak.

Pemandian Air Panas Lejja merupakan tempat yang cocok untuk menghilangkan rasa lelah dan stres. Dengan berendam di kolam air panas yang memiliki khasiat menyehatkan, pengunjung dapat merasakan sensasi relaksasi dan kenyamanan yang menyegarkan.

8. Pegunungan Karst Rammang-Rammang

Lokasi dan Deskripsi

Pegunungan Karst Rammang-Rammang terletak di Maccini Baji, Lau, Bontonlempangan, Bontoa, Kabupaten Maros. Tempat ini dekat dengan Taman Nasional Bantimurung dan juga Air Terjun Bantimurung. Pegunungan ini merupakan pegunungan batu terindah kedua di dunia setelah pegunungan di Yunnan, China.

Fasilitas dan Aktivitas

Pegunungan Karst Rammang-Rammang terbentuk dari batuan gamping dengan tebing cadas sejak ribuan tahun lalu. Di sini, pengunjung dapat menemukan beberapa gua di sekitar pegunungan, termasuk gua prasejarah tempat manusia purba bermukim yang dilindungi.

Namun, perlu diingat bahwa daerah sekitar Pegunungan Karst Rammang-Rammang tidak memiliki tempat atau warung makan. Oleh karena itu, disarankan bagi pengunjung untuk membawa makanan sendiri dari luar.

Pegunungan Karst Rammang-Rammang merupakan tempat yang cocok untuk pengunjung yang menyukai petualangan dan ingin menjelajahi keindahan alam yang masih alami. Di sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang spektakuler dan menikmati suasana alam yang tenang.

9. Desa Wisata Lakkang

Lokasi dan Deskripsi

Desa Wisata Lakkang terletak di Pulau Lakkang, Tallo. Untuk mencapai desa ini, pengunjung perlu menggunakan perahu selama 15 menit dengan biaya berkisar Rp.1.000 hingga Rp.2.000 untuk kapal motornya. Perjalanan menuju desa ini menggunakan perahu sangat menakjubkan dengan pohon bakau dan nipah yang tertata rapi, seolah-olah pengunjung akan dibawa ke pulau indah lainnya.

Fasilitas dan Aktivitas

Desa Wisata Lakkang menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung. Di sini, pengunjung dapat melihat kehidupan masyarakat setempat yang masih sangat tradisional. Desa ini juga memiliki beberapa atraksi wisata, seperti rumah adat dan pemandangan alam yang indah.

Desa Wisata Lakkang merupakan tempat yang cocok untuk pengunjung yang ingin melihat kehidupan masyarakat setempat dan mengenal lebih dekat budaya mereka. Di sini, pengunjung dapat belajar tentang tradisi dan kehidupan sehari-hari masyarakat di Pulau Lakkang.

10. Masjid Terapung

Lokasi dan Deskripsi

Masjid Terapung terletak di Jalan Penghibur No.289, Losari. Masjid ini merupakan tempat ibadah yang berada di atas laut. Masjid dengan nama Masjid Amirul Mukminin ini memiliki pemandangan laut yang indah yang dapat dinikmati dari dalamnya.

Fasilitas dan Aktivitas

Masjid Terapung ini memiliki tiga lantai yang dapat dijelajahi oleh pengunjung, asalkan tidak mengganggu orang yang sedang beribadah di dalam masjid. Dari lantai paling atas, pengunjung dapat melihat pemandangan pantai Losari yang indah. Pemandangan ini akan semakin memukau saat dilihat dari lantai paling atas masjid.

Masjid Terapung adalah tempat yang cocok bagi pengunjung yang ingin beribadah sambil menikmati pemandangan laut yang indah. Di sini, pengunjung dapat merasakan kedamaian dan ketenangan saat beribadah di tengah lautan.

11. Danau Tempe

Lokasi dan Deskripsi

Danau Tempe terletak di Tempe, Belawa, Wajo. Danau ini merupakan destinasi wisata pemancingan yang cocok untuk dikunjungi oleh masyarakat maupun pengunjung. Danau Tempe terkenal sebagai penghasil ikan air tawar terbesar di Indonesia dan bahkan di dunia. Beberapa spesies ikan air tawar yang ada di Danau Tempe tidak ditemukan di tempat lain.

BACA JUGA :  Kalau Sudah Malam Hari, Ada Apa Saja di Kawasan Simpang Lima Semarang?

Fasilitas dan Aktivitas

Di Danau Tempe, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan menikmati aktivitas pemancingan. Pengunjung dapat memancing ikan segar dan melimpah yang ada di danau ini. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan matahari terbit dan matahari tenggelam yang indah di tempat ini.

Danau Tempe merupakan tempat yang cocok untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dan beraktivitas di tengah laut. Di sini, pengunjung dapat menikmati suasana alam yang tenang serta menikmati aktivitas pemancingan yang seru.

12. Desa Wisata Ke’Te Kesu

Lokasi dan Deskripsi

Desa Wisata Ke’Te Kesu terletak di Kampung Bonoran, Desa Tikunna Malenong, Kecamatan Sanggalang, Toraja Utara. Tempat ini merupakan destinasi wisata yang banyak diminati dan dikunjungi oleh para wisatawan. Desa Wisata Ke’Te Kesu menawarkan kebudayaan Toraja yang khas Sulawesi Selatan, termasuk rumah adat, cendramata, dan beberapa makam yang unik namun memiliki nilai mistis.

Fasilitas dan Aktivitas

Desa Wisata Ke’Te Kesu memiliki total delapan desa besar dan enam dusun kecil. Di sini, pengunjung dapat melihat rumah adat tradisional Sulawesi Selatan dan mengenal budaya Toraja yang kental. Beberapa makam yang ada di desa ini juga memiliki keunikan tersendiri, seperti makam yang dipajang di atas gunung, di dalam lemari kaca, dan yang dijeruji supaya tidak dicuri.

Desa Wisata Ke’Te Kesu merupakan tempat yang cocok untuk pengunjung yang ingin merasakan kebudayaan dan sejarah Toraja. Di sini, pengunjung dapat belajar tentang tradisi, budaya, dan sejarah dari masyarakat Toraja.

13. Kawasan Adat Ammatoa

Lokasi dan Deskripsi

Kawasan Adat Ammatoa terletak di Ammatoa, Kajang, Bulukumba. Kawasan ini adalah kumpulan masyarakat dari suku Kajang yang tinggal bersama. Kawasan Adat Ammatoa memiliki delapan desa besar dan enam dusun kecil. Suku Kajang dalam sama sekali tidak memperbolehkan masyarakatnya menggunakan teknologi dari luar, sementara suku Kajang luar sudah bisa menerima teknologi seperti listrik, televisi, radio, dan lain sebagainya.

Fasilitas dan Aktivitas

Kawasan Adat Ammatoa menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung. Di sini, pengunjung dapat melihat langsung kehidupan masyarakat suku Kajang dan mengenal lebih dekat budaya mereka. Pengunjung juga dapat belajar tentang perbedaan antara suku Kajang dalam dan suku Kajang luar.

Kawasan Adat Ammatoa merupakan tempat yang cocok untuk pengunjung yang ingin belajar tentang kebudayaan dan kehidupan masyarakat suku Kajang. Di sini, pengunjung dapat belajar tentang tradisi, adat istiadat, dan kehidupan sehari-hari masyarakat suku Kajang.

14. Pusat Kerajinan Perahu Phinisi

Lokasi dan Deskripsi

Pusat Kerajinan Perahu Phinisi terletak di Tana Beru, Bontobahari, Bulukumba. Tempat ini merupakan pusat kerajinan perahu Phinisi khas Makassar. Kapal Phinisi adalah perahu khas Sulawesi Selatan yang terkenal akan keindahannya. Di sini, para pekerja membuat kapal secara manual dengan keterampilan dan kesabaran luar biasa.

Fasilitas dan Aktivitas

Pusat Kerajinan Perahu Phinisi menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung. Di sini, pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan kapal Phinisi yang dilakukan secara manual oleh para pekerja yang ahli. Pengetahuan para pekerja dalam membuat kapal Phinisi didapatkan dari nenek moyang mereka, sehingga hasil kapal yang dihasilkan tetap bagus dan kokoh.

Pusat Kerajinan Perahu Phinisi merupakan tempat yang cocok bagi pengunjung yang ingin melihat proses pembuatan kapal tradisional yang unik. Di sini, pengunjung dapat belajar tentang keahlian dan keterampilan dalam membuat kapal Phinisi yang menjadi kebanggaan masyarakat Makassar.

15. Benteng Somba Opu

Lokasi dan Deskripsi

Benteng Somba Opu terletak di Jl. Daeng Tata, Barombong, Gowa. Benteng ini merupakan peninggalan sejarah dari masa kolonial Belanda. Di dalam benteng ini juga terdapat rumah adat tradisional seluruh Sulawesi Selatan, sehingga cocok untuk para wisatawan yang ingin berwisata sejarah dan budaya.

Fasilitas dan Aktivitas

Selain benteng, di sekitar Benteng Somba Opu juga terdapat Gowa Discovery Park. Gowa Discovery Park adalah wahana bermain air yang juga merupakan tempat tujuan wisata. Pengunjung dapat menikmati berbagai wahana air dan bermain di taman bermain yang terdapat di Gowa Discovery Park.

Benteng Somba Opu dan Gowa Discovery Park merupakan tempat yang tepat untuk pengunjung yang ingin melihat peninggalan sejarah dan bermain air. Di sini, pengunjung dapat belajar tentang sejarah dan budaya Sulawesi Selatan serta menikmati berbagai wahana air yang seru.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *