PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

10 Batu Mulia Termahal di Dunia, Panggilan Buat Para Kolektor!

Blog

Heading 2: Batu Mulia atau Batu Permata: Keindahan yang Memukau

Batu mulia atau batu permata merupakan mineral yang terbentuk melalui proses geologi dengan komponen kimia yang beragam. Setiap jenis batu permata memiliki keindahan dan keistimewaannya sendiri, yang membuatnya menjadi incaran para kolektor di dunia.

Pada umumnya, batu permata digunakan sebagai perhiasan setelah melalui proses pemolesan. Namun, selain sebagai perhiasan, batu mulia juga bisa dijadikan sebagai instrumen investasi karena harganya yang cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, tidak heran jika harga batu permata relatif tinggi.

Ada beberapa jenis batu permata yang memiliki harga fantastis di dunia ini. Salah satunya adalah The Oppenheimer Blue. Berlian biru ini menjadi batu permata terbesar dan termahal hingga saat ini. Dengan harga USD 3,93 juta atau setara dengan 56,1 miliar rupiah per karat, berlian ini sangat langka dan memukau. Pada tahun 2016, berlian biru ini terjual dengan harga USD 57,6 juta atau mencapai ratusan miliar rupiah jika dirupiahkan.

Selain The Oppenheimer Blue, ada juga Jadeite yang menjadi salah satu batu permata termahal di dunia. Dengan harga USD 3 juta atau sekitar 42,8 miliar rupiah per karat, Jadeite memiliki warna hijau yang indah. Batu permata ini umumnya ditemukan di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Myanmar, Selandia Baru, Guatemala, dan Jepang.

Selanjutnya, ada Pink Diamond yang juga masuk dalam daftar batu permata termahal di dunia. Dengan harga per karat USD 1,19 juta atau setara dengan 17 miliar rupiah, berlian warna merah muda ini sangat diminati oleh wanita Indonesia. Warna merah muda pada Pink Diamond berasal dari tekanan tambahan selama proses pembentukan batu permata ini.

BACA JUGA :  10 Pilihan Tempat Sewa Ruang Kantor di Surabaya Yang Cozy dan Nyaman Agar Produktivitas Meningkat

Ruby, atau yang juga dikenal sebagai mirah delima, juga merupakan salah satu batu permata termahal di dunia. Dengan harga per karat USD 1,18 juta atau sekitar 16,8 miliar rupiah, Ruby memiliki warna merah yang memikat. Batu permata ini memiliki kualitas terbaik yang berasal dari Myanmar.

Selanjutnya, Emerald atau zamrud juga menjadi salah satu batu permata termahal dengan harga per karat USD 305 ribu atau sekitar 4,3 miliar rupiah. Emerald terkenal dengan warna hijaunya yang eksotis dan mengkristal. Batu permata ini umumnya ditemukan di Kolombia.

Selain itu, ada juga Alexandrite yang merupakan batu permata langka dan mahal. Dengan harga per karat USD 70 ribu atau setara dengan 1 miliar rupiah, Alexandrite memiliki sifat penyeimbang yang menyelaraskan fisik, emosional, dan spiritual seseorang. Batu permata ini berasal dari Russia.

Musgravite, batu permata yang ditemukan di daerah Musgrave, Australia, juga termasuk dalam daftar batu permata termahal. Dengan harga per karat USD 35 ribu atau sekitar 500 juta rupiah, Musgravite memiliki kualitas yang masih kalah dibandingkan dengan yang ditemukan di Australia.

Red Beryl, atau yang juga dikenal sebagai zamrud merah, merupakan batu permata langka yang hanya ditemukan di Lightning Ridge, New South Wales, Australia. Dengan harga per karat USD 10 ribu atau sekitar 142,8 juta rupiah, Red Beryl memiliki warna merah yang memikat.

Terakhir, Tanzanite menjadi batu permata termahal dengan harga per karat USD 1.200 atau setara dengan 17,1 juta rupiah. Tanzanite berasal dari Tanzania dan memiliki warna biru yang indah. Batu permata ini memiliki tingkat kelangkaan yang sangat tinggi, sehingga harganya sangat mahal.

BACA JUGA :  Wonders Water World Kota Medan

Itulah beberapa batu permata termahal di dunia beserta foto dan harganya. Meskipun harganya fantastis, batu permata tersebut sebanding dengan keindahan, keistimewaan, dan kelangkaannya. Selain batu permata tersebut, masih banyak jenis permata lain yang tidak kalah bagusnya, seperti Blue Safir, Pirus, Yakut, dan lain-lain.

Bagi para kolektor batu permata, beberapa jenis batu permata di atas mungkin bisa menjadi pilihan alternatif yang bagus. Namun, jika Anda ingin mencari batu permata yang lebih terjangkau, ada beberapa jenis yang harganya lebih terjangkau dan bahkan bisa ditemukan di Indonesia.

Beberapa batu permata terkenal dari Indonesia antara lain Edong Pancawarna (Garut), Kalsedon (Pacitan), Giok (Aceh), Raflesia (Bengkulu), Bacan, Jamal, Kendit Sulaiman, Agate atau akik bergambar, Combong, Lukulo, Pulaki, Solar, Kecubung, Ereke, Pandan, Anggur, dan lain-lain. Indonesia juga memiliki beberapa daerah penghasil batu permata, seperti Jambi, Banten, NTT, Papua, Sukabumi, Lombok, Nias, dan lain-lain.

Perlu diingat bahwa harga batu permata yang tertera di atas tidak bersifat mengikat sebelum terjadinya transaksi. Harga batu permata juga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari sumber, kualitas, dan kelangkaan batu permata tersebut. Oleh karena itu, jika Anda ingin membeli batu permata, disarankan untuk menguji keasliannya terlebih dahulu agar tidak tertipu. Ada banyak cara untuk menguji keaslian batu permata yang dapat Anda temukan di internet atau dengan meminta bantuan dari orang yang ahli dalam memeriksa keaslian batu permata.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *