PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

4 Cara Mudah Menuju Pulau Pahawang, Yang Katanya Masih “Perawan”

Blog

Potensi Besar

Lampung adalah salah satu provinsi di Indonesia yang juga memiliki potensi besar untuk wisata bahari. Bukan hanya Raja Ampat, Wakatobi, Bunaken, Banda, Bali, dan Lombok, Lampung juga menjadi surga bagi para pecinta diving, snorkeling, serta memancing. Salah satu tempat wisata di Lampung yang menjadi surga bagi para pecinta tersebut adalah Teluk Kiluan. Destinasi ini sudah cukup lama dikenal memiliki pemandangan alam yang memukau serta taman bawah laut yang indah. Teluk Kiluan juga menjadi habitat hidup dari berbagai jenis ikan, termasuk ikan-ikan besar dan langka seperti paus dan lumba-lumba. Bukan hanya itu, kawasan perairan di Teluk Kiluan juga sering dijadikan sebagai lokasi untuk menggelar lomba memancing, baik level nasional maupun internasional.

Wisata Bawah Laut

Selain Teluk Kiluan, ada satu lagi spot wisata bawah laut yang namanya semakin melambung di tahun 2024 ini, yaitu Pulau Pahawang. Meskipun belum begitu lama dipromosikan, Pulau Pahawang sudah banyak didatangi para wisatawan yang terpikat oleh keindahan alam bawah laut Pahawang lewat gambar video maupun dari info mereka yang pernah berkunjung kesini. Pulau Pahawang memiliki keindahan alam bawah laut yang tidak kalah dengan destinasi wisata bawah laut terkenal lainnya seperti Raja Ampat, Wakatobi, Bunaken, dan Banda. Keindahan tersebut dapat kita ketahui dari sejumlah review, foto-foto, dan gambar-gambar video yang terdapat di halaman-halaman situs pariwisata serta di YouTube yang diunggah oleh mereka yang pernah berkunjung ke kawasan pulau ini.

BACA JUGA :  10 Rekomendasi Tempat Honeymoon Murah di Daerah Bali Ini Wajib Masuk List Liburanmu, Harga Mulai Rp.270.000

Sekilas Keindahan

Pulau Pahawang ditemukan pertama kali oleh seorang nahkoda kapal yang terdampar di pulau tersebut bersama anak buahnya yang bernama Mandara, beberapa ratus tahun silam. Sedangkan versi kedua tentang sejarah pulau ini menyebutkan bahwa pulau ini pertama kali ditemukan oleh seorang perempuan bernama Mpok Awang yang memiliki darah China dan Betawi, sekitar tahun 1800an. Namun, hingga kini kedua versi tersebut masih belum dapat dibuktikan secara ilmiah. Pulau Pahawang terdiri dari dua pulau, yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Pulau Pahawang Besar memiliki luas sekitar 1.020 hektar dengan jumlah penduduk 1.664 jiwa yang mayoritas bermatapencaharian sebagai nelayan. Pulau Pahawang Kecil hanya memiliki luas sekitar 13 hektar dan merupakan private island yang dimiliki atau dikelola oleh seorang warga negara Perancis yang dikenal dengan nama Mr. Joo.

Daya Tarik

Salah satu daya tarik utama Pulau Pahawang adalah keindahan pantainya yang berhias pasir putih. Pulau ini terdiri dari beberapa pulau kecil seperti Pulau Pahawang Kecil, Pulau Tanjung Putus, Pulau Balak, Pulau Kelagian Besar, Pulau Kelagian Kecil, dan beberapa pulau lainnya. Keindahan pesisir pantai yang ada di setiap pulau ditambah dengan suasananya yang masih natural dan sepi, membuat pengunjung dapat menikmati sensasi tersendiri saat menjelajah setiap pulau yang didatangi. Selain itu, pengunjung juga dapat bermain di pinggir pantai yang memiliki air yang jernih dan melihat berbagai macam jenis ikan berukuran kecil yang berenang kesana-kemari seolah mengajak pengunjung untuk ikut berenang bersama mereka. Selain itu, Pulau Pahawang juga menyajikan pemandangan yang unik berupa pasir timbul atau jembatan pasir yang menghubungkan Pulau Pahawang Kecil dengan Pulau Tanjung Putus. Jembatan pasir ini akan tenggelam dengan sendirinya saat air laut kembali pasang.

BACA JUGA :  10 Biro Perjalanan Umroh di Bandar Lampung Dengan Harga Terjangkau Mulai Dari 19 Jutaan

Rute Ke Lokasi

Untuk menuju ke Pulau Pahawang, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Jika Anda datang dari Jakarta, Semarang, Surabaya, atau dari luar Pulau Sumatera, Anda dapat menggunakan jalur udara atau menyeberang laut terlebih dahulu hingga tiba di Pelabuhan Bakauheni. Dari Pelabuhan Bakauheni, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menumpang bus menuju Bandar Lampung. Setelah tiba di Bandar Lampung, Anda dapat menggunakan angkutan umum seperti angkot dan bus Damri untuk mencapai Dermaga Ketapang. Dari Dermaga Ketapang, Anda dapat menyeberang ke Pulau Pahawang dengan menggunakan kapal. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai Pulau Pahawang. Jika Anda ingin lebih mudah, Anda dapat menggunakan jasa perusahaan tour & travel yang menawarkan paket wisata ke Pulau Pahawang.

Itulah sedikit gambaran tentang Potensi Besar Pulau Pahawang di Lampung. Dengan keindahan alam bawah lautnya yang tidak kalah dengan destinasi wisata bawah laut terkenal lainnya, Pulau Pahawang menjadi surga bagi para pecinta diving, snorkeling, dan memancing. Keindahan pantainya yang berhias pasir putih dan pemandangan unik berupa pasir timbul menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain itu, akses menuju Pulau Pahawang juga cukup mudah, baik dengan menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Jadi, jika Anda mencari destinasi wisata bahari yang menarik di Lampung, Pulau Pahawang adalah pilihan yang tepat.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *