Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pulau Menjangan

Pulau Menjangan adalah pulau kecil yang ada di 5 mil barat laut pulau Bali dan juga bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Letaknya di bagian Utara Pulau Bali yang merupakan wilayah teritorial Kabupaten Buleleng. Dan Pulau Menjangan ini merupakan sebuah pulau yang tidak berpenghuni oleh manusia, hanya satwa yang dilindungi adalah menjangan paling mendominasi kehidupan dataran ini. Pulau Menjangan ini tidak berpenghuni, tapi selalu menjadi incaran para pecinta alam laut, bagi yang sensasi menyelam dengan eksotisme tinggi, silahkan berkunjung ke Pulau ini. Dan Pulau Menjangan ini adalah kawasan Taman Nasional Bali Barat, tempat wisata ini sangat terkenal di kalangan tourist mancanegara sebagai tempat diving dan snorkeling terbaik di dunia.

Sejarah Pulau Menjangan

Menjangan berasal dari bahasa Jawa yang artinya rusa atau kijang, karena di pulau ini dihuni kawasan rusa atau kijang liar. Pada setiap musim semi akan terlihat banyak kawanan rusa liar yang sedang berenang di pulau ini dengan jarak sekitar 1,2 mil. Akan tetapi jumlah rusa liar semakin menurun untuk jumlahnya di pulau ini.

Cara Pergi ke Pulau Menjangan

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pulau Menjangan

Untuk ke Pulau Menjangan dapat dilalui melalui dari : Surabaya, bisa menggunakan bus Damri ke terminal Bungurasih dan melanjutkan perjalanan dengan bus umum atau travel dengan jurusan Denpasar turun di Pelabuhan Gilimanuk. Atau alternatif lain dan murah, bisa menuju ke Terminal Ubung di Denpasar lalu naik bus umum atau travel jurusan Surabaya atau Banyuwangi lalu turun di Gilimanuk.

Kemudian dari Gilimanuk, dilanjutkan menuju Pelabuhan Menjangan selama 15-20 menit dengan angkutan umum.

Transportasi di Pulau Menjangan

Di Pulau Menjangan tidak ada transportasi umum karena di Pulau Menjangan tidak berpenghuni manusia, hanya satwa seperti Rusa yang tinggal di pulau tersebut.

Hotel Dekat Pulau Menjangan

Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan. Menengah,Jenis penginapan ini lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3. Mewah, Tentunya dengan memilih penginapan mewah hotel bintang 4 dan hotel bintang 5,anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pulau Menjangan

  • Menjangan Dynasty Resort, Desa Pejarakan – Gerokgak, Buleleng, North West Bali 81155, Menjangan, Buleleng, Bali, Indonesia.
  • White Sandy Beach Menjangan, Jalan Raya Banyuwedang Desa Pejarakan, Menjangan, Buleleng, Bali, Indonesia.
  • Mimpi Resort Menjangan , Jalan Banyuwedang -Pejarakan Singaraja , Menjangan, Buleleng, Bali, Indonesia.
  • Naya Gawana Resort & Spa, Banyuwedang, West Bali National Park, Menjangan, Buleleng, Bali, Indonesia.
  • Banyuwedang Homestay, Jalan Raya Banyuwedang Desa Pejarakan Buleleng,, Menjangan, Buleleng, Bali, Indonesia.
  • Exotic Menjangan, Jln jalak putih no 39x Desa pejarakan Kec gerokgak Kab buleleng bali, Menjangan, Buleleng, Bali, Indonesia.
  • The Menjangan, Jalan Raya Gilimanuk Singaraja KM 17, Desa Pejarakan, Buleleng – Bali, Menjangan, Buleleng, Bali, Indonesia.
  • Mami In Homestay, Jalan Gilimanuk – Pemuteran KM 25, Sumberkima Village, Menjangan, Buleleng, Bali, Indonesia.
  • The Barari Villas, Jalan Seririt-Gilimanuk, Jalan Gumbleng Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Singaraja, Bali – Indonesia, Menjangan, Buleleng, Bali, Indonesia.
  • Plataran Menjangan Resort and Spa, West Bali National Park, Jl. Raya Seririt – Gilimanuk, Gerokgak, Singaraja, Bali, Menjangan, Buleleng, Bali, Indonesia.
  • Batu Ampar Bungalows, Jalan Mimpi Bayuwedang, Menjangan Desa Pejarakan, Menjangan, Buleleng, Bali, Indonesia.
  • Nusabay Menjangan WHM, Tanjung Kotal Bay,Jl. Raya Gilimanuk-Pemuteran KM.15, Bali 81155 , Menjangan, Buleleng, Bali, Indonesia
  • House of Hobbit, Jalan Raya Banyuwedang Desa Pejarakan, Menjangan, Buleleng, Bali, Indonesia.
  • Toke Menjangan Homestay, Jalan Raya Banyuwedang Desa Pejarakan Buleleng, Menjangan, Buleleng, Bali, Indonesia.
  • Bajul Eco Lodge by Plataran, West Bali National Park, Jl. Raya Seririt – Gilimanuk, Gerokgak, Menjangan, Buleleng, Bali, Indonesia.
  • Askat Menjangan Guest House, Jl Marga Garuda,White Sandy Beach,81155 Banyuwedang, Menjangan, Buleleng, Bali, Indonesia
  • Villa Pahlengkong, Jalan Raya Banyuwedang Desa Pejarakan Buleleng, Menjangan, Buleleng, Bali, Indonesia.
  • Yuda Menjangan Homestay, Jalan Raya Banyuwedang Desa Pejarakan Buleleng, Menjangan, Buleleng, Bali, Indonesia.
  • Mangga Indah Menjangan, Jalan Raya Gilimanuk – Seririt, Desa Pejarakan Gerokgak, Menjangan, Buleleng, Bali, Indonesia
  • The Local Menjangan, Jalan Melati,Desa Pejarakan,Buleleng.Bali, Menjangan, Buleleng, Bali, Indonesia.

Iklim di Pulau Menjangan

Iklim di Pulau Menjangan adalah iklim laut tropis yang dipengaruhi angin musim. Yang terbagi menjadi dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan yang diselingi oleh musim pancaroba.

Bahasa Daerah di Pulau Menjangan

Karena Pulau Menjangan masih termasuk dari Pulau Bali, jadi untuk bahasa daerah yang digunakan adalah bahasa Bali. Dan bahasa Bali merupakan bahasa yang paling luas digunakan oleh masyarakat Bali.

Tempat Wisata di Pulau Menjangan

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pulau Menjangan

  • Anchor Wreck, merupakan lokasi diving untuk penyelam yang sudah berpengalaman dan profesional. Di lokasi ini terdapat bangkai kapal yang sudah berkarat lengkap dengan jangkarnya. Sesuai informasi dari masyarakat setempat, kapal ini merupakan kapal laut Belanda yang sudah tenggelam pada abad ke 19 ketika Perang Dunia II. Kapal Anker ini di duga untuk mengangkut budak dari Bali menuju Jakarta. Pada saat Anda menyelam ke kapal ini, akan menemukan peti yang berisi perabot – perabot keramik yang sudah ditumbuhi karang lunak.
  • Eel Gardens, merupakan area spot diving yang ada di bagian barat Pulau Menjangan. Dan area ini adalah spot diving yang terbaik di Pulau Menjangan. Di tempat ini banyak sekali terdapat kumpulan garden eel dan sea fans, sesuai dengan nama tempatnya. Anda bisa memulai diving pada kedalaman dinding karang di 40 meter yang kaya dengan gorgonia dan biota lautnya.
  • Secret Bay, merupakan tempat yang tepat untuk bagi para pecinta macro diving, dikarenakan lokasi ini memiliki perairan yang cukup dangkal dengan beragam terumbu karang dengan pasir berlumpurnya di dasar laut. Dan lokasi tempat wisata ini masih sangat alami dan banyak yang masih belum terjamaah.

Hiburan Malam di Pulau Menjangan

Untuk hiburan malam di Pulau Menjangan tidak ada, dikarenakan tempat wisata ini merupakan pulau kecil dan tidak berpenghuni manusia. Jadi jika ingin menikmati surganya kehidupan malam, bisa datang ke Pulau Bali.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Pulau Menjangan

Tips Wisata di Pulau Menjangan

  • Jangan lupa menggunakan jaket keselamatan selama berada di laut, dan tetap tenang dan tidak heboh selama berada di atas kapal agar tidak membahayakan orang lain.
  • Pilihlah bulan April sampai November jika ingin berkunjung ke Pulau Menjangan.
  • Bawalah perbekalan makanan dan minuman sesuai kebutuhan Anda, karena Pulau Menjangan tidak berpenghuni.
  • Jangan lupa membawa perlengkapan obat – obatan pribadi dan krim tabir surya.
  • Sebelum menuju Pulau Menjangan,siapkan alat pendukung penyelaman yang bisa Anda sewa di resort terdekat.

Perlu Kamu Tahu di Pulau Menjangan

  • Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Jalan Ngurah Rai No 2 Buleleng Bali, Telp : 0362 – 25141
  • RSUD Singaraja, Jalan Ngurah Rai No 30 Buleleng Bali, Telp : 0362 – 22046
  • Polres Buleleng, Jalan Pramuka No 1 Singaraja, Telp : 0362 – 22510

Leave a Reply