PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Asyiknya Melakukan “Bird Watching” di Taman Wisata Alam Sorong Papua Barat

Blog

Taman Wisata Alam Sorong: Destinasi Wisata Menarik di Papua Barat

Kota Sorong di Papua Barat seringkali dianggap hanya sebagai tempat singgah sementara sebelum melanjutkan perjalanan menuju destinasi impian, Raja Ampat. Namun, sebenarnya Kota Sorong memiliki beberapa pilihan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Taman Wisata Alam Sorong yang terletak di KM-14, Klasaman, Sorong Timur, Kota Sorong, Papua Barat.

Taman Wisata Alam Sorong (TWA Sorong) merupakan destinasi wisata yang cukup dekat dengan Kota Sorong. Berada dalam kawasan hutan alami, tempat ini menawarkan pengalaman menarik bagi para pengunjung yang menyukai kegiatan di alam bebas, seperti camping dan jungle trekking. Dengan luas kawasan sekitar 945,9 hektar, TWA Sorong telah ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam oleh Kementrian Pertanian pada tahun 1981 dan saat ini dikelola oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Papua Barat.

Suasana di Taman Wisata Alam Sorong masih sangat alami dan udaranya juga segar, menjadikannya sebagai paru-paru Kota Sorong. Hutan hujan lebat dan keberadaan berbagai fauna liar di dalamnya menjadi daya tarik utama tempat ini. TWA Sorong juga berfungsi sebagai sistem penjaga kehidupan dan daerah resapan air bagi beberapa sungai di sekitarnya, seperti Sungai Klawulu, Sungai Klasege, Sungai Pletok, dan Sungai Klabeling. Sungai-sungai ini juga merupakan sumber air bersih bagi masyarakat sekitar Kota Sorong.

Untuk memudahkan pengunjung dalam menjelajahi Taman Wisata Alam Sorong, pemerintah telah membuat jalan setapak yang terbuat dari beton. Hutan di kawasan ini merupakan hutan khas dataran rendah, di mana terdapat sekitar 53 jenis tanaman. Beberapa jenis pohon yang tumbuh di TWA Sorong antara lain Pohon Damar, Matoa, Lansat, Angsana, Amugia, Medang, Cempedak, Mangga, dan Rambutan.

BACA JUGA :  10 Toko Alat Musik di Jakarta Selatan Untuk Berburu Instrumen Favoritmu

Tidak hanya itu, TWA Sorong juga menjadi tempat tinggal bagi berbagai jenis burung endemik, seperti Burung Kaktua Putih Jambul Kuning, Nuri Merah Kepala Hitam, Julang Papua, Kumkum, Cendrawasih, dan Kakatua Raja. Bagi pecinta burung, kegiatan Bird Watching di TWA Sorong merupakan pengalaman yang menarik. Burung-burung ini seringkali menampilkan tarian khas untuk menarik burung betina untuk kawin. Burung Cendrawasih, yang juga dikenal sebagai Bird of Paradise, hanya dapat ditemukan di Pulau Papua.

Selain burung, berbagai jenis fauna lainnya juga hidup di dalam kawasan TWA Sorong, seperti kus-kus, rusa, dan beraneka jenis kupu-kupu. Jika Anda beruntung, Anda akan menemukan berbagai jenis kupu-kupu beterbangan di antara pepohonan dengan warna-warna yang indah. Di sini juga terdapat air terjun mini dengan kolam di bawahnya yang tidak terlalu luas, dengan ketinggian sekitar 5 meter. Aktivitas berkemah di area air terjun ini menjadi kegiatan yang menyenangkan, di mana Anda dapat merasakan sensasi berada di alam liar yang sesungguhnya.

Taman Wisata Alam Sorong buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga 18.00 petang. Tidak ada tarif tiket masuk ke kawasan ini, namun pengunjung diwajibkan mengisi buku tamu yang sudah disediakan di pos pintu masuk. Meskipun telah ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam, sayangnya fasilitas publik yang ada di TWA Sorong masih terbatas. Hanya terdapat pos penjaga pintu masuk, pos Dinas Kehutanan, jalan setapak terbuat dari beton, dan tempat penangkaran buaya. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa TWA Sorong masih sepi pengunjung.

Lokasi Taman Wisata Alam Sorong tidak terlalu jauh dari pusat Kota Sorong. Hanya berjarak sekitar 14 kilometer, tempat ini dapat mudah diakses melalui jalur utama di Jalan Sorong-Aimas. Gerbang utama pintu masuk TWA Sorong terlihat jelas dari jalan raya, dengan tulisan “Taman Wisata Alam Sorong” di bagian atas dan gambar logo serta gambar burung Rongkang di kedua sisinya.

BACA JUGA :  15 Daftar Pilihan Jajanan dan Kue Khas Daerah Banjarmasin Yang Enak Ini Wajib Kalian Ketahui!

Diharapkan pemerintah dapat segera mengembangkan Taman Wisata Alam Sorong menjadi kawasan wisata terpadu yang dapat memanfaatkan potensi wisata yang begitu besar di tempat ini. Dengan fasilitas yang memadai, diharapkan tempat ini dapat menarik lebih banyak pengunjung dan menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal di Papua Barat.

Taman Wisata Alam Sorong adalah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Kota Sorong, Papua Barat. Dengan keindahan alamnya yang masih alami, udara segar, dan keberagaman flora dan fauna yang hidup di dalamnya, tempat ini akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjung. Jadi, jika Anda sedang berada di Kota Sorong, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Taman Wisata Alam Sorong dan menjelajahi keindahan alam Papua Barat.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *