PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Beberapa Potret Perubahan Jakarta Tempo Dulu Hingga Sekarang Dari Pagi Sampai Malam Hari

Blog

Sejarah Tempo Dulu

Sejarah Jakarta pada masa lalu sangatlah menarik untuk dikulik. Kota yang kini menjadi ibukota Indonesia ini memiliki perjalanan panjang yang penuh dengan cerita dan peristiwa bersejarah. Sebelum dikenal dengan nama Jakarta, kota ini telah mengalami pergantian nama sebanyak 10 kali. Awalnya, kota ini dikenal dengan nama Sunda Kelapa. Kemudian, nama kota ini berubah menjadi Sta Batavia, Gemeente Batavia, dan Stad Gemente Batavia. Saat diduduki oleh Jepang, nama kota ini berubah menjadi Betshu Shi dan Jakarta Toko. Setelah Indonesia meraih kemerdekaannya, nama kota ini kembali berubah menjadi Djakarta, Kota Praja Jakarta, Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya, hingga akhirnya menjadi Jakarta.

Penetapan tanggal 22 Juni sebagai hari ulang tahun DKI Jakarta merujuk pada sejarah perebutan Sunda Kelapa oleh kerajaan Demak yang dipimpin oleh Fatahillah pada tahun 1527. Pada saat itu, Fatahillah berhasil merebut kota Sunda Kelapa dari tangan Portugis dan menggantinya dengan nama Jayakarta. Seiring berjalannya waktu, Jayakarta kemudian bertransformasi menjadi Jakarta.

Pada jaman tempo dulu, Jakarta memiliki pemandangan yang sangat berbeda dengan yang kita kenal sekarang. Saat itu, belum ada gedung-gedung pencakar langit, mall mewah, rumah sakit modern, kereta api, MRT, dan jalan-jalan yang dipenuhi dengan kendaraan seperti sekarang ini. Pada masa itu, Jakarta masih terlihat sangat sederhana dengan foto-foto yang diabadikan dalam hitam putih. Pemandangan kota yang masih terlihat alami dan belum terlalu padat penduduknya menjadi daya tarik tersendiri.

Perkembangan Saat Ini

Perkembangan Jakarta saat ini sangatlah pesat. Kota ini telah menjadi pusat perekonomian Indonesia dan menjadi salah satu kota metropolitan terbesar di dunia. Di setiap sudutnya, kita dapat menemukan segala hal yang kita butuhkan. Mulai dari lingkungan perumahan, pusat perbelanjaan, balai, taman, hotel, rumah sakit, restoran, hingga objek wisata yang menarik.

BACA JUGA :  Rekomendasi Kontraktor Desain Interior Pilihan di Surabaya dan Segera Wujudkan Ruangan Impian

Kehidupan di Jakarta sangatlah sibuk. Setiap harinya, jutaan penduduknya sibuk dengan aktivitas pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Keramaian, kemacetan, dan kebisingan sudah menjadi hal yang biasa di kota ini. Namun, di balik semua itu, Jakarta juga menyimpan keindahan dan keunikan yang tak bisa diabaikan.

Salah satu daya tarik dari Jakarta adalah pemandangan dari atas. Jika kita melihat Jakarta dari ketinggian, kita akan melihat lautan gedung-gedung pencakar langit yang begitu memukau. Beberapa gedung tertinggi di Jakarta seperti Gama Tower, Wisma 46, dan Sahid Sudirman Centre menawarkan pemandangan yang spektakuler. Melihat keindahan ibukota dari atas ketinggian akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Di siang hari, Jakarta terlihat sangat ramai dengan aktivitas penduduknya. Keramaian dan kemacetan lalu lintas sudah menjadi pemandangan yang biasa di sini. Penduduk Jakarta sibuk dengan pekerjaan dan berbagai kegiatan lainnya. Banyak tempat wisata yang menjadi tujuan wisatawan maupun penduduk Jakarta untuk melepas penat. Spot-spot rekreasi seperti taman, pasar, dan mall selalu penuh dengan manusia yang ingin berlibur atau sekadar bersantai.

Namun, Jakarta bukan hanya memiliki kehidupan yang sibuk di siang hari. Kota ini juga menawarkan keindahan yang memukau di malam hari. Sebagai kota metropolitan, Jakarta dikenal sebagai kota yang tidak pernah tidur. Malam hari di Jakarta dipenuhi dengan berbagai hiburan menarik. Gedung-gedung akan dipenuhi dengan sinar dari lampu-lampu yang membuat pemandangan semakin indah. Pemandangan citylight kota yang begitu memukau ini akan semakin romantis jika dinikmati bersama pasangan dari atas gedung-gedung tinggi.

Objek Wisata

Tidak hanya sebagai pusat perekonomian Indonesia, Jakarta juga memiliki sejumlah objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi di Jakarta adalah Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan Monas. Monas merupakan salah satu ikon ibukota Indonesia yang memiliki makna sejarah yang sangat penting. Di puncak Monas, pengunjung dapat menikmati keindahan Jakarta dari ketinggian. Spot ini juga menjadi tempat yang sangat cocok untuk berburu foto atau gambar yang bagus.

BACA JUGA :  Beberapa Potret Pemandangan New York, Kota “The Big Apple” Yang Menjadi Pusat Mode Dunia

Selain Monas, Kota Tua juga merupakan objek wisata yang sangat terkenal di Jakarta. Kota Tua memiliki sejarah yang panjang dan merupakan pusat pemerintahan kolonial Belanda di masa lampau. Di kawasan Kota Tua, pengunjung dapat menemukan berbagai bangunan bersejarah, museum, dan galeri seni. Keberadaan berbagai objek wisata di Kota Tua membuatnya menjadi tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Bagi yang ingin menikmati suasana pantai, Ancol adalah tempat yang tepat. Ancol merupakan salah satu objek wisata pantai terkenal di Jakarta. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Lokasinya yang strategis membuat Ancol mudah dijangkau oleh wisatawan.

Selain itu, Jakarta juga memiliki Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang merupakan destinasi wisata yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Di TMII, pengunjung dapat melihat miniatur rumah adat dari berbagai provinsi di Indonesia. Tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau orang-orang terdekat.

Selain objek wisata di atas, masih banyak lagi objek wisata menarik lainnya yang dapat dikunjungi di Jakarta. Pesona kota ini tidak bisa dirangkum secara penuh dalam artikel ini. Untuk mengeksplorasi lebih lanjut keindahan dan keunikan Jakarta, anda bisa mengunjunginya secara langsung. Jadi, jangan ragu untuk merencanakan liburan ke Jakarta dan nikmati keindahan serta keragaman yang ditawarkannya!


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *