Panduan Tips Pergi Liburan Ke Larantuka

Larantuka merupakan salah satu kelurahan di kecamatan Larantuka, dari kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur dengan populasi penduduk sekitar 33.000 orang. Letak kota ini di sepanjang pesisir pantai yang memiliki beberapa daya tarik wisata yang dapat dikunjungi.

Seperti : keindahan panoraman teluk Mokantarak, pemandian air panas Mokantarak, pulau Waibalun, wisata religius Semana santa, dan pemandangan kesibukan aktivitas keseharian penduduk kota. Secara fisik, kota ini “ mau tidak mau “ dibangun memanjang dari barat ke timur, dikarenakan di sisi selatan dan utara diapit oleh laut dan gunung.

Dilihat dari sisi infrastruktur pendukung seperti air bersih, listrik, dan telekomunikasi bisa dibilang tersedia dengan cukup baik dari waktu ke waktu terus membaik. Dan biasanya wisatawan, baik lokal atau mancanegara pada umumnya ramai datang ketika hari raya keagamaan Jumat Agung dan Paskah.

Sejarah Larantuka

Larantuka adalah kota bekas jajahan Portugis akibatnya banyak peninggalan bangsa Portugis yang akan kita temukan di kota Larantuka. Portugis datang ke Larantuka sebelum tahun 1600. Awal mulanya bangsa Portugis datang untuk berdagang di kota Larantuka kemudian sempat menimbulkan konflik dengan para pedagang lainnya.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Larantuka! via @fyna_tupen
Panduan Tips Pergi Liburan Ke Larantuka! via @fyna_tupen

Tetapi pada akhirnya Portugis berhasil mengembangkan Larantuka sebagai stasiun internal untuk perdagangan kayu cendana. Dan Larantuka menjadi pusat perdagangan Portugis di wilayah Indonesia bagian timur pada saat itu. Bukan hanya sebagai kota dagang, tetapi Larantuka menjadi tempat pengungsian bagi VOC.

Cara Pergi ke Larantuka

Pesawat Terbang, untuk menuju kota Larantuka dengan cepat, Anda harus menggunakan pesawat terbang, tetapi Anda harus terbang terlebih dahulu ke Kupang, dan melanjutkan perjalanan ke Larantuka dengan menggunakan pesawat Trans Nusa atau Susi Air. Dan untuk jadwal penerbangan hanya beberapa kali dalam seminggu ( tidak setiap hari ).

Transportasi dari ke Bandara, di Larantuka tidak ada taksi atau bus untuk menuju ke pusat kota Larantuka, jadi pilihannya adalah mobil travel atau ojek. Dan untuk tarifnya lebih murah ojek di bandingkan dengan mobil travel. Jarak bandara ke pusat kota Larantuka hanya sekitar 10 km.

Kapal Laut, Anda bisa menggunakan kapal laut jika ingin berkunjung ke Larantuka dari Surabaya, dan untuk jadwalnya tidak pasti ( dua minggu sekali dan waktu perjalanannya sangat lama ). Jadi lebih dipertimbangkan lagi jika ingin menggunakan kapal laut.

Liburan ke Larantuka harus main ke pantainya! via @chonchitta
Liburan ke Larantuka harus main ke pantainya! via @chonchitta

Transportasi Umum di Larantuka

  • Angkutan Kota atau Bemo, jenis angkutan kota di wilayah Nusa Tenggara Timur sedikit unik dengan angkutan kota di kota besar. Karena selama perjalanan Anda akan disuguhi musik ( biasanya house music ) dengan volume yang besar. Tarif bemo : Rp. 3.000 – Rp. 6.000 per orang sekali jalan.
  • Ojek Sepeda Motor, jika Anda memilih ojek sepeda motor sebagai transportasi maka Anda harus berjalan keluar area bandara terlebih dahulu. Tarif ojek sepeda motor : mulai dari Rp. 15.000 sekali jalan

Hotel di Larantuka

  • Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan.
  • Menengah,Jenis penginapan ini lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3.
  • Mewah, Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5,anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.
Sunset di salah satu pantai di Larantuka sangat indah! via @danik_suardhani
Sunset di salah satu pantai di Larantuka sangat indah! via @danik_suardhani

Berikut ini adalah penginapan di Larantuka, atau hotel di Larantuka yang bisa anda gunakan untuk menginap:

  • Sunrise Hotel Larantuka, Jalan Soekarno Hatta 12, Weri, Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 86219.
  • Asa Hotel & Restaurant, Jl Soekarno Hatta Weiri -Larantuka, Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.
  • Larantuka Beach Apartment, Jalan Bawah Kel.Sarotari Timur RT/RW 03/01, Larantuka – Nusa Tenggara Timur, Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.
  • Hotel Lestari, Jl Yos Sudarso -Larantuka, Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.
  • Penginapan Geo Permai dan Event Hall, Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Sarotari Timur Larantuka, Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.
  • Hotel Pelangi Larantuka, Jalan Latsitarda, Kel. Pohon Bao, Kec. Larantuka, Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 86219.
  • Hotel Amoria, Jalan Reinha Rosari , Kel.Postoh , Larantuka, Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.
  • Galekat Nara Hotel ( GN ), Jln. Basuki Rahmat No 2, Kel. Pohon Bao, Kec. Larantuka, Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 86219.
  • Penginapan Budi Luhur, Jalan Nasional Larantuka – Maumere, Kec. Waibalun, Kec. Larantuka ( Samping timur dermaga Ferry ), Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 86219.
  • Hotel Fortuna II Larantuka, Jln. Basuki Rahmat No 169, Kel. Wae Hale, Kec. Larantuka, Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 86219.
  • Hotel Fortuna I Larantuka, Jln. Basuki Rahmat No 171, Kel. Wae Hale, Kec. Larantuka, Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia, 86219.
  • Flores Cottage, Jl Diponogoro Larantuka, Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Iklim di Larantuka

Iklim di Larantuka mempunyai iklim tropika. Musim panas disini mengalami lebih banyak hujan.

Bahasa Daerah di Larantuka

Bahasa daerah yang digunakan di Larantuka yaitu bahasa Nagi ( Melayu Larantuka ) sejenis dengan bahasa Melayu pasar yang berkembang seiring masuknya warga Melayu ke Flores Timur. Dan kata – katanya sama dengan bahasa Indonesia, namun terpengaruh bahasa Lamaholot dan Portugis.

Tempat Wisata di Larantuka

  • Taman Doa Mater Dolorosa, letak taman ini berada di pinggir pantai, di Jalan Basuki Rachmat. Dan di taman ini terdapat 12 bangunan berbentuk rumah mini berjajar di sepanjang bibir pantai. Pada setiap bangunannya terdapat pahatan gambar berwarna emas yang menggambarkan prosesi Jalan Salib. Di ujung sebelah utara terdapat sebuah patung besar berwarna putih menghadap altar dengan tulisan Mater Dolosa ( artinya Bunda Dukacita ). Dan di seberang jalan, berdiri sebuah kapel ( gereja kecil ) dengan arsitektur bangunan yang cantik dan menarik, yang tak lain adalah Kapel Tuan Ana. Di belakang Kapel, berdiri menjulang Gunung Ike Mandiri.
  • Danau Asmara, letak danau ini cukup jauh dari Larantuka dan untuk menuju ke sana sebagian besar rusak. Perjalanan menuju danau asmara memang butuh perjuangan dan kesabaran. Dikarenakan jalan yang sebagian besar rusak dengan lubang menganga di sana – sini jadi membuat pengendara sepeda motor harus lebih waspada dan esktra hati – hati. Danau Asmara terbentuk akibat letusan Gunung Sodoberawao Kobanara di tahun 400 – 500 SM. Dan danau ini berada di bagian kepala naga Pulau Flores, tepatnya di Desa Waibao, kecamatan Tanjung Bunga. Jaraknya sekitar 45 km dari pusat kota Larantuka. Nama asli Danau Asmara ini adalah Danau Waibelen. Tapi danau cantik ini lebih dikenal dengan nama Danau Asmara karena konon ada kisah asrama yang tragis yang pernah terjadi di sana.
  • Pantai Weri, letaknya ada di ujung timur Pulau Flores, membuat Larantuka memiliki banyak pantai cantik. Pantai Weri adalah pantai kebanggaan warga Larantuka. Pantai ini berpasir putih kekuningan dengan air laut yang bening. Meskipun letaknya berada di kota, Pantai Weri cukup bersih dan indah.
  • Pantai Kawaliwu, jarak pantai ini sekitar 20 km dari pusat kota Larantuka. Sekilas Pantai Kawaliwu ini seperti pantai biasa saja, namun di salah satu sudut pantai dihiasi batu – batu besar. Tetapi ada satu keunikan yang membuat Pantai Kawaliwu menjadi istimewa, yaitu adanya sumber air panas di pinggir pantai. Dengan menggali lubang di antara kerikil – kerikil di tepi pantai, maka akan keluar mata air panas yang mengandung belerang.

Mal di Larantuka

  • BCM , Jalan Yos Sudarso 93, Larantuka, Flores Timur, Telp : 0623 – 8321712
  • Plasa Larantuka, Jalan Gege No 200, Larantuka, Telp : 0383 – 21099

Rekomendasi Tempat Makan di Larantuka

  • Rumah Makan Senaren, Jalan Yos Sudarso 8, Larantuka Flores

Tips Wisata di Larantuka

  • Jika Anda ingin menuju ke Danau Asmara, sebaiknya menggunakan pemandu wisata karena tidak ada penunjuk arah di sekitar Danau Asmara.
  • Jangan lupa mencoba makanan khas yang sangat terkenal di Larantuka yaitu jagung titi, yang terbuat dari jagung yang digireng tanpa minyak, ditumbuk, dan di campur dengan kacang tanah.

Perlu Kamu Tahu di Larantuka

  • Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kel. Lohayong – Larantuka, Telp : 0383 – 21258
  • RSUD Larantuka, Jalan Sudirman Larantuka Kab Flores Timur, Telp : 0383 – 21287
  • Kantor Flores Flotim, Jalan Herman Fernandez No 76 Larantuka, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur

Leave a Reply