Panduan Tips Pergi Liburan Ke Maumere

Maumere adalah nama sebuah kecamatan di Nusa Tenggara Timur, yang juga merupakan Ibu Kota Kabupaten Sikka. Penduduknya mayoritas beragama Katolik, dan Sri Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989 pernah berkunjung ke tempat ini. Maumere mendapat pukulan berat di tahun 1992 akibat gempa bumi dan tsunami yang menghancurkan banyak bangunan serta menewaskan lebih dari 900 juta jiwa.

Diuntungkan dengan garis pantainya yang panjang dan bukitnya yang berlapis-lapis, Maumere menjadi pintu gerbang menuju Flores, di mana lokasinya strategis untuk memulai dan mengakhiri perjalanan rute trans Flores. Lokasinya mudah terhubung dengan Bali dan Timor. Selain itu, Maumere memiliki bandar udara terbesar di pulau Flores, yang memungkinkan lalu lintas wisatawan cukup banyak ke tempat ini.

Anda dapat mengunjungi desa-desa tenun tradisional di luar Maumere sebagai kunjungan satu hari yang menarik, atau ke daerah pantainya yang masih belum banyak terjamah mungkin bisa melepaskan penat sejenak setelah perjalanan dengan bus.

Maumere dikelilingi oleh desa-desa kecil penghasil kerajinan tenun, beberapa yang terkenal adalah daerah Sikka dan Lela. Para pengrajin di desa-desa ini menghasilkan kain tenun ikat khas Maumere yang sangat cocok dijadikan cinderamata karena selain unik juga ringan untuk dibawa.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Maumere

Keindahan terumbu karang yang juga mengelilingi Maumere dulu pernah dianggap sebagai tempat menyelam terbaik di dunia. Namun, pada tahun 2007 dilaporkan kalau 75% terumbu karang hancur lebur akibat praktek penangkapan ikan yang menggunakan bom, bahan kimia beracun, dan kejadian gempa bumi besar.

Salah satu prioritas masyarakat dan pemerintah setempat yaitu promosi pariwisata. Penyelenggaraan beberapa pagelaran budaya dimulai sebagai langkah awal pemulihan pariwisata untuk menarik pengunjung dalam negeri maupun luar negeri datang berkunjung ke Maumere dan sekitarnya.

Wilayah Utama Maumere

Batas Wilayah Maumere, Kabupaten Sikka, adalah,

  • Sebelah Utara: Laut Flores
  • Sebelah Timur: Kabupaten Flores Timur
  • Sebelah Barat: Kabupaten Ende
  • Sebelah Selatan: Laut Sawu.

Sejarah Maumere

Kata Maumere berasal dari Bahasa Ende. Ma’u berarti pelabuhan dan Mere berarti besar. Kata ini muncul ketika Moang Juang Korung Da Cunha ditugaskan oleh Raja Sikka, Don Cosmo Semao Da Silva untuk mengatur pelabuhan Alok Wolokoli yang ramai dikunjungi para pedagang pada jaman dulu. Dia lalu membangun sebuah perkampungan dan benteng di pantai sebuah teluk berbentuk cekung, dengan gugusan pulau di hadapannya. Lantas dia menjuluki wilayah itu dengan sebutan Maumere, yang artinya pelabuhan besar.

Cara Pergi ke Maumere

Maumere bisa dicapai dengan pesawat terbang, bus umum dan perahu. Ada penerbangan langsung dari Bali menggunakan maskapai Batavia. Sedangkan angkutan bus-bus umum yang datang dari timur atau barat, akan berhenti di Maumere. Anda juga bisa pergi dengan kapal feri Pelni yang bertolak dari Bali ke Maumere. Anda bisa periksa jadwalnya lebih dulu di situs resmi Pelni. Perahu Pelni menuju Maumere juga bisa diakses dari Makassar dan Kupang.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Maumere

Pergi ke Maumere Naik Pesawat Terbang

Penerbangan menuju Bandar Udara Wai Oti, umumnya dikenal sebagai Bandara Maumere. Jaraknya 3 Km dari kota, Anda juga bisa menyewa ojek untuk sampai ke pusat kota dengan ongkos tak lebih dari Rp. 10.000. Setidaknya tiga maskapai penerbangan beroperasi di bandara ini, Sriwijaya Air, Lion Air, dan Wings Air, dengan rute penerbangan regular dari Kupang, Sumba, Labuan Bajo, dan Denpasar Bali.

Pergi ke Maumere Naik Bus

Jika Anda datang naik bus, dalam kondisi yang sering terjadi, Anda bisa mendapat bus dari Bajawa tapi kemudian harus menempuh perjalanan panjang selama 15 jam. Pilihan lainnya Anda bisa berangkat dari atau menuju Labuan bajo dengan bus, lalu berhenti di Bajawa untuk satu malam. Ada juga bus-bus dengan rute Moni dan Ende yang berhenti di Maumere. Maumere terletak kurang lebih tiga jam di sebelah timur Moni, tempat Kawah Kalimutu yang tersohor berada, dan lima jam dari Ende.

Pergi ke Maumere Naik Kapal Laut

Perahu Pelni raksasa sesekali singgah ke Maumere setiap dua minggu lalu melanjutkan berlabuh ke beberapa pelabuhan besar di Indonesia. Meski ongkosnya murah, perahu ini seringkali penuh penumpang, bahkan ada juga muatan hewan dan muatan kendaraan beroda.

Berikut informasi harga tiket transportasi pergi ke Maumere :

  • Penyebrangan Feri Padang Bai Bali – Lembar Lombok Rp. 40.000
  • Bus Langsung Indah, Mandalika Mataram – Dara Bima Rp. 200.000
  • Bus Kecil Bima – Sape Rp. 25.000
  • Penyebrangan Sape – Labuanb Bajo Rp. 54.000
  • Penginapan Labuan.Bajo Rp.100.000
  • Travel Labuan Bajo – Ende Rp. 200.000
  • Travel Ende – Maumere Rp. 80.000

Transportasi Umum di Maumere

Transportasi darat di Maumere terdiri dari angkutan kota dan angkutan pedesaan. Anda juga bisa menyewa mobil dengan harga Rp. 400.000 untuk pemakaian selama satu hari atau untuk 24 jam pemakaian.

Atau Anda bisa memilih menyewa sepeda motor yang tentu akan lebih memudahkan Anda berkeliling ke tempat-tempat tujuan wisata, bahkan ke daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh kendaraan umum atau mobil pribadi.

Hotel di Maumere

Ada banyak penginapan jenis hotel melati hingga cottage di Maumere. Harganya berkisar antara Rp. 250.000 sampai Rp. 1.000.000 per malam, tergantung kelas kamarnya.

Iklim di Maumere

Kawasan Maumere beriklim tropis kering, dengan suhu udara umumnya relatif tinggi. Suhu minimum berkisar 20,6°C hingga 24°C dengan rata-rata 23,7°C. Suhu minimum terendah terjadi pada bulan September dan suhu tertinggi pada Bulan Januari. Temperatur rata-rata maksimum antara 31,7°C – 24,5°C dengan rata-rata 27,6°C.

Suhu maksimum terendah terjadi pada bulan Desember – Januari dan suhu tertinggi pada bulan Agustus – September.

Bahasa Daerah di Maumere

Bahasa Sikka, bahasa Maumere atau bahasa Krowe adalah bahasa yang digunakan suku Sikka. Penuturnya terdapat di pulau Flores bagian timur. antara Lio dan Lamaholot. Dialek-dialeknya antara lain: Sara Krowe, Sikka Natar, dan Tana Ali. Bahasa ini termasuk dalam rumpun bahasa Austronesia.

Tempat Wisata di Maumere

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Maumere

1. Bukit Nilo

Bukit yang sebenarnya bernama bukit Keli dan terletak di Desa Nilo ini berjarak kira-kira 5 km dari Maumere. Di puncak bukit terdapat patung Bunda Maria setinggi 18 meter yang megah berdiri di atas pondasi setinggi 28 meter. Patung yang didirikan pada tahun 2005 ini menghadap ke laut dan dan kota.

Bukit ini sering dikunjungi umat Katolik dan Kristiani untuk berziarah atau merayakan Paskah. Tapi umat lainnya pun banyak yang datang untuk menyaksikan pemandangan indah dan matahari terbit di bukit ini. Untuk mencapai tempat ini Anda bisa berkendara sepeda motor dari pusat kota Maumere selama kurang lebih satu jam.

2. Gereja Tua Sikka

Satu lagi wisata religi lainnya, yaitu berkunjung ke Gereja Sikka yang seudah berumur lebih dari satu abad. Gereja yang berdiri dari tahun 1899 ini sangat unik karena gaya arsitekturnya masih kental berbau kolonial. Interior kunonya juga masih asli dan terawat. Dindingnya berhiaskan lukisan motif tenun ikat khas Sikka.

Gereja kebanggaan umat Katolik dan masyarakat Flores ini berhasil dibangun berkat dukungan Raja Sikka, Yoseph Mbako Ximenes da Silva, yang berkuasa pada masa itu. Kini banyak para wisatawan yang singgah untuk mengaguminya.

3. Pasar Geliting

Harga tergantung pada usaha Anda menawar. Jika cukup lihai, Anda bisa membeli oleh-oleh dan barang-barang dengan harga jauh lebih murah di pasar tradisional ini ketimbang membeli di toko souvenir. Ingatlah kalau para pedagang di sini suka menaikkan harga dagangannya dua kali lipat lebih dulu sebelum ditawar.

4. Wisata Bahari

Anda bisa menyelam dan bersnokeling ria menyaksikan keindahan biota laut Maumere dan sekitarnya. Aktivitas bawah air ini difasilitasi banyak tempat di pantai-pantai sekitar Maumere dengan harga bervariasi, mulai dari Rp. 200.000 hingga Rp. 700.000.

5. Watubelapi

Kali ini Anda diajak berwisata seni ke suatu dusun penghasil kain tenun ikat bernama Watubelapi. Semua perempuan di Watubelapi terlibat dalam pengerjaannya, bahkan untuk menghasilkan satu kain ikat tenun saja perlu mengerahkan semua perempuan yang tinggal di dusun ini. Anda bisa melihat dan mempelajari proses pembuatannya dari awal hingga akhir. Mereka membuat kain tenun ikat menggunaan alat pemintal dari kayu. Pewarnaan dan motifnya pun dilakukan secara alami memakai tumbuh-tumbuhan yang ada.

6. Pantai Kajuwulu

Jika Anda mengidamkan panorama pantai yang eksotis dengan lanskap bukit-bukit hijau alami mengelilinginya, silahkan datang ke pantai ini. Pantai yang terletak di sebelah Utara Pulau Flores ini dekat dengan Kecamatan Magepanda. Kurang lebih 9 km ditempuh dari Maumere selama satu jam.
Ada sebuah salib raksasa yang menjulang di puncak sebuah bukit tepat menghadap pantai.

Menariknya Anda perlu meniti tiga ratus anak tangga untuk tiba di puncak bukit ini, tapi pemandangan lanskap pantai dari ketinggian inilah yang akan membayar jerih payah kaki Anda.

Anda yang datang dari pusat kota bisa berkendara melintasi Jalan Gajah Mada, salah satu jalan utama di Maumere. Lalu lanjut ke arah pelabuhan sampai ketemu gerbang pelabuhan, telusuri jalan beraspal melewati jalur pantai utara Maumere. Panorama bukit di sepanjang jalan ini pun sangat menawan. Dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke pantai ini, bila menggunakan sepeda motor.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Maumere

Mal di Maumere

Mal Barata

Alamat: Nangameting, Alok Barat, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur
Telepon 0821 4460 7776

Museum di Maumere

Museum Blikon Blewut

Museum ini terletak di kawasan Seminari Ledalero, daerah Nita, bila Anda hendak datang ke museum ini naik ojek, cukup membayar Rp. 20.000 saja dan ambil arah menuju Ende. Di museum ini terpajang peralatan dan barang-barang yang dipakai masyarakat Flores jaman dulu.

Kata Blikon sendiri berarti lampau, sedangkan Blewut berarti sisa, sehingga Blikon Blewut bisa diartikan sisa peninggalan di masa lampau. Terdapat koleksi fosil, pakaian adat, perhiasan, benda-benda porselen, alat musik, tenunan, anyaman dan ukiran. Anda juga bisa mengetahui cara bertani mereka pada masa itu dari buku yang ada di museum ini.

Alamat di Seminari Tinggi St. Paulus Ledalero, Maumere, Flores, Indonesia

Hiburan Malam di Maumere

  • Stevani Pub, Sebuah pub kecil berkonsep taman di dekat pantai. Sekitar 5 km di sebelah barat kota. Ramai pengunjung di malam hari.
    Alamat: Wailiti, Alok Barat, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur.
  • Coconut Garden Beach Resort, Alamat: Waibleler, Maumere, Nusa Tenggara Timur, Telepon 0821 4426 0185.
  • Triple Seven Pub Karaoke, Alamat: Wailiti, Maumere, Nusa Tenggara Timur, Telepon 0821 4503 9999.

Rekomendasi Tempat Makan di Maumere

  • Rumah Makan Elim, Jl Cakalang, Maumere, Maumere, Flores, Indonesia, Telepon (0382) 22706.
  • Budi Sun Resort, Menunya menarik, banyak pilihan antara Asia dan Western. Harga juga tidak terlalu mahal dan makanannya enak. Dihidangkan di lingkungan alami yang hijau. Alamat di Strasse Von Maumere Nach Nangerhale, Maumere, Flores, Indonesia.
  • Ratushin, Pemandangannya bagus, makanannya lezat, pelayan-pelayannya ramah dan ada suguhan musik panggung yang menampilkan pemain keyboard dan penyanyi, saat sore menjelang malam. Lokasi di Magepanda, Maumere, Flores, Indonesia, Telepon (0382) 2426852.
  • My Resto, Jl. Panjaitan 22, Maumere, Flores, Indonesia.
  • Loka Ria Restaurant, Hidangan khas Flores disajikan di pantai, di bawah bayangan pohon-pohon berukuran besar. Lautnya aman untuk berenang, dan restorannya menyediakan ruang ganti pakaian. Jl. Nai Roa (Pantai Paris), Maumere Telepon 0813 3942 9690.

Tips Wisata di Maumere

  • Gunakan selalu penangkal serangga seperti spray anti gigitan serangga, karena Anda berada di kawasan alam yang masih sangat asli.
  • Bawalah pakaian yang siap untuk kondisi cuaca dingin dan panas.
  • Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit Anda dari sengatan matahari.
  • Bawalah peralatan snorkeling, karena banyak spot-spot menarik di pantai sekitar Maumere.

Perlu Kamu Tahu di Maumere

Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dapat dijumpai di sekitar kota. Bank BNI menempatkan banyak ATM serta memasang nilai kurs cukup baik dalam penukaran mata uang.

Fasilitas internet bisa diperoleh di Comtel, Jl. Bandeng 1, dengan biaya akses sekitar Rp. 13.000 per jam.

PO. Bus Langsung Indah Mataram
Jl. Pejanggik 56 B,Cakra Barat, Cakra Negara, Mataram 83231
Telepon 0370 634669 – 0370 640147

Agen Travel Gunung Mas
Labuan Bajo, Jl. Dr. Soetomo (Depan SMAK Loyola). Telepon 0852 3932 2000
Ruteng, Jl. Adisucipto 5F (Depan Kantor PLN). Telepon 08139 380 830
Ende, Jl. Kelimutu (Depan Telkom). Telepon 0852 3933 9933
Maumere, Jl. Moa Toda (Hotel Benggoan I). Telepon (0382) 21283

Travel dari Mataram – Bima, PO. Bima Permai, berikut alamatnya,
Jl. Pejanggik No. 49 c (Dekat Phoenix Food toko oleh-oleh khas Lombok)
Telepon (0370) 6393334, 0877 6691 1544
Harga tiket Rp. 250.000 sudah termasuk tiket kapal feri dan makan bebas di Sumbawa.

Leave a Reply