PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Ini Dia 10 Rekomendasi Gunung di Daerah Lampung Yang Cocok Untuk Spot Pendakianmu

Blog

1. Gunung Pesagi

Gunung Pesagi merupakan gunung tertinggi di provinsi Lampung dengan ketinggian mencapai 2.389 meter di atas permukaan laut. Terletak di kabupaten Liwa, gunung ini menawarkan keindahan alam yang tidak diragukan lagi. Dari puncak Gunung Pesagi, pengunjung dapat menikmati panorama indah kawasan Lampung Barat, Pemukiman Penduduk OKU, Danau Ranau, dan Laut Lepas Belimbing.

Selain keindahan alamnya, Gunung Pesagi juga terkenal dengan jalur pendakiannya yang menantang. Selama perjalanan menuju puncak, pengunjung akan disuguhi dengan keindahan bunga anggrek dan keanekaragaman satwa liar. Menurut warga sekitar, puncak Gunung Pesagi juga memiliki cerita misteri. Salah satu dari tujuh sumur yang ada di puncak gunung ini sering kali mengeluarkan aroma seperti minyak wangi. Keunikan dan keindahan Gunung Pesagi menjadikannya sebagai salah satu destinasi pendakian yang populer di Lampung.

2. Gunung Tanggamus

Gunung Tanggamus merupakan gunung tertinggi kedua di Lampung dengan ketinggian mencapai 2.100 meter di atas permukaan laut. Terletak di kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, gunung ini menawarkan keunikan dan tantangan tersendiri bagi para pendaki. Jalur pendakian yang paling umum digunakan adalah melalui Gisting.

Selama pendakian menuju puncak Gunung Tanggamus, pengunjung akan melewati tebing-tebing terjal dan hutan lumut eksotis yang memanjakan mata. Gunung Tanggamus juga memiliki potensi emas yang berlimpah, sehingga menjadi rebutan para pemilik tambang. Keindahan alam dan tantangan pendakian yang ditawarkan oleh Gunung Tanggamus membuatnya menjadi salah satu destinasi favorit bagi para pendaki dan wisatawan pecinta alam.

BACA JUGA :  Wisata Goa Rong View di Tuntang Semarang

3. Gunung Rajabasa

Gunung Rajabasa terletak di Lampung Selatan, tepatnya di antara kabupaten Kalianda dan Pelabuhan Bakauheni. Dengan ketinggian sekitar 1.281 meter di atas permukaan laut, Gunung Rajabasa menawarkan pemandangan yang sangat indah. Sisi selatan Gunung Rajabasa berhadapan langsung dengan laut lepas dan memiliki sejumlah tempat wisata yang eksotis.

Selain wisata pantai, sisi selatan Gunung Rajabasa juga memiliki air terjun eksotis dan sumber air panas Way Belerang. Di seberang lautan, terdapat pulau Sebesi dan Taman Nasional Gunung Krakatau yang menambah keindahan pemandangan di sekitar Gunung Rajabasa. Dengan keindahan alam dan potensi wisata yang dimilikinya, Gunung Rajabasa menjadi salah satu destinasi favorit di Lampung Selatan.

4. Gunung Seminung

Gunung Seminung merupakan salah satu spot pendakian yang wajib ditaklukkan oleh para pendaki di Lampung. Dengan ketinggian sekitar 1.885 meter di atas permukaan laut, gunung ini terletak di perbatasan antara Lampung dengan Sumatera Selatan. Puncak Gunung Seminung menawarkan panorama indah danau Ranau.

Meskipun masih jarang dijamah pendaki, Gunung Seminung memiliki fasilitas yang minim. Oleh karena itu, para pendaki pemula disarankan untuk menggunakan guide atau orang yang sudah menguasai trek lokasi. Selain keindahan alamnya, Gunung Seminung juga memiliki potensi wisata menarik seperti air terjun dan tebing-tebing yang menawan.

5. Gunung Anak Krakatau

Gunung Anak Krakatau terkenal sebagai gunung berapi yang masih aktif. Meskipun banyak yang mengira bahwa letaknya berada di Banten, sebenarnya gunung ini masuk dalam wilayah provinsi Lampung. Untuk mencapai puncak Gunung Anak Krakatau, pengunjung harus menyeberang terlebih dahulu ke pulau Sebesi dari Dermaga Canti di kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan.

BACA JUGA :  5 Travel Bandung Ke Purwakarta Dengan Harga Murah Mulai Rp 30.000

Gunung Anak Krakatau memiliki tanah berpasir, sehingga pengunjung harus berhati-hati saat mendaki. Selain itu, gunung ini juga terkenal dengan letusan yang sering terjadi. Meskipun demikian, keberadaan Gunung Anak Krakatau tetap menarik minat para pendaki dan wisatawan pecinta alam.

6. Gunung Betung

Gunung Betung terletak sangat dekat dengan pusat kota Bandar Lampung. Wilayah gunung ini secara administratif masuk ke dalam beberapa kecamatan di kabupaten Pesawaran, yaitu Padang Cermin, Way Lima, Gedong Tataan, dan Kedondong. Gunung Betung merupakan bagian dari Taman Hutan Raya Wan Abdul Rahman.

Dengan ketinggian sekitar 1.640 meter di atas permukaan laut, Gunung Betung memiliki trek pendakian yang tidak terlalu berat, sehingga cocok bagi para pendaki pemula. Selain keindahannya yang menakjubkan, gunung ini juga memiliki potensi wisata menarik seperti air terjun dan tebing-tebing yang memukau. Gunung Betung menjadi tempat favorit bagi para penggiat alam yang suka berkemah.

7. Gunung Rindingan

Gunung Rindingan terletak di kecamatan Pulau Panggung, kabupaten Tanggamus. Dari kota Bandar Lampung, diperlukan waktu sekitar 3 jam berkendara untuk mencapai lokasi ini. Pendakian ke Gunung Rindingan akan memberikan pengalaman menikmati pemandangan alam yang indah dan harumnya bunga-bunga kopi. Dengan ketinggian sekitar 1.608 meter, gunung ini menjadi salah satu destinasi favorit para pendaki pemula.

8. Gunung Sekincau

Gunung Sekincau terletak di kecamatan Sekincau dan memiliki ketinggian sekitar 1.718 meter di atas permukaan laut. Puncak Gunung Sekincau menawarkan pemandangan yang indah, dan di sekitarnya terdapat air terjun cantik nan unik. Selain menjadi destinasi pendakian, gunung ini juga sering dikunjungi oleh wisatawan pecinta alam yang mencari ketenangan.

BACA JUGA :  10 Daftar Pilihan Mall Terkenal Lengkap di Daerah Cikarang Yang Ada Bioskop dan Gramedia

9. Gunung Suoh

Gunung Suoh terletak di kecamatan Suoh dengan ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan salah satu puncak tinggi di provinsi Lampung dan sering menjadi spot pendakian bagi para pendaki pemula. Di sekitar Gunung Suoh terdapat beberapa danau vulkanik yang menambah pesona alamnya. Keindahan alam dan potensi wisata yang dimiliki Gunung Suoh membuatnya selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

10. Gunung Pesawaran

Gunung Pesawaran terletak di kecamatan Kedondong, kabupaten Pesawaran dengan ketinggian sekitar 1.662 meter di atas permukaan laut. Gunung ini memiliki kondisi alam yang asri dengan medan pendakian yang menantang. Meskipun demikian, banyak pendaki pemula yang tertantang ingin menaklukkan Gunung Pesawaran. Keindahan alam dan tantangan pendakian yang ditawarkan oleh gunung ini membuatnya menjadi salah satu destinasi favorit di Lampung.

Itulah 10 gunung di Lampung yang dapat menjadi referensi spot pendakian. Setiap gunung memiliki keunikan dan keindahan alam yang berbeda-beda. Bagi para pecinta petualangan dan alam, Lampung menawarkan banyak pilihan destinasi pendakian yang menarik. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi keindahan pegunungan Lampung dan rasakan sensasi petualangan yang tak terlupakan.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *