PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Ini Dia 10 Bandar Udara Yang Ada di Jawa Timur

Blog

Bandar Udara Internasional Juanda Sidoarjo

Bandar Udara Internasional Juanda Sidoarjo merupakan bandar udara yang terletak di Jln.Ir.H.Juanda, Betro, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Bandara ini bukan hanya melayani penerbangan domestik, tetapi juga penerbangan internasional. Bandara Juanda memiliki dua terminal, yang pertama dibuka pada tahun 2006 dan terletak di sebelah landasan pacu. Terminal ini melayani rute penerbangan domestik dan internasional. Terminal kedua dibangun karena terminal pertama sudah overload. Terminal ini digunakan oleh maskapai seperti Citylink, Garuda, AirAsia, Lion, Merpati Nusantara, Sriwijaya, TigerAir Mandala, dan lainnya.

PT. Angkasa Pura I sedang merencanakan pembangunan terminal baru di Bandara Juanda untuk mengurangi kepadatan penumpang. Terminal baru ini akan mengusung konsep airport city dan akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern seperti kereta monorel, area perkantoran, pusat perbelanjaan, dan akses bawah tanah. Pembangunan terminal baru ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi para penumpang yang menggunakan Bandara Juanda.

Bandara Abdul Rachman Saleh Malang

Bandara Abdul Rachman Saleh Malang terletak di Jln.Komodor Udara Rahman Saleh, Krajan, Bunut Wetan, Kecamatan Pakis, Kota Malang, Jawa Timur. Nama bandara ini diambil dari salah satu pahlawan nasional, Abdul Rachman Saleh. Bandara ini memiliki dua landasan pacu yang mampu menampung pesawat berbadan kecil seperti Hercules C-130 dan Boeing 737.

BACA JUGA :  10 Toko Sepeda di Balikpapan Yang Harganya Oke

Bandara Abdul Rachman Saleh melayani penerbangan sipil yang dioperasikan oleh maskapai seperti Sriwijaya Air, Batik, Citilink, Garuda, WingsAir, dan KalStar Aviation. Bandara ini khusus untuk rute MalangBalikpapan. Bandara Abdul Rachman Saleh merupakan salah satu bandara penting di Jawa Timur yang memainkan peran penting dalam menghubungkan Malang dengan kota-kota lain di Indonesia.

Bandara Blimbingsari Banyuwangi

Bandara Blimbingsari Banyuwangi terletak di Jln.Agung Wilis, Blimbingsari, Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Bandara ini dibuka pada tanggal 29 Desember 2010. Bandara Blimbingsari memiliki landasan pacu sepanjang 2.250m dan rencananya akan diperpanjang menjadi 2.500m. Bandara ini melayani penerbangan domestik dan internasional.

Maskapai seperti AirAsia, China Airlines, Citilink, Garuda, Nam Air, dan WingsAir beroperasi di Bandara Blimbingsari Banyuwangi. Bandara ini menjadi pintu gerbang bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Banyuwangi dan menjelajahi keindahan alam serta budaya yang dimiliki oleh daerah ini.

Bandar Udara Nasional Trunojoyo Sumenep

Bandar Udara Nasional Trunojoyo Sumenep terletak di Jln.Raya By Pass, Area Sawah, Marengan Daya, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Bandara ini diresmikan pada tahun 2010 dan pada awalnya digunakan oleh maskapai Merpati Nusantara Airline untuk keperluan sekolah penerbangan. Saat ini, bandara ini dioperasikan oleh WingsAir dan Airfast Indonesia.

Bandara Trunojoyo Sumenep memiliki landasan pacu sepanjang 1.600m x 300m dan melayani penerbangan perintis dengan rute Sumenep-Surabaya. Bandara ini menjadi akses utama bagi masyarakat Sumenep dan sekitarnya untuk melakukan perjalanan udara.

Bandara Notohadinegoro Jember

Bandara Notohadinegoro Jember terletak di Jln.Bandara Notohadi Negoro, Gayasan B, Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Bandara ini berjarak sekitar 7 meter dari pusat kota Jember dan dikelola langsung oleh Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Jember.

BACA JUGA :  5 Penyedia Jasa Service Laptop Blitar Yang Profesional dan Terbaik Untuk Merk Asus Atau Lenovo

Bandara Notohadinegoro memiliki landasan pacu sepanjang 1.560m dan sudah beroperasi sejak tahun 2014. Bandara ini dilengkapi dengan kantor otoritas bandara, terminal keberangkatan dan kedatangan, serta counter penjualan tiket Susi Air dan Garuda. Bandara ini melayani penerbangan domestik dari Jember ke Surabaya yang dioperasikan oleh maskapai Garuda.

Bandara Harun Thohir Gresik

Bandara Harun Thohir Gresik terletak di Pulau Bawean, Tanjungori, Tambak, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Bandara ini dulunya dikelola oleh Dinas Perhubungan, namun sekarang sudah berada di bawah naungan PT. Angkasa Pura I. Bandara ini diresmikan pada Januari 2016 dan menyediakan penerbangan perintis rute Surabaya-Bawean PP oleh maskapai AirFast.

Bandara Harun Thohir diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan pelayanan transportasi udara di Pulau Bawean. Dengan adanya bandara ini, diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan perjalanan udara dan mendukung perkembangan pariwisata di Pulau Bawean.

Pangakalan Udara Iswahyudi Magetan

Pangakalan Udara Iswahyudi Magetan terletak di Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Bandara ini merupakan milik Pangkalan Udara Militer yang ada di Jawa Timur dan dikelola oleh pemerintah daerah. Pangkalan udara ini merupakan lapangan terbang penting bagi TNI AU.

Pangakalan Udara Iswahyudi Magetan belum dibuka untuk melayani penerbangan komersial. Namun, pangkalan udara ini memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan pertahanan di wilayah Jawa Timur.

Heliport Surya Air PT. Gudang Garam.Tbk Kediri

Heliport Surya Air PT. Gudang Garam.Tbk Kediri terletak di Jln.Raya Gampeng No.443, Semampir, Kediri, Jawa Timur. Heliport ini sedang dalam tahap pembangunan oleh PT. Gudang Garam.Tbk. Heliport ini akan dikelola oleh Surya Air, maskapai penerbangan milik PT. Gudang Garam. Heliport ini nantinya akan disewakan untuk keperluan korporasi, evakuasi medis, perjalanan pribadi, tur wisata, dan lain-lain.

BACA JUGA :  10 Toko Elektronik di Pekalongan Yang Ramah Isi Kantongmu

Pembangunan heliport ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas di Kediri serta mendukung pengembangan pariwisata dan ekonomi di Jawa Timur.

Lapangan Terbang Blambangan

Lapangan Terbang Blambangan, juga dikenal dengan nama Airstreep Blambangan atau lapangan terbang Glenmore, terletak di Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Lapangan terbang ini dibangun pada masa Hindia Belanda untuk keperluan penyemprotan hama wereng yang mengakibatkan kerusakan lahan pertanian. Setelah masa penyemprotan selesai, lapangan terbang ini beberapa kali digunakan untuk keperluan militer dan latihan ABRI. Namun, lapangan terbang ini tidak digunakan untuk penerbangan komersial.

Lapangan Terbang Blambangan merupakan bagian dari sejarah penerbangan di Jawa Timur. Meskipun tidak digunakan untuk penerbangan komersial, lapangan terbang ini masih memiliki nilai historis dan menjadi saksi bisu dari perkembangan penerbangan di Jawa Timur.

Lapangan Terbang Darmo

Lapangan Terbang Darmo terletak di Darmo, Surabaya, Jawa Timur. Lapangan udara ini dibangun pada masa Hindia Belanda dan diberi nama “Vliegveld Darmo”. Namun, saat ini lapangan terbang Darmo hanya tinggal kenangan saja.

Selain daftar di atas, saat ini di provinsi Jawa Timur juga sedang direncanakan pembangunan bandara baru di bagian selatan yaitu di Tulungagung dan Ponorogo. Pembangunan bandara baru ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas di daerah tersebut.

Nah, itulah beberapa bandara yang ada di sekitar Jawa Timur. Dengan adanya bandara-bandara ini, masyarakat Jawa Timur dapat lebih mudah dan cepat dalam melakukan perjalanan udara ke berbagai daerah di Indonesia maupun ke luar negeri. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sahabat Pergimulu.com yang gemar melakukan perjalanan. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya juga ya!


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *