PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Potret Indahnya Lokasi Pantai Cibuaya di Desa Ujung Genteng Kabupaten Sukabumi Jawa Barat

Blog

Lokasi Pantai Cibuaya di Selatan Sukabumi

Dulu Banyak Buaya

Pantai Cibuaya terletak di daerah Selatan Sukabumi, tepatnya di Kecamatan Surade yang berdekatan dengan Pantai Ujung Genteng. Nama pantai ini diambil dari kondisinya pada masa lalu. Menurut penuturan salah satu warga sekitar, pantai ini dulu merupakan habitat bagi banyak buaya di muaranya. Oleh karena itu, tempat ini dinamakan Cibuaya. Mungkin nama ini merupakan plesetan dari “Si Buaya” atau mungkin juga merupakan imbuhan “ci” yang merupakan ciri khas dari nama-nama tempat di provinsi Jawa Barat. Dulu, pantai Cibuaya ini menjadi tempat yang berbahaya karena keberadaan buaya di muara pantai. Namun, sekarang Cibuaya telah menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Masih Bersih dan Tenang

Pantai Cibuaya memiliki ombak yang tenang dan kondisi pantai yang masih bersih, sehingga menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya. Pantai ini juga sering dijadikan tujuan wisata setelah wisatawan mengunjungi Pantai Ujung Genteng atau sebaliknya. Berenang di pantai Cibuaya terbilang aman, namun tetap harus berhati-hati dan mematuhi aturan yang ada. Terkadang wisatawan terlalu tergiur dengan keindahan air laut dan keasyikan berenang, sehingga melupakan adanya larangan atau aturan yang seharusnya diikuti. Oleh karena itu, wisatawan diimbau untuk selalu memperhatikan tanda zona aman berenang yang ditandai dengan bendera atau tali pembatas. Liburan yang menyenangkan adalah liburan yang aman, sehingga harus selalu memperhatikan keselamatan diri dan menghindari masalah yang dapat menyebabkan berita duka.

BACA JUGA :  10 Hotel Dekat Tugu Jogja, Murah Mulai 97 Ribuan Aja

Fasilitas yang Tersedia

Meskipun Pantai Cibuaya masih tergolong baru sebagai tujuan wisata di Sukabumi, fasilitas yang tersedia di pantai ini cukup lengkap. Terdapat area parkir, kamar mandi, penginapan, musholla, dan penjual makanan. Penginapan di sekitar Cibuaya juga memiliki harga yang terjangkau, mulai dari 100 ribuan hingga lebih dari 1 juta rupiah per malam. Penginapan tersebut dapat berupa rumah atau bungalow, sehingga wisatawan dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.

Wisata Keluarga yang Cocok

Pantai Cibuaya merupakan tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta. Lokasinya yang dikelilingi oleh beberapa penginapan membuatnya menjadi tujuan liburan yang nyaman dan menyenangkan. Selain itu, pantai ini juga memiliki lokasi yang strategis, karena terdapat beberapa pantai lain di sekitarnya seperti Pantai Ujung Genteng, Kalapa Condong, Pangumbahan, Pasir Putih, Minajaya, Ombak Tujuh, dan Amanda Ratu. Wisatawan dapat melakukan eksplorasi ke beberapa pantai tersebut bersama keluarga, sehingga liburan menjadi lebih seru dan berkesan. Terdapat juga berbagai macam makanan laut yang dapat dinikmati di sekitar pantai Cibuaya. Menu-menu seperti ikan bakar dan olahan ikan laut lainnya dapat dengan mudah ditemukan dan memiliki harga yang variatif, tergantung pada jenis ikan dan beratnya.

Letak dan Cara Menuju Pantai Cibuaya

Pantai Cibuaya terletak di Ujung Genteng, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi ini dapat diakses dengan menggunakan Google Maps atau GPS. Jadi, wisatawan tidak perlu khawatir tentang lokasi yang mungkin belum familiar. Namun, untuk yang ingin melakukan perjalanan dengan cara yang lebih tradisional, terdapat dua rute yang dapat diambil untuk menuju Cibuaya dari Kota Sukabumi. Rute pertama adalah melalui Jalan Pelabuhan Ratu, dimulai dari Jalan Bunut – Jalan Tipar – Jalan Pelabuhan II – Jalan Pramuka – Jalan Lio – Jalan Balandongan – Jalan Tangkil – Agrabinta. Kemudian, dilanjutkan ke Jalan Nasional III – Jalan Raya Simpenan/Jembatan Cimandiri – Jalan Pelabuhan Ratu – Jalan Raya Jampang Kulon – Surade – Ujung Genteng – Jalan Cipaku – Jalan Ciburial – Cibuaya. Rute kedua adalah melalui Jalan Tangkil Agrabanita. Meskipun terdapat banyak jalan yang harus dilewati, waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Cibuaya kurang lebih sekitar 4 jam 30 menit. Jika masih bingung, wisatawan dapat menanyakan kepada warga sekitar untuk mendapatkan petunjuk jalan yang lebih jelas.

BACA JUGA :  10 Referensi Travel Dari Surabaya Ke Trenggalek Yang Bagus, Tarif Termurah 149 Ribu Saja

Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *