PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Menara Siger Berada di Daerah Lampung Selatan

Blog

Landmark Lampung Selatan

Destinasi wisata di Kabupaten Lampung Selatan tidak hanya terkenal dengan keindahan pantainya, tetapi juga memiliki landmark yang menarik perhatian wisatawan. Salah satu landmark yang menjadi ikon Kabupaten Lampung Selatan adalah Menara Siger. Menara ini memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Lampung dan menjadi salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi.

Menara Siger terletak di Jalan Lintas Sumatera, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Lokasinya sangat strategis karena berada di jalur utama menuju pelabuhan Bakauheni, yang merupakan pintu gerbang utama untuk menuju Pulau Jawa. Ketika perjalanan penyeberangan Selat Sunda menggunakan kapal feri, wisatawan bisa melihat Menara Siger dari kejauhan. Semakin dekat feri merapat ke Pelabuhan Lampung Selatan, Bakauheni, maka wisatawan akan semakin jelas melihat Menara Siger ini. Begitu kapal feri merapat di Pelabuhan Bakauheni, wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit untuk mencapai kompleks Menara Siger jika menggunakan kendaraan bermotor seperti mobil atau sepeda.

Fungsi dan Daya Tarik

Menara Siger adalah bangunan megah berbentuk mirip dengan mahkota berwarna kuning. Bangunan ini memiliki tinggi sekitar 32 meter dan menjadi simbol kebanggaan masyarakat Lampung. Menara Siger bukan hanya sekadar bangunan, tetapi juga memiliki arti sebagai simbol wilayah Lampung dari segi keagamaan, seni, budaya, dan pendidikan. Siger sendiri merupakan nama topi adat pengantin wanita asal Lampung. Mahkota ini digunakan dalam berbagai acara formal maupun upacara adat dan melambangkan kehormatan bagi masyarakat Lampung.

BACA JUGA :  Jalan Menuju Pantai Jogan Jogja

Bangunan Menara Siger didesain oleh arsitek lokal yaitu Ir. Hi. Anshori Djausal M.T. Perancangan bangunan menggunakan teknik ferrocement untuk menjadikannya tahan guncangan dan terpaan angin kencang yang khas pesisir pantai. Dengan menggunakan teknik ini, konstruksi bangunan dibuat dengan menggunakan rangka berdasarkan kekokohan jaring laba-laba. Melalui destinasi wisata ini, wisatawan dapat mengenali ciri khas Provinsi Lampung yang membedakannya dengan wilayah lain di Indonesia.

Monumen Menara Siger juga memiliki makna simbolis dalam desain dan ornamennya. Di dalam bangunan utama Menara Siger, terdapat Prasasti Kayu Are. Prasasti ini dianggap sebagai simbol pohon kehidupan oleh masyarakat Lampung. Menara Siger juga menjadi titik nol di bagian selatan Sumatera. Diresmikan pada tahun 2008, bagian dalam bangunan dilengkapi dengan peta informasi wisata wilayah Lampung. Setiap lantai di Menara Siger memiliki informasi tentang kabupaten dan kota madya di Provinsi Lampung. Hal ini memudahkan wisatawan untuk mempelajari dan mengenali kekayaan alam serta budaya daerah Lampung.

Ketersediaan Fasilitas

Selain menawarkan keindahan bangunan dan makna simbolisnya, Menara Siger juga dilengkapi dengan fasilitas yang memudahkan wisatawan. Di dalam bangunan, terdapat data mencakup letak geografis, demografis, kekayaan Sumber Daya Alam di Lampung, serta ideologi dan hankam. Fasilitas ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada wisatawan tentang Lampung secara menyeluruh.

Di sekitar kompleks Menara Siger, terdapat beberapa warung makan kecil yang menyediakan makanan ringan dan minuman sebagai pelepas dahaga. Harga makanan dan minuman yang dijual di warung tersebut tidak begitu mahal, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir akan menguras kantong saat berkunjung ke Menara Siger. Selain itu, tiket masuk untuk mengunjungi lokasi ini juga terbilang murah. Setiap kendaraan bermotor yang masuk ke wilayah kompleks Menara Siger dikenakan biaya sekitar Rp.15.000 untuk sepeda motor dan Rp.20.000 untuk mobil. Sedangkan untuk memasuki bangunan utama Menara Siger, wisatawan dikenakan biaya sekitar Rp.5.000-Rp.10.000 per orang.

BACA JUGA :  12 Tempat Ngabuburit di Jakarta Yang Asyik dan Favorit Bisa Bersama Teman Atau Pasangan

Rekomendasi Wisata

Menara Siger sangat direkomendasikan untuk dikunjungi pada saat subuh atau menjelang matahari terbit. Pemandangan sunrise di sekitar Menara Siger sangat indah dan sayang untuk dilewatkan. Selain itu, wisatawan dapat mengunjungi Menara Siger kapan saja, baik pagi, siang, atau malam hari. Menara Siger menawarkan pemandangan yang luar biasa dan merupakan salah satu opsi destinasi wisata yang menarik.

Kunjungan ke Menara Siger juga memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk mempelajari budaya dan adat Lampung. Di dalam bangunan Menara Siger, wisatawan dapat mempelajari kekayaan alam, seni, dan budaya Lampung melalui informasi yang disajikan. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat denah peta persebaran pariwisata serta Sumber Daya Alam di Provinsi Lampung.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Menara Siger, sangat disarankan untuk mendownload rute perjalanan wisata dari Google Maps. Hal ini akan memudahkan untuk mencari lokasi dan menghindari tersesat atau bingung. Jangan lupa pula untuk membawa kamera agar dapat mengambil foto-foto yang indah di sekitar Menara Siger sebagai kenang-kenangan.

Kunjungan ke Menara Siger merupakan kesempatan yang baik untuk mempelajari dan mengenal lebih dalam mengenai budaya dan kekayaan alam Lampung. Dengan mengunjungi dan mempromosikan destinasi wisata di Indonesia, diharapkan dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Lampung Selatan dan Indonesia secara keseluruhan. Selamat berwisata dan semoga hari Anda menyenangkan!


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *