Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pantai Mangsit

Rate this post

Pantai Mangsit letaknya 50 km atau sekitar 2 jam dari Kota Mataram, dan pantai ini bisa menjadi alternatif pilihan tujuan wisata selain Pantai Senggigi yang sudah terkenal lebih dulu. Berbeda dengan Pantai Senggigi yang terlihat ramai, Pantai Mangsit terbilang cukup sepi. Akan tetapi jika Anda ingin mencari ketenangan, pantai ini menjadi pilihan yang cocok.

Dengan hamparan pasir yang membentang dan hembusan angin laut yang sejuk menambah kenyamanan ketika mengunjungi pantai Mangsit ini. Dan di bagian belakangnya pantai dihiasi pepohonan kelapa yang membuat tempat ini terlihat begitu asri.

Pantai Mangsit ini mempunyai garis pantai yang lumayan panjang. Karena hal itu yang bisa membuat kita puas menikmati keindahan pantai mangsit. Dan kegiatan utama di mangsit adalah snorkeling. Keindahan kehidupan bawah lautnya menjanjikan panorama yang sayang jika dilewatkan. Pesona lain dari pantai mangsit ini adalah keindahan sunsetnya yang membuat para wisatawan banyak yang datang pada sore hari.

Cara Pergi ke Mangsit

Ada beberapa cara untuk pergi ke Pantai Mangsit!

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pantai Mangsit via @thisisme.al
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pantai Mangsit via @thisisme.al

Pergi Ke Mangsit Melalui udara,

Akses menuju ke Pantai Mangsit tergolong masih sulit, sangat disarankan untuk menggunakan pesawat terbang, yang akan mendarat di Bandara International Lombok. Bandara ini melayani penerbangan domestik dan internasional secara terbatas. Dan maskapai yang melayani penerbangan ke Lombok, yaitu : Garuda Indonesia, Air Asia, Citilink, Lion Air, Silk Air, Wings Air dan Transnusa Air Service. Dan jika sudah tiba di Bandara Lombok, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Bus Damri tujuan Senggigi, dengan biaya Rp. 30.000 per orang. Setibanya di Senggigi Anda harus melanjutkan perjalanan dengan kendaraan pribadi atau menyewa mobil atau motor. Di karenakan tidak adanya transportasi umum menuju pantai Mangsit.

Pergi Ke Mangsit Melalui darat

Anda bisa juga menggunakan transportasi darat, yaitu mobil, bus atau kereta. Dan kemudian menyeberang dengan kapal feri dari pelabuhan Ketapang ( Banyuwangi ) – Gilimanuk ( Bali ) dilanjutkan perjalanan darat dan kembali menyebrang dengan feri dari pelabuhan Padang Bai ( Bali ) – Lembar ( Lombok ). Dari Lembar naik angkot ke Mandalika. Dan setibanya di Sengigi dilanjutkan dengan menyewa motor atau mobil untuk menuju ke pantai Mangsit.

Transportasi di Mangsit

Suasana menjelang sunset di Pantai Mangsit, Lombok! via @andrikilua
Suasana menjelang sunset di Pantai Mangsit, Lombok! via @andrikilua

Sewa Mobil atau Motor. Dengan sulitnya transportasi umum di daerah Mangsit, Anda bisa menyewa mobil di biro penyewaan kendaraan. Harga sewanya berkisar antara :

  • Sewa Mobil, berkisar antara mulai dari Rp. 500.000 tergantung dari jenis tipe kendaraannya.
  • Sewa Motor, berkisar antara mulai dari Rp. 60.000

Hotel di Mangsit

  • Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.
  • Menengah,Jenis penginapan ini lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3.
  • Mewah, Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5,anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.

Iklim di Mangsit

Iklim di pantai Mangsit adalah tropis. Dan hampir sebagian besar bulan dalam setahun, terdapat curah hujan signifikan di pantai mangsit.

Bahasa Daerah di Mangsit

Untuk bahasa yang digunakan adalah bahasa Sasak, bahasa dari masyarakat Sasak Lombok. Tetapi di Lombok Barat masyarakat setempat berbicara dalam berbagai dialek bahasa asli Lombok dan Bahasa Indonesia yang menjadi bahasa formal yang dituturkan oleh banyak orang terutama di kalangan generasi muda yang juga dapat memperkenalkan unsur bahasa Jawa atau Jakarta dalam percakapan mereka.

Anda bisa berenang di Pantai Mangsit, Lombok! via @sahat_simarmata
Anda bisa berenang di Pantai Mangsit, Lombok! via @sahat_simarmata

Atraksi Wisata di Mangsit

Snorkeling, Jika Anda pecinta olahraga air, bisa menjelajahi dunia laut di perairan pantai Mangsit yang sangat layak di jelajahi. Karena air lautnya cukup jernih sehingga sinar matahari bisa menembus sampai ke dasar laut dan ombaknya relatif kecil

Hiburan Malam di Mangsit

Di Pantai Mangsit juga banyak terdapat tempat hiburan, sebagian hotel – hotel juga memanjakan tamu mereka dengan live musik. Dan untuk hiburan diskotik, anda bisa mencoba datang ke sekitar pantai senggigi.

Tempat Makan Rekomendasi di Mangsit

  • Verve Beach Club, letaknya di jalan raya mangsit, Senggigi. Restoran ini mempunyai beragam menu yang lezat di lidah. Dan sangat disarankan untuk datang ke resto ini pada sore hari.
Suasana malam hari di Pantai Mangsit via @aryaryadi
Suasana malam hari di Pantai Mangsit via @aryaryadi

Tips Wisata di Mangsit

  • Jangan lupa menggunakan krim tabir surya.
  • Sebelum Anda membeli makanan dan minuman usahakan bertanya terlebih dahulu untuk harganya.
  • Disarankan jika ingin melakukan kegiatan snorkeling, bawalah peralatan untuk snorkelingnya

Perlu Kamu Tahu di Mangsit

  • Rumah Sakit Mataram Umum ( Rumah Sakit Umum ), Jalan Pejanggik 6 Mataram, Telp : 0370 – 638464
  • Klinik Risa ( Risa Rumah Sakit Centra Medika ), Jalan Pejanggik No 115 Cakranegara, Telp : 0370 – 625560
  • Kantor Polisi Sengigi, Jalan Raya Sengigi, Telp : 0370 – 632733
  • Dinas Pariwisata Seni dan Budaya, Jalan Singosari 2 Mataram Lombok, Telp : 0370 – 632723

Leave a Reply