Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pamekasan

Kabupaten Pamekasan adalah sebuah kabupaten di Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pamekasan terletak 33 km sebelah timur Sampang. Di Kecamatan Proppo, Pamekasan, terdapat sentra kerajinan seni batik tulis Madura dengan corak yang berbeda dibandingkan dengan corak batik Madura lainnya.

Dari arah Sampang sebelum memasuki kota Pamekasan terdapat sumber api alam abadi yang berlokasi tidak lebih dari 500 meter dari jalan raya Sampang – Pamekasan.

Letak Kabupaten Pamekasan Madura merupakan daerah pesisir yang memiliki dua wilayah pesisir, bagian Utara dan bagian Selatan, dari 2 bagian wilayah ini terdapat 3 lokasi wisata pantai yaitu Pantai Jumiang, Pantai Talang Siring dan Pantai Bato Kerbuy.

Suku Madura juga memiliki tradisi olahraga tradisional Madura yaitu Karapan Sapi, yang perhelatan finalnya ditempatkan di Kabupaten Pamekasan. Pamekasan juga sedang naik daun dalam dunia Sepak Bola.

Saat ini PERSEPAM (Madura United) klub Sepak Bola asal Pamekasan naik daun dengan masuknya di devisi utama sejak kompetisi 2012/2013 dalam Indonesia Super League (ISL). Selain itu, Pamekasan juga terkenal dengan pendidikannya, banyak terdapat sekolah dan universitas di daerah ini.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pamekasan
Dermaga Branta by IG @instomeegram

 

Wilayah Utama Pamekasan

Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Selat Madura di selatan, Kabupaten Sampang di barat, dan Kabupaten Sumenep di timur.

Kabupaten Pamekasan terdiri atas 13 kecamatan, yang dibagi lagi atas 178 desa dan 11 kelurahan. Pusat pemerintahan di Kecamatan Pamekasan.

Sejarah Pamekasan

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pamekasan

 

Kabupaten Pamekasan lahir dari proses sejarah yang cukup panjang. IstilahPamekasan sendiri baru dikenal pada sepertiga abad ke-16, ketika Ronggosukowati mulai memindahkan pusat pemerintahan dari Kraton Labangan Daja ke Kraton Mandilaras. Memang belum cukup bukti tertulis yang menyebutkan proses perpindahan pusat pemerintahan sehingga terjadi perubahan nama wilayah ini. Begitu juga munculnya sejarah pemerintahan di Pamekasan sangat jarang ditemukan bukti-bukti tertulis apalagi prasasti yang menjelaskan tentang kapan dan bagaimana keberadaannya.

Cara Pergi ke Pamekasan

Jika Anda ingin ke Pamekasan dari arah Surabaya bisa menggunakan mobil pribadi atau juga bisa menggunakan Bus melalui Jembatan Suramadu dan berhenti di Terminal Pamekasan. Untuk yang menggunakan bus kota biaya berkisar Rp. 25.000 – Rp. 30.000. Dari terminal ini Anda bisa memulai perjalanan ke tempat yang akan dikunjungi selama di Pamekasan.

Untuk menuju pulau ini ada beberapa pilihan sarana transportasi lainnya, antara lain:

Bus AKAS

Bus ini melayani rute antar kota dalam provinsi dan antar provinsi. Di masing-masing kabupaten bus ini akan singgah sejenak untuk menurunkan penumpang, pemberhentian bus terakhir berakhir di Kalianget, Kabupaten Sumenep. Biasanya Bus AKAS tarif ekonomi akan melewati Pelabuhan Kamal bukan jembatan nasional Suramadu.

Bus AKAS Patas, bus ini akan melewati Jembatan Suramadu, untuk penumpang tujuan Bangkalan Kota biasanya penumpang akan diturunkan di pertigaan Tangkel akses tol Suramadu.

Lainnya

Pesawat Udara, untuk menikmati layanan transportasi ini, para penumpang akan diterbangkan dari Bandar Udara Trunojoyo, Sumenep dengan tujuan Surabaya. Kapal Laut, bisa dinikamati dengan layanan rute Jangkar – Kalianget ataupun Ujung – Kamal.

Transportasi Umum di Pamekasan

Untuk layanan angkutan penumpang yang ada saat ini terdiri dari:

  • Layanan AKAP dan AKDP, jenis kendaraan yang digunakan adalah Bus
  • Angkutan Lintasbatas , jenis kendaraan yang digunakan adalah Mitsubishi Bison
  • Angkutan Pedesaan, jenis kendaraan yang digunakan adalah colt
  • Ojek
  • Becak

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pamekasan

Hotel di Pamekasan

Tersedia sarana akomodasi penginapan di Pamekasan, baik losmen, homestay, dan hotel.

Beberapa Hotel di Pamekasan:

  • Madinah
  • Garuda
  • Ramayana
  • Pkpri
  • Trunojoyo
  • New Ramayana
  • Putri
  • Purnama
  • Edo Hotel
  • Malindo
  • Madura Indah
  • Home Stay Asri
  • Losmen Varia

Iklim di Pamekasan

Iklim adalah tropis di Pamekasan. Di musim dingin, terdapat lebih sedikit curah hujan daripada di musim panas. Lokasi ini diklasifikasikan sebagai Aw berdasarkan Köppen dan Geiger. Suhu rata-rata tahunan adalah 26.9 °C di Pamekasan.
Bulan terkering adalah Bulan Agustus. Bulan November adalah bulan terhangat dengan rata-rata 28.0°C. Di Bulan Juli suhu rata-rata adalah 26.0 °C, ini adalah suhu rata-rata terendah sepanjang tahun.

Bahasa Daerah di Pamekasan

Bahasa Madura adalah Bahasa yang digunakan Suku Madura. Suku Madura terkenal karena gaya bicara yang blak-blakan, masyarakat Madura juga dikenal hemat, disiplin, dan rajin bekerja keras (abhantal omba’ asapo’ angen). Harga diri juga paling penting dalam kehidupan masyarakat Madura, mereka memiliki sebuah falsafah, katembheng pote mata, angok pote tolang. Sifat yang seperti inilah yang melahirkan tradisi carok pada sebagian masyarakat Madura.

Tempat Wisata di Pamekasan

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pamekasan

1. Api Abadi

Dikenal juga dengan api Tak kunjung Padam, lebih menarik terlihat saat Malam dengan bara Apinya. Sumber Api Abadi ini pernah menjadi tempat pengambilan Api Obor PON (Pekan Olahraga Nasional) pada tahun 1992.

Lokasinya terletak di Desa Larangan Tokol Kecamatan Tlanakan yang berjarak 4 Km dari pusat kota dengan prasarana jalan yang cukup baik, juga telah tersedia kios dan artshop.

Setiap malam bulan Purnama lokasi wisata ini selalu ramai dikunjungi karena terdapat pertunjukan pencak silat. Obyek wisata Api Tak Kunjung Padam ini dijadikan sebagai lokasi perkemahan bagi pelajar maupun mahasiswa.

2. Pantai Talang Siring, dengan potensi hasil lautnya berupa ikan teri, petis, dan rumput laut yang menjanjikan

Pantai Talang Siring terletak di Desa Montok Kecamatan Larangan, berjarak ±14 Km arah Timur dari Kota Pamekasan, dapat ditempuh dengan mobil angkutan umum. Lokasi wisata ini selalu ramai diknjungi wisatawan karena letaknya berdekatan dengan jalan lintas trans Pamekasan – Sumenep dengan waktu tempuh 15 menit.

Yang bisa dinikmati dari obyek ini yaitu pemandangan hutan mangrove disisi sebelah selatan dan sisi sebelah utara bisa menikmati kesibukan nelayan dengan jaring dan perahu tradisionalnya.

3. Pantai Jumiang

Pesisir ini masih sangat alami bahkan berbagai jenis kerang-kerangan masih banyak ditemui dan tempat ini memang ideal untuk menikmati sunrise ataupun sunset.

Tempat ini bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun sarana transportasi mobil angkutan umum dan ojek dengan harga yang cukup terjangkau. Pantai Jumiang terletak di Desa Tanjung Kecamatan Pademawu berjarak kurang lebih 12 Km arah tenggara dari Kota Pamekasan dengan Kondisi jalan aspal yang cukup baik.

4. Goa Gentong

Terdapat lembah ngarai di luarnya, sedangkan di dalam goa terdapat stalagtit dan stalagnit.

5. Arena Pancing di Dermaga Ambat ( Tlanakan )

Dermaga ini sangat cocok bagi Anda yang gemar memancing. Sekaligus tempat yang tepat untuk menikmati sunrise dan sunset. Banyak pedagang menjual otak-otak ikan tanpa pengawet yang rasanya cukup lezat dengan paduan sambal petis yang pedas.

6. Monumen Arek Lancor (terletak di pusat kota/Alun-alun Kota Pamekasan).

Obyek wisata sejarah andalan yaitu Monumen Arek Lancor yang menjadi icon Kabupaten Pamekasan dan Museum Umum yang mengukir sejarah Kota Pamekasan. Monumen ini indah terlihat di malam hari.

Monumen Arek Lancor terletak di jatung Kota Pamekasan. Arek Lancor ini adalah Monumen Perjuangan yang merupakan tugu peringatan kepahlawanan rakyat Madura dalam mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan Negara RI.

Bentuk monumen menggambarkan kobaran api nan tak kunjung padam yang terpancar dari perpaduan senjata tradisional rakyat Madura “Are’ Lancor” (Celurit) sebagai lambing dinamika yang menyala-nyala dari pejuangnya, dan berdiri tegak di atas landasan yang kokoh melukiskan keteguhan dan kesiap siagaan rakyat Madura dalam menghadapi setiap tantangan.

7. Vihara Avalokitesvara, Vihara Terbesar Kedua di Pulau Jawa (terletak di Kecamatan Galis, berdekatan dengan pantai Talang Siring)

Obyek ini berada di Kampung Candi Desa Monto’ Kecamatan Galis ± 14 Km dari Kota Pamekasan, berdekatan dengan Pantai Talang Siring. Vihara terbesar kedua di Pulau Jawa dan salah satu ke unikannya yaitu di dalam komplek terdapat Musholla, Gereja dan Pura yang melambangkan kerukunan umat beragama. Sejarah berdirinya vihara diawali sebelum masuknya agama Islam ke Pulau Madura, pada saat itu masyarakat Madura menganut agama Budha.

8. Pantai Batu Kerbuy

Obyek wisata Pantai Batu Kerbuy terletak di Desa Batu Kerbuy Kecamatan Pasean dengan luas areal sekitar 5 ha, berjarak ±45 Km arah utara dari Kota Pamekasan, obyek wisata ini sangat mudah dijangkau karena posisinya berdekatan dengan jalan raya pantura jurusan Bangkalan – Sumenep. Keindahan alam pantainya yang menarik dengan pantai berpasir putih dan berombak yang cukup besar sangat cocok untuk kegaiatan olahraga selancar air (surfing).

Nama Batu Kerbuy diambil dari sebuah batu yang menyerupai Kerbau, terletak sekitar 8 Km dari lokasi pantai yaitu di lokasi perbukitan. Menurut legenda batu tersebut berasal dari manusia yang disabda menjadi hewan Kerbau. Atraksi wisata yang biasa diadakan dipantai ini adalah uapacara Petik Laut yang diselenggarakan antara bulan September dan Oktober, sebelum musim hujan yang berlangsung pada siang hari antara jam 14.00 – 17.00, pada malam harinya diadakan pertunjukan wayang topeng semalam suntuk, serta upacara ritual menitik air rendaman

9. Pasarean Batu Ampar

Bagi warga Pamekasan nama Pasarean Batu Ampar sangat melekat, karena pusara Batu Ampar yang terletak di desa Pangbatok Kecamatan Proppo (15 Km dari kota) merupakan pusara yang mempunyai sejarah tersendiri.

Istilah Batu Ampar bersala dari bahasa Madura yang artinya Bato dan Ampar, Bato yaitu batu sedangkan Ampar artinya berserakan tetapi teratur ibarat permadani yang dihampar, batu-batuan yang meluas dan merata.

10. Air Terjun Bungliyas

Air Terjun Bungliyas mengalir dari ketinggian sekitar tujuh meter yang berasal dari sungai yang mengalir di atas bukit Bungliyas. Di saat musim kemarau aliran airnya sangat kecil bahkan tidak mengalir. Air terjun ini berada di perbatasan 3 desa yakni Desa Kertegenah Tengah, Kertagenah Dajah dan Bungbaruh di Kecamatan Kadur. Keberadaan air terjun yang cukup jauh dari pemukiman penduduk membuatnya tampak alami

Terlerak di Desa Kertagena Tengah, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Propinsi Jawa Timur. Berjarak di sektiar 25 km arah timur Kota Pamekasan. Untuk menuju ke lokasi ini tidaklah sulit. Kondisi jalan kesana cukup mulus dan bisa dilalui kendaraan roda dua dan mobil, bahkan mobil bisa diparkir di lokasi yang agak dekat.

Mal di Pamekasan

Belum terdapat mal di Pamekasan. Satu-satunya mal di Madura adalah Bangkalan Plaza (Banplaz), yang terletak di Jl. Halim Perdana Kusuma Bangsa (Ring Road), Bangkalan. Tepatnya di sebelah timur Pasar Baru Ki Lemah Duwur.

Museum di Pamekasan

Museum Umum Daerah

Museum Umum Kabupaten Pamekasan mengoleksi benda-benda bersejarah berupa keris dan senjata bersejarah mulai masa berkuasanya Sultan Agung Mataram dan VOC, Zaman Pangeran Jokotole, Panembahan Ronggosukowati (masa Pemerintahan Bonorogo). Ada juga Layang Kuno/Kitab Kuno yang terbuat dari daun lontar dan ada pula dari kertas kapas bertuliskan aksara jabhan peninggalan dari Aryo Menak Sanoyo serta masih banyak lagi koleksi-koleksi bersejarah lainnya.

Lokasi museum berdekatan dengan Monumen Arek Lancor yang baru diresmikan oleh Bapak Bupati Kholilurrahman pada tanggal 18 Maret 2010. Obyek wisata dibuka untuk umum setiap hari mulai jam 07.00 – 17.00 WIB untuk malam hari dibuka mulai jam 18.00 – 21.00 WIB. Pada hari Sabtu dibuka mulai jam 07.00 – 23.00 WIB dan pada hari minggu di buka pada jam 05.00 – 17.00 WIB.

Hiburan Malam di Pamekasan

  • Bar Unyil 69, Jl. Jembatan Baru, Telepon 087850567345
  • Angkringan Sego Kucing (Nasi Kucing), Jl. Stadion
  • Alun-alun Pamekasan
  • Taman Indah Dalam Kenangan, Jl. Sumber Waru
  • Red Chicken, Karaoke, Resto fast food (cepat saji) yang juga menyuguhkan hiburan karaoke, Buka sampai larut malam.

Rekomendasi Tempat Makan di Pamekasan

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pamekasan

1. Nase’ Jhajhan

Menu yang disajikan di dalam nasi yang di bungkus dengan daun pisang
Lokasi di sekitar kawasan parteker
Buka dari pagi pukul 05.00 Wib sampai siang hari sekitar pukul 11.00 Wib
Harga Rp. 5.000

2. Nase’ Jamila

Menu nasi putih yang punel, sambal terasi yang ditaburi taoge mentah, sedangkan lauknya dapat dipilih sesuai dengan selera pembeli. Lauk yang disediakan antara lain daging kuah santan, telur petis, paru goreng, hati goreng, dendeng manis, otak goreng, pepes tongkol, sambal goreng taoge. Nase’ Jamila disajikan dengan daun pisang.
Jl. KH Agussalim No. 46 Pamekasan sebelah Barat dari Lapangan Sedandang
Harga Rp. 5.000

3. Nase’ Ramoy

Nase’ Ramoy merupakan paduan nasi putih dengan aneka olahan jeroan sapi, selain daging dan telur dilengkapi dengan siraman kecap dengan irisan cabe rawit.
Lokasi di warung Nasi Barokah Jl. Pintu Gerbang No. 130 A, Pamekasan
Harga Rp. 7.000

4. Sari Laut Rumah Makan Citra

Jl. Raya Ambat Km. 10, Pamekasan
Harga mulai dari Rp. 8.000

5. Sari Laut Rumah Makan

Rumah Makan Arwana terletak di akses Pamekasan- Surabaya tepatnya di pinggir Jl. Raya Tlanakan Pamekasan
Harga Rp. 8.000

6. Rumah Makan Simpang Tiga

Menu sate ayam dan sate kambing yang dipotong agak besar namun setelah dipanggang rasanya tetap empuk , inilah keistimewaan sate yang disajikan di Rumah Makan Simpang Tiga ini, bumbunya juga terdiri dari kecap yang dicampur dengan kacang tanah tumbuk dan ditambah lombok kecil, selain sate yang istimewa rumah makan ini juga menyediakan menu tambahan seperti gule kambing, soto ayam dan bakwan. Lokasi Jl. Kamboja No. 2, Pamekasan.

  • Harga satu porsi 10 tusuk sate kambing Rp. 15.000
  • Harga satu porsi gulai kambing, soto ayam kampung, dan bakwan Rp. 8.000
  • Harga satu piring nasi putih Rp. 3.000

7. Lalapan Depot Podomoro

Jl. Kemuning No. 16, Pamekasan
Harga Rp. 5.000 – Rp. 15.000

8. Ayam Bakar Depot Hijau

Jl. Raya Talang Siring Pamekasan.
Harga mulai dari Rp. 10.000 sudah termasuk nasi.

9. Depot Kaldu 76

Jl. Mandilaras No. 17, Pamekasan
Harga Rp. 7.000

10. Kaldu Pakong

Masakan yang satu ini memiliki aroma yang kuat, kuah yang kental dan kikil sapi yang sangat empuk.
Jl. Raya Pakong, Pamekasan
Harga Rp. 12.000

11. Kaldu Pintu Gerbang

Jl. Pintu Gerbang No. 46, Pamekasan
Harga Rp. 8.000

12. Soto Ayam Keppo

Warung Soto Uasli di Jl. Raya Keppo Pamekasan
Harga Rp. 10.000

13. SOTO AYAM TORONAN

Jl. K.H. Agus Salim tepatnya di kompleks Lapangan Sedangdang
Harga Rp. 6.000

14. Masakan Warung Putih

Jl. Raya Pasar Pao No. 108, Pamekasan
Harga Rp. 5.000

15. Warung Andayani

Menu steak daging, cumi bakar, iga bakar
Jl. Niaga No. 49, Pamekasan
Harga Rp. 12.500 – Rp. 25.000

16. Campur Bazar

Jl. Bazar No. 25, Pamekasan
Harga Rp. 5.000

17. Campur Lorju’

Warung Barokah Jl. Raya Sumenep No. 41 Pamekasan, Warung Seltek Jl. Raya Murtajih Pamekasan dan Pasar Mongging Desa Pademawu Kabupaten Pamekasan
Rp. 5.000

18. Rujak Pamekasan

Jl. Kemuning, Jl. Kemayoran, Jl. Jokotole, Jl. P. Trunojoyo, Jl. Niaga, Jl. Balaikambang, Jl. Temenggungan, Jl. Cokroatmojo dan Jl. P.Diponegoro
Harga Rp. 5.000

19. Joko’ Tonoh

Lesehan Juko’ Tonoh ( Ikan Bakar )
Jl. P. Trunojoyo Ex. Stasiun PJKA Pamekasan
Harga satu porsi ikan kakap dan dorang bakar masing-masing Rp. 21.000
Harga satu porsi udang bakar Rp. 16.000
Harga otak-otak rajungan Rp. 12.000

Anda juga bisa mencicipi kuliner Madura lainnya seperti,
– Rujak Cingur
– Rawon
– Soto Pamekasan
– Minuman Ta’al/Legen/Siwalan
– Krepek Tangguk
– Krepek Tette
– Kaldu Kokot

Tips Wisata di Pamekasan

  • Rencanakan kunjungan Anda ke tempat-tempat tujuan wisata di dalam satu rute yang searah, agar dapat menghemat waktu dan tenaga. Jika Anda berhemat waktu mungkin Anda dapat memiliki waktu lebih untuk berkunjung ke tempat wisata lainnya.
  • Jalin pertemanan dengan Masyarakat Pamekasan. Dengan adanya hubungan perkenalan dengan masyarakat atau komunitas-komunitas yang ada di Pamekasan, Anda bisa mudah meminta bantuan kepada mereka jika sedang berkunjung ke Pamekasan. Bahkan mereka bisa memberi Anda masukan mengenai tempat tujuan wisata yang mungkin belum pernah Anda ketahui.
  • Jika kita baru pertama kalinya berkunjung ke Pamekasan, jangan ragu bertanya ke pihak yang berwenang seperti Dinas Pariwisata Kabupaten Pamekasan mengenai tempat-tempat yang bisa dikunjungi di Pamekasan. Bertanyalah tentang agenda pariwisata yang diselenggarakan di kota ini, Anda mungkin beruntung menyaksikannya.
  • Jangan lupa ketika pulang membawa oleh-oleh khas Pamekasan, seperti sate lala’, rengginang lorju’, kripik tette, krupuk tangguk, dan bisa juga membeli Batik Tulis Khas Pamekasan yang cukup fenomenal.

Perlu Kamu Tahu di Pamekasan

Rumah Sakit di Pamekasan

1. RSUD Pamekasan
Jl. Kesehatan No. 3 -5, Barurambat, Pamekasan, Madura, Jawa Timur
Telepon: 0324-326242, 0324-330858, 0324-321118

2. RS. H. M. Rusdi Saleh
Jl. Kemayoran, Barurambat, Madura, Jawa Timur
Telepon: 0324-326404, 0324-330708

3. RS. Larasati
Jl. Mandilaras No. 74, Gladakanyar, Pademawu Pamekasan, Jawa Timur
Telepon: 0324-328305

Leave a Reply