Panduan Tips Pergi Liburan Ke Getasan

Rate this post

Getasan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia yang terletak di antara Kota Salatiga dan Kabupaten Magelang. Kecamatan ini terletak di lereng Gunung Merbabu dan salah satu objek wisata andalannya adalah Desa Vokasi Kopeng.

Desa Kopeng ditetapkan sebagai Desa Vokasi di wilayah Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Produk yang diunggulkan di Desa Vokasi Kopeng ini adalah sayuran organik, pembuatan berbagai kerajinan tangan khas, makanan khas, tanaman hias dan lainnya. Di Kopeng juga terdapat beberapa objek wisata yang bisa Anda kunjungi.

Wilayah Utama Getasan

  • Utara : Desa Somo Gawe
  • Timur : Desa Tajuk
  • Selatan : Gunung Merbabu
  • Barat : Desa Kopeng

Sejarah Getasan

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Getasan

Batas administrasi Kabupaten adalah sebelah Utara berbatasan dengan Kota Semarang, dan Kabupaten Demak. Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Magelang, Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Grobogan. Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Kendal. Ditengah-tengah wilayah ini terdapat Kota Salatiga. Rata-rata ketinggian tempat di Kabupaten Semarang 607 meter di atas permukaan laut. Daerah terendah di Desa Candirejo Kecamatan Ungaran. Daerah tertinggi di Desa Batur Kecamatan Getasan.

Cara Pergi ke Getasan

Perjalanan ke daerah Getasan bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Masuk Kota Salatiga cari jalur yang menuju ke arah kopeng. Jarak dari Kota Salatiga ke Desa Wisata Kopeng, Getasan, sekitar 14 km atau sekitar 54 km dari kota Semarang. Jika dengan motor waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

Salatiga sendiri memiliki tiga terminal, yang bernama Terminal Tingkir yang melayani bus tujuan AKDP Jateng dan AKAP Jateng, seperti Jakarta hingga Denpasar, Bali, Terminal Tamansari yang melayani jalur dalam kota, dan Terminal Rejosari yang melayani daerah Salatiga Atas (Getasan, Kopeng, Ngablak, dan kota Magelang). Untuk transportasi massal, Salatiga memiliki angkutan kota, bus kota Esto, Sawojajar, Konco Narimo, Tunas Mulya, Safari dan armada taksi, Taksi Galaksi dan Taksi Matra. Berikut rute menuju Kopeng

Kendaraan pribadi via Salatiga:

  1. Dari kota Salatiga – perempatan Pasar Sapi – arah Kopeng/Magelang langsung ikuti jalan raya.
  2. Dari Semarang – via Jalan Lingkar Salatiga – perempatan Kumpul Rejo (Salib Putih) – ke kanan arah Kopeng/Magelang langsung ikuti jalan raya.
  3. Dari Solo Raya -via Jalan Lingkar Salatiga – perempatan Kumpul Rejo (Salib Putih) – ke kiri arah Kopeng/Magelang langsung ikuti jalan raya.

Kendaraan pribadi via Magelang:

  1. Dari Yogyakarta – pertigaan Canguk – ke kanan arah Kopeng/Salatiga langsung ikuti jalan raya.
  2. Dari Semarang – pertigaan Canguk – ke kiri arah Kopeng/Salatiga langsung ikuti jalan raya.

Kendaraan umum via Salatiga:

  1. Dari Semarang turun di Pasar Sapi Salatiga – ikut bus jurusan Salatiga-Magelang atau kendaraan kecil jurusan Salatiga-Kopeng.
  2. Dari Solo Raya turun di Pasar Sapi Salatiga – ikut bus jurusan Salatiga-Magelang atau kendaraan kecil jurusan Salatiga-Kopeng.

Kendaraan umum via Magelang:

  1. Dari Yogyakarta turun di terminal bus induk (Canguk) kota Magelang – ikut bus jurusan Magelang-Salatiga.
  2. Dari Semarang turun di terminal bus induk (Canguk) kota Magelang – ikut bus urusan Magelang-Salatiga.

Hotel di Getasan

Terdapat sarana penginapan di kawasan Kopeng, Getasan dan sekitarnya. Ada sebuah penginapan di Salatiga bertema eco park agrowisata, terletak di lereng Gunung Merbabu, 500 meter dari jalan lingkar kota Salatiga menuju wisata Kopeng. Dengan udara yang masih alami, bebas polusi, dikelilingi oleh jajaran pegunungan dan indahnya pemandangan Rawa Pening.

Penginapan ini cocok untuk perjalanan wisata bersama keluarga. Tersedia juga Resort Tradisional yang Modern di Salatiga. Properti bintang tiga ini menyediakan lounge yang elegan untuk relaksasi, ruang makan yang romantis, kamar tamu yang mewah, pusat bisnis yang canggih, ruang pertemuan modern yang lengkap untuk seminar atau konferensi, dan taman-taman yang luas untuk pesta pribadi berkapasitas hingga 1000 orang.

Iklim di Getasan

Getasan memiliki iklim tropis. Sepanjang hampir sebagian besar bulan dalam setahun, terdapat curah hujan signifikan di Getasan. Di sini hanya ada musim kemarau singkat.

Bahasa Daerah di Getasan

Bahasa Jawa

Tempat Wisata di Getasan

Kopeng merupakan salah satu desa wisata yang ada di Kabupaten Semarang. Ada beberapa obyek wisata yang bisa anda kunjungi ketika berada di Kopeng, antara lain, Taman Wisata Kopeng, Umbul Songo, Kalipancur, bahkan ada beberapa tempat menarik baru yang bisa anda kunjungi yakni Gardu Pandang Kopeng dan Pohon Harapan di dusun Cuntel.

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Getasan

1. Air Terjun Kali Pancur

Berlokasi di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Terletak sekitar 14 kilometer sebelah barat Kota Salatiga. Sebaiknya mengunjungi air terjun ini dengan kendaraan pribadi karena angkutan umum Salatiga-Magelang, hanya sampai jalan raya saja dan tidak sampai di pintu gerbang air terjun ini. Bisa melewati depan desa Dalangan sebagai pintu masuk Gn. Telomoyo dan lurus ke arah utara menuju Desa Nogosaren dan bisa juga lewat pertigaan mini POM Salaran.

2. Air Terjun Seloprojo

Air terjun yang berada di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang yang merupakan lereng Gunung Telomoyo ini dikenal dengan sebutan air terjun Sumuran, karena di sekitar air terjun terdapat lubang seperti sumur, dan di bawahnya terdapat kolam penampungan air yang digunakan sebagai pengairan ladang dengan cara dialirkan melalui mulut patung burung yang menyerupai bentuk gajah.

Dari Magelang Anda bisa melalui pasar Grabag lalu belok kanan ke arah Gunung Telomoyo, nanti ada gang di kiri jalan dengan papan penunjuk Desa Seloprojo. Jika dari Salatiga, Anda ambil arah Kopeng lalu belok kanan di depan pom bensin Salaran, lanjut menyusuri jalan dengan pemandangan Gunung Telomoyo hingga terlihat papan penunjuk Desa Seloprojo di gang kanan jalan. Setelah masuk gang Anda akan melewati jalan naik turun juga jembatan, maka sampai lah di gerbang Desa Seloprojo dengan Gapura Bertuliskan “Air Terjun Seloprojo.” Dari sini Anda perlu menyusuri jalan setapak bila menggunakan motor, tapi jika Anda menggunakan mobil harus parkir di tengah desa. Terdapat lahan parkir motor di dekat gardu karcis. Harga tiket masuk Rp. 3.000

3. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit terletak di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Air terjun ini berasal dari Gunung Telomoyo karena memang air terjun ini berada di lereng gunung tersebut. Gunung Telomoyo sendiri membatasi Kota Magelang dengan Kabupaten Semarang. Air terjun ini memang searah dengan air terjun Seloprojo dari arah Magelang atau Salatiga namun lebih dekat dengan Kota Magelang.

Ada legenda yang berkembang di masyarakat sekitar mengenai air terjun ini, yaitu Legenda Jaka Tarub dan Bidadari-bidadari yang mandi di air terjun. Menurut legenda, lokasi ini digunakan sebagai tempat pemandian para bidadari yang salah satunya tidak bisa kembali ke khayangan karena selendangnya dicuri oleh pemuda setempat bernama Jaka Tarub.

4. Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng Merupakan salah satu wisata yang terdapat di Kawasan Wisata Kopeng. Ada berbagai fasilitas yang terdapat di Taman Wisata Kopeng ini, dari mulai Waterpark, Outbound Centre, Gardening 4.17 hektar, Playground, ATV, Family resort, Hall, VIP family karaoke, Fun Bilyard, Kaos corner, Resto dan Coffe Shop.

5. Umbul Songo

Tujuan wisata selanjutnya di Kawasan Kopeng adalah Umbul Songo. Bisa dibilang wisata Umbul Songo ini merupakan tempat wisata tersembunyi, di sini terdapat perkemahan dan hutan lindung. Untuk mencapainya diperlukan perjalanan kaki melalui jalur setapak dan melewati hutan sekitar Kopeng. Setelah melalui perjalanan yang cukup melelahkan, anda akan disuguhi pemandangan air terjun yang luar biasa indah. Air Terjun Umbul Songo ini terletak di antara Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Andong.

6. Pendakian Gunung Merbabu

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung idola para pendaki di Indonesia. Gunung Merbabu bersebelahan dengan Gunung Merapi serta berdekatan dengan Gunung Ungaran, Sindoro dan Gunung Sumbing. Hal itu menjadikan pemandangan di Puncak Gunung Merbabu sangat indah menawan. Untuk mendaki Gunung Merbabu anda dapat melalui jalur dari Selo, Boyolali serta dapat juga dari Kopeng, Semarang.

7. Agrowisata Kopeng

Berbagai macam Sayuran hasil dari kebun di Kopeng ini sudah menjadi komoditas yang banyak dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan.

8. Tari Topeng Ayu

Anda bisa menyaksikan Tari Topeng Ayu di Desa Ngrawan Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Desa tersebut bisa dijangkau dengan mudah dari Jalan Raya Salatiga – Kopeng, belok ke kanan di pertigaan mini pom bensin Salaran sekitar 3 km. Perjalanan menuju Desa Ngrawan sama arah dengan jalan menuju Objek Wisata Air Terjun Kali Pancur.

9. Kopeng Treetop Adventure Park

Merupakan taman bermain sekaligus arena tantangan. Dengan permainan yang mengandalkan tali-temali dan keterampilan simpul pada pohon-pohon pinus yang sudah berdiri kokoh puluhan tahun umurnya sebagai sarana aneka permainannya, dengan ketinggian yang disesuaikan. Tempat yang dikelola oleh Perhutani dan PT. Treetop Adventure ini baik untuk anak-anak dan orang dewasa.

Rekomendasi  Tempat Makan di Getasan

  • Waroeng NgGoenoeng, Jalan Salatiga – Kopeng KM. 12,5 (Kopeng, Getasan), Semarang, Jawa Tengah 50734, Indonesia, Telepon +62 298 354786, Buka pukul 07.00 – 18.00, Menu sup iga, iga gongso, dan tongseng iga, Satu porsi iga harga Rp. 17.500
  • Taman Wisata Kopeng, Jl. Raya Salatiga – Magelang KM. 15, Kopeng, Getasan, Semarang, Jawa Tengah, Phone: (0298) 318344

Tips Wisata di Getasan

  • Jika anda menggunakan mobil pribadi baik motor atau mobil serta bus. Harap anda sudah terbiasa mengemudikan kendaraan di medan yang naik turun dan berliku-liku, pastikan anda siap ganti gigi kendaraan pada tanjakan-tanjakan yang sedikit berat, turunan tajam, jalanan terjal, serta tikungan-tikungan tajam sepanjang perjalanan.
  • Pastikan kondisi kendaraan anda siap dan dalam kondisi sehat, rem akurat, oli dan pompa bahan bakan bekerja normal, karena kendaraan dengan kurang perawatan rutin dan jarang naik turun bisa dipastikan akan mengalami panas berlebih dan tak jarang yang mogok di sepanjang jalan raya Magelang – Kopeng dan begitu juga Salatiga – Kopeng.
  • Jika anda menggunakan bus besar/bus pariwisata kapasitas 50 penumpang, harap kondisi bus betul-betul baik dan siap melaju di medan jalan berat, karena semkain besar kendaraan maka akan semakin berat pula teknis mengemudi di jalan seperti tersebut di atas. Begitu pula dengan resiko over load dan over head mesin yang menyebabkan mogok di tengah jalan. Anda bisa turut memastikan kondisi pengendara bus sedang prima.
  • Pastikan bahan bakar kendaraan mencukupi. SPBU terdekat ke kopeng ada di Kota Salatiga. Jika bahan bakar kendaraan anda tinggal sedikit dan masih berada di Kota Salatiga, isilah bensin maksimal karena di kopeng belum ada SPBU. Jika anda dari Kota Magelang disarankan beli bensin maksimal di SPBU Tegalrejo yang berjarak 3 km dari terminal induk Magelang arah ke kopeng, karena setelah anda melewati SPBU ini perjalanan sepanjang 25 km tidak terdapat pom bensin lagi.

Perlu Kamu Tahu di Getasan

Kantor Kecamatan Getasan, Telepon 0298 318334

Leave a Reply