Panduan Tips Pergi Liburan Ke Bukit Baka Bukit Raya National Park

Panduan Tips Pergi Liburan Ke Bukit Baka Bukit Raya National Park
3 (60%) 2 votes

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya adalah salah satu dari 50 taman nasional yang terdapat di Indonesia. Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya adalah sebuah area konservasi hutan dengan tipe ekosistem hutan hujan tropis, yang berlokasi di tengah-tengah Pulau Kalimantan. Taman nasional ini dinamakan Bukit Baka Bukit Raya sebab adanya pegunungan Bukit Baka dan Bukit Raya yang merupakan bagian dari pegunungan Schwaner, di wilayah perbatasan antara Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Kawasan taman nasional ini dihuni oleh setidaknya 817 jenis tumbuhan, terutama tanaman Anggrek dan bunga Raflesia, yang juga tumbuh di Gunung Kinabalu, Malaysia. Selain itu terdapat penghuni asli suku Dayak yang terbagi ke dalam beberapa kelompok suku, yaitu Dayak Limbai, Ransa, Kenyilu, Ot Danum, Malahui, Kahoi, Kahayan. Hasil karya suku-suku Dayak ini bisa dilihat pada patung-patung leluhur yang terbuat dari kayu Belian, anyaman rotan, bambu, pandan, dan upacara adat yang kerap dilakukan.

Berbagai jenis satwa liar termasuk yang dilindungi pun ikut menghuni kawasan taman nasional ini. Seperti Rangkok Badak, Enggang Hitam, dan jenis-jenis Kuau yang merupakan satwa endemik Kalimantan yang terancam punah akibat penebangan liar manusia di hutan ini. Waktu terbaik untuk berkunjung ke kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya adalah pada Bulan Juni hingga Bulan September.

Menaklukkan hutan Kalimantan adalah sebuah pengalaman yang sangat seru!
Menaklukkan hutan Kalimantan adalah sebuah pengalaman yang sangat seru!

Wilayah Utama Bukit Baka Bukit Raya National Park

Area Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya yang lebih diperuntukkan sebagai hutan lindung dan hutan wisata terletak di kawasan-kawasan berikut ini,

  • Perbatasan Malaysia, yaitu Kecamatan Ketungau Hulu dan Kecamatan Ketungau Tengah
  • Perbatasan Propinsi Kalimantan Tengah, yaitu kecamatan Serawai dan Kecamatan Ambalau
  • Sebelah Utara Kecamatan Ambalau Perbatasan Kecamatan Kayan Hulu dan Kecamatan Serawai
  • Sebelah Selatan, yaitu Kecamatan Sepauk

Sejarah Bukit Baka Bukit Raya National Park

Pada Tahun 1978, sebuah cagar alam seluas 500 km2 terbentuk di sekitar area Bukit Raya, dan pada tahun berikutnya meluas menjadi 1.100 km2. Lalu di Tahun 1982, kawasan cagar alam Bukit Baka ikut terbentuk dengan area seluas 1.000 km2. Setelah melalui beberapa perubahan kecil pada kedua kawasan cagar alam tersebut, akhirnya di Tahun 1992 kedua kawasan hutan lindung ini disatukan menjadi Bukit Baka Bukit Raya, dengan luas area 1.810 km2.

Masuk hutan dan menyusuri sungai di Bukit Baka Bukit Raya National Park bakalan seru banget!
Masuk hutan dan menyusuri sungai di Bukit Baka Bukit Raya National Park bakalan seru banget!

Namun, kawasan taman nasional ini mengalami perusakan akibat praktek-praktek penebangan liar besar-besaran di akhir abad ke-20. Sebelum berubah status menjadi Taman Nasional,pada awalnya merupakan kawasan Cagar Alam Bukit Raya seluas +50.000 ha yang ditetapkan melalui keputusan Menteri Pertanian No. 409/Kpts/Um/6/1978

Cara Pergi ke Bukit Baka Bukit Raya National Park

Untuk menuju ke kawasan taman nasional diperlukan perjalanan yang panjang dari Pontianak, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat. Pertama-tama, Anda pergi ke Sintang sejauh 460 km dan selama 9 jam perjalanan. Sesampainya di Sintang, sebuah kabupaten di Kalbar, Anda perlu melanjutkan perjalanan ke Nanga Nuak menggunakan speed boat selama 2.5 jam.

Perjalanan mencapai kawasan taman nasional Bukit Baka Bukit Raya National Park ini saja sudah terbilang amat menantang! @sannyshalieana
Perjalanan mencapai kawasan taman nasional Bukit Baka Bukit Raya National Park ini saja sudah terbilang amat menantang! @sannyshalieana

Dari Nanga Nuak dibutuhkan waktu dua jam berkendara mobil untuk sampai kawasan taman nasional. Jika Anda naik mobil dari Palangkaraya – Kasongan waktunya 1.5 jam, dan dilanjutkan naik speedboat selama tiga jam menuju Tumbang Samba. Lanjut ke Tumbang Hiran, Tumbang Senamang, dan Kutuk Sepanggi dengan total waktu tempuh sekitar 9 jam.

Lalu, Anda masih harus berkendara motor untuk meneruskan perjalanan Anda. Perjalanan mencapai kawasan taman nasional ini saja sudah terbilang amat menantang. Menaklukkan hutan Kalimantan adalah sebuah pengalaman yang sangat seru.

Berikut alternatif kendaraan dan rute yang bisa ditempuh untuk menuju ke kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya:

  • Pontianak – Nanga Pino: naik bus umum selama 11.5 jam perjalanan
  • Pontianak – Sintang: naik pesawat udara perintis selama 1 jam perjalanan
  • Pontianak – Sintang: naik bus umum selama 9 jam perjalanan
  • Sintang – Nanga Pinoh: naik bus umum selama 2.5 jam perjalanan
  • Palangkaraya – Kasongan: naik bus umum menempuh 1.5 jam perjalanan
  • Sampit – Kasongan: naik bus umum menempuh 2 jam perjalanan
  • Kasongan – Tumbang Samba: naik speedboat menempuh 3 jam perjalanan
  • Tumbang Samba – Tumbang Hiran : naik speedboat menempuh 4.5 jam perjalanan
  • Tumbang Hiran – Batu Panahan: naik perahu panjang menempuh 5.5 jam perjalanan
  • Batu Panahan – Puncak Bukit Raya: Berjalan kaki selama lebih dari 2 hari perjalanan
  • Tumbang Hiran – Tumbang Taei: naik perahu panjang selama setengah jam perjalanan
  • Tumbang Taei – Puncak Bukit Raya: Berjalan kaki selama lebih dari 2 hari perjalanan

Transportasi Umum di Bukit Baka Bukit Raya National Park

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya menyediakan jalanan beraspal dan jalur angkutan kayu milik HPH si sekitar kawasan taman. Sarana transportasi yang disediakan di taman nasional itu sendiri berupa kendaran roda dua, speedboat, dan perahu panjang.

Untuk menuju ke kawasan taman nasional Bukit Baka Bukit Raya National Park diperlukan perjalanan yang panjang dari Pontianak
Untuk menuju ke kawasan taman nasional Bukit Baka Bukit Raya National Park diperlukan perjalanan yang panjang dari Pontianak

Berikut biaya transportasinya:

  • Tiket DAMRI Pontianak – Nanga Pinoh PP (2x) Rp. 170.000 per orang
  • Ojek terminal – penyebrangan boat Rp 15.000 per orang
  • Carter speed boat Nanga Pinoh – Rantau Malam Rp. 3.500.000
  • Retribusi pendakian Rp. 5.000 per hari per orang
  • Upacara adat Rp. 600.000
  • Klotok Rantau Malam – Jelundung Rp. 400.000, rute pulang
  • Speed boat Jelundung – Serawai Rp. 1.500.000, rute pulang
  • Speed boat Serawai – Nang Pinoh Rp. 250.000 per orang, rute pulang

Penginapan Hotel di Bukit Baka Bukit Raya National Park

Penginapan seperti resort pun sudah tersedia disini dan nantinya akan ada petugas yang bisa membantu anda untuk menuju ke Taman Nasional ini. Biaya yang dikeluarkan untuk menuju kesini memang tidak bisa dibilang sedikit ataupun murah, yakni sekitar Rp 3,5 juta oleh sebab itu pengunjungnya pun masih terbatas pada peneliti dan Wildlife Photographer.

Untuk fasilitas secara resmi masih belum tersedia di kawasan Gunung Bukit Raya, Namun jika anda membutuhkan angkutan atau rumah untuk menginap anda bisa menyewa dari warga sekitar di kaki Gunung Bukit Raya.

Kawasan taman nasional Bukit Baka Bukit Raya National Park dihuni oleh setidaknya 817 jenis tumbuhan
Kawasan taman nasional Bukit Baka Bukit Raya National Park dihuni oleh setidaknya 817 jenis tumbuhan

Iklim di Bukit Baka Bukit Raya National Park

Kawasan ini memiliki iklim tipe A (Schmidt dan Ferguson) dengan curah hujan rata-rata 2.757 mm per tahun. Temperatur rata-rata 19.5 hingga 34.3 derajat Celsius, dengan kelambaban udara antara 0 % hingga 14 %. Keberadaan pegunungan Schwaner yang mendominasi kawasan taman nasional ini menjadikannya sebagai hutan hujan tropika pegunungan dengan kelembaban relatif tinggi yaitu 86%.

Jumlah hari hujan terbesar yaitu pada bulan Desember sebanyak 21 hari, sedangkan jumlah hari hujan terkecil yaitu dua hari terjadi pada bulan Agustus. Total hari hujan yang terjadi dalam satu tahun adalah 107 hari, dengan rata-rata jumlah hari hujan setiap bulannya adalah 9 hari.

Bahasa Daerah di Bukit Baka Bukit Raya National Park

Bahasa Indonesia, Bahasa Melayu Pontianak, Bahasa Melayu Sambas

Tempat Wisata di Bukit Baka Bukit Raya National Park

Berikut adalah beberapa tempat wisata yang ada di Bukit Baka Bukit Raya National Park :

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya adalah salah satu dari 50 taman nasional yang terdapat di Indonesia.
Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya adalah salah satu dari 50 taman nasional yang terdapat di Indonesia.

1. Bumi Perkemahan Belaban

Tempat perkemahan yang berada di wilayah Resort Belaban Ella, tepatnya di tepi sungai Belaban Km. 32, Jalan PT. Sari Bumi Kusuma (PT. SBK). Jarak dari kantor resort ke bumi perkemahan adalah sekitar 7 Km atau 15 menit berkendara roda empat.

2. Trail Wisata

Tersedia bagi Anda yang senang berpetualang, mengamati alam dan kehidupan satwa liar seperti orangutan, kelimpau, rusa, burung enggang, biawak, dan lainnya, Anda dapat menyusuri trail wisata sepanjang 25 km yang berada di Km. 37, Jalan PT. SBK.

3. Pendakian

Terdapat dua bukit yang cukup menarik dan menantang untuk pendakian, yaitu puncak Bukit Baka (1620 mdpl) dan puncak Bukit Raya (2278 mdpl). Di sepanjang jalan pendakian terdapat beberapa shelter yang dapat digunakan pengunjung sebagai tempat beristirahat.

4. Arung Jeram

Lokasi arung jeram di sungai Ella terletak di Km. 35, Jalan PT. SBK, wilayah Resort Belaban. Kegiatan arung jeram ini dapat dilaksanakan atas kerjasama pihak TN Bukit Baka Bukit Raya dan PT. SBK.

5. Air Terjun Demang Ehud

Air terjun yang merupakan patahan sungai Ella hulu, terletak di ujung trail wisata yang berjarak 25 km dari pintu masuk trail wisata di Km. 37, Jalan PT. SBK.

6. Wisata Sungai

Sungai Senamang, Sungai Sepan Apui dan Sungai Ella. Di sini Anda bisa berwisata arung jeram, sumber air panas, padang gembala rusa, pengamatan satwa, dan air terjun.

7. Wisata Budaya

suku Dayak Limbai, Ransa, Kenyilu, Ot Danum, Malahui, Kahoi dan Kahayan. Di antaranya adalah rumah betang (rumah panjang tradisional yang dihuni oleh beberapa kepala keluarga), patung-patung leluhur yang terbuat dari kayu ulin/belian, dan kerajinan tangan lainnya.

Rekomendasi Tempat Makan di Bukit Baka Bukit Raya National Park

Ada warung dan toko di sekitar rumah warga setempat yang menyediakan kebutuhan makanan dan minuman. Anda juga bisa menemukan beberapa warung dan kedai kopi di sepanjang Jalan Yos Sudarso, dan semakin dekat ke jembatan gantung, ada penjual bakmi, jus, dan hidangan pencuci mulut. Anda bisa mencicipi kerupuk basah. Makanan khas ikan yang dikukus dalam dun pisang, lalu ditaburi kerupuk udang dan saus kacang pedas.

Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya menyediakan jalanan beraspal dan jalur angkutan kayu milik HPH si sekitar kawasan taman.
Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya menyediakan jalanan beraspal dan jalur angkutan kayu milik HPH si sekitar kawasan taman.

Warung makan yang bisa Anda kunjungi di Jl. Yos Sudarso ini adalah :

  • Depot Cak Nur
  • Pondok Fajar
  • Pondok Meranti
  • Pondok Flamboyan
  • Famili di Jl. KS. Tubun

Harga makanan di tempat-tempat ini berkisar Rp. 10.000 – Rp. 20.000, dan ada yang buka 24 jam.

Kuliner khas daerah yang bisa kita dapatkan di sekitar kawasan ini adalah :

  • Masakan Asam Pedas di daerah Pontianak
  • Masakan Bubur Pedas di daerah Sambas
  • Kerupok basah, merupakan makanan khas Kapuas Hulu
  • Ale-ale, merupakan makanan khas Ketapang
  • Pansoh, yaitu masakan daging di dalam bambu khas masyarakat Dayak
  • Mie Tiau, merupakan masakan khas Tionghoa Pontianak yang terdapat di kota Pontianak
  • Nasi Ayam dan Mie Pangsit, merupakan masakan khas penduduk Tionghoa Singkawang dan sekitarnya

Tips Wisata Ke Bukit Baka Bukit Raya National Park

  • Sebelum melakukan perjalanan wisata atau pendakian gunung di Taman Nasional ini Anda sebaiknya mempersiapkan perbekalan dan peralatan yang dibutuhkan selama perjalanan sedari rumah atau dari kota besar yang bisa menyuplai kebutuhan anda.
  • Persiapkan kekuatan fisik dan mental untuk menjelajahi kawasan taman nasional ini, khususnya bila Anda hendak mendaki gunung.
  • Pelajari jalur-jalur yang akan ditempuh, kondisi medan perjalanan, dan dukungan cuaca, untuk memperlancar perjalanan Anda.
  • Segera melapor dan mengurus izin pada pos pendakian begitu Anda tiba di kawasan dan sebelum memulai penjelajahan.
  • Membawa baju hangat, topi kupluk, dan gunakan sepatu mendaki yang tahan banting menghadapi medan jalan yang sulit.
  • Tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak alam, dan tidak membawa segala seuatu dari dalam kawasan wisata ke luar kawasan tanpa izin pihak yang berwenang.

Perlu Kamu Tahu di Bukit Baka Bukit Raya National Park

Kantor Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Jl. Dr. Wahidin No. 75, Sintang

Kalimantan Barat 78611

Telepon/Fax: +62 565 23521

Email: [email protected]

Website: http://www.dephut.go.id/INFORMASI/TN%20INDO-ENGLISH/tn_bukitbaka.htm

Leave a Reply