PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Menikmati Indahnya Alam Curug Cinulang Sambil Mendengarkan Musik Pop Khas Sunda

Blog

Curug Cinulang: Keindahan Alam yang Memukau di Jawa Barat

Curug Cinulang merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Dengan alamat di Cicalengka Sindang Wangi, Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung, Curug Cinulang menawarkan keindahan alam yang memukau dan menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bandung.

Keindahan Curug Cinulang yang Menakjubkan

Sesampainya di Curug Cinulang, pengunjung akan disambut dengan sensasi kesegaran alami yang begitu mempesona. Air terjun yang mengalir dan percikan air yang menyentuh tubuh memberikan rasa rileks dan segar bagi pengunjung. Suasana sejuk dan air yang dingin merupakan ciri khas air terjun ini, namun tidak disarankan bagi pengunjung yang tidak tahan dingin untuk berenang di sini.

Curug Cinulang memiliki ketinggian mencapai 30 meter dan terdiri dari dua air terjun yang mengalir terus baik di musim hujan maupun kemarau. Saat musim hujan, volume air dapat meningkat secara signifikan, menambah keindahan air terjun ini. Pengunjung yang tahan dingin dapat mencoba terapi air terjun dengan mandi di bawah aliran air yang turun bebas dari atas ke bawah.

Selain keindahan air terjunnya, Curug Cinulang juga menawarkan pemandangan yang indah dengan adanya batu-batu besar yang dapat digunakan sebagai tempat duduk. Pengunjung dapat berfoto dan mengambil gambar di sekitar lokasi ini, dengan latar belakang dua air terjun yang begitu memesona.

BACA JUGA :  Kapal Garden Hotel Malang, Penginapan Keren Dengan Konsep Pelaut Mulai Dari Harga Rp402.489

Asal Usul dan Mitos Curug Cinulang

Curug Cinulang memiliki sejarah dan mitos yang menarik. Terdapat perbedaan pendapat mengenai nama air terjun ini, ada yang menyebutnya dengan Curug Cinulang Sumedang dan ada juga yang menyebutnya Curug Sindulang. Namun, berdasarkan alamat di Wikipedia, Curug Cinulang berada di Cicalengka Sindang Wangi, Sindulang, Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Selain itu, Curug Cinulang juga memiliki mitos yang masih dipercaya oleh sebagian orang. Mitos tersebut berkaitan dengan hubungan percintaan. Konon, jika datang ke Curug Cinulang bersama pasangan yang belum menikah atau masih berpacaran, hubungan tersebut akan kandas dan tidak bisa sampai ke jenjang pernikahan. Namun, jika datang sendirian tanpa pasangan, akan dipertemukan dengan jodohnya. Meskipun ini hanya mitos, pengunjung tetap diingatkan untuk tetap percaya bahwa jodoh sudah digariskan oleh Tuhan.

Curug Cinulang dalam Dunia Musik

Keindahan Curug Cinulang juga diabadikan dalam dunia musik. Salah satu lagu yang terkenal pada masanya adalah lagu “Curug Cinulang” yang dinyanyikan oleh Darso, seorang penyanyi asli Sunda. Lagu ini menjadi salah satu lagu yang banyak disukai oleh masyarakat pada masa itu. Selain Darso, ada juga penyanyi lain seperti Iis Tanjung, Yana Kermit, dan Yayan Jatnika yang juga menyanyikan lagu dengan tema Curug Cinulang. Lagu-lagu ini dapat diunduh secara gratis dalam format MP3 maupun MP4.

Fasilitas dan Akses Menuju Curug Cinulang

Curug Cinulang menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung, seperti mushola, lahan parkir, warung makan, dan toilet. Bagi pengunjung yang ingin menginap, terdapat penginapan berupa villa dan hotel yang dekat dengan objek wisata ini. Selain itu, lokasi Curug Cinulang juga memberikan akses mudah bagi pengunjung. Pengunjung dapat mengikuti Jalan Raya BandungGarut dari Cileunyi, melewati jalan by pass Cicalengka, dan mengikuti petunjuk arah menuju Villa Aki-Enin. Dari sana, pengunjung hanya perlu menjalani perjalanan sekitar 8 km untuk mencapai Curug Cinulang.

BACA JUGA :  Monumen Jalesveva Jayamahe Surabaya

Kesimpulan

Curug Cinulang merupakan salah satu objek wisata alam yang menakjubkan di Jawa Barat. Keindahan air terjun, suasana sejuk, dan mitos yang menyertainya menjadikan Curug Cinulang sebagai destinasi wisata yang menarik. Dengan fasilitas yang lengkap dan akses yang mudah, pengunjung dapat menikmati liburan yang nyaman dan menyenangkan di Curug Cinulang. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Curug Cinulang dan menikmati keindahan alamnya yang memukau.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *