PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Gedung Bank Indonesia di Jakarta Pusat

Blog

Gedung Bank Indonesia di Gambir, Jakarta Pusat merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi. Gedung ini juga dikenal dengan sebutan Museum Bank Indonesia atau MBI, dan memiliki banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke sana.

Sejarah Gedung Bank Indonesia

Gedung Bank Indonesia di Gambir memiliki sejarah yang panjang dan menarik. Bangunan ini merupakan gedung Bank Indonesia tertinggi di antara gedung-gedung bank lainnya di sekitarnya seperti Bank Bukopin dan Mandiri. Meskipun sudah berumur tua, gedung ini masih terlihat kokoh dan megah.

Sebelum menjadi Museum Bank Indonesia, gedung ini merupakan pusat kegiatan perbankan dan moneter di Indonesia. Pada tahun 1997, gedung ini mengalami kebakaran yang menghebohkan publik. Banyak berita yang beredar bahwa kebakaran tersebut terkait dengan krisis moneter yang saat itu sedang terjadi. Setelah mengalami renovasi, gedung ini kembali normal dan bisa digunakan sebagai tempat wisata edukasi.

Pengalaman Berkunjung ke Gedung Bank Indonesia

Saat memasuki lorong utama Museum Bank Indonesia, pengunjung akan disuguhi dengan beberapa koleksi gambar tentang sejarah Center Bank atau Bank Sentral. Gambar-gambar tersebut menceritakan tentang penjelajah yang datang ke Indonesia seperti Marcopolo dan Laksamana Cheng Ho.

Di dalam gedung, terdapat ruangan seperti Learning Center yang memungkinkan pengunjung untuk belajar dengan detail tentang sejarah, fungsi, dan tugas Bank Sentral. Arsitektur gedung ini terlihat kuno karena sang arsitek berasal dari masa penjajahan zaman dulu. Namun, gedung ini sudah beberapa kali mengalami renovasi sehingga tetap terlihat kokoh meskipun sudah berumur tua.

BACA JUGA :  Ke Sidoarjo, Jangan Lupa Icip Icip Bebek Sinjay Ya!

Terdapat juga cerita-cerita misteri yang ada di gedung ini. Beberapa pengunjung mengaku pernah merasakan kejadian-kejadian mistis saat berkunjung ke Museum Bank Indonesia. Namun, hal tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya.

Di dalam gedung juga terdapat AC sehingga pengunjung dapat merasakan kesejukan meskipun diluar terasa panas dan terik oleh sinar matahari. Uniknya, di gedung ini juga terdapat sebuah heritage yang bisa disewa untuk acara keluarga seperti pernikahan. Harga sewa gedung ini tergantung dengan kepentingan yang akan digunakan.

Rute Menuju Gedung Bank Indonesia

Alamat lengkap Gedung Bank Indonesia ini berada di Jalan Budi Kemuliaan II RT.2 RW.3, Gambir, Jakarta Pusat 10110. Terdapat banyak pilihan transportasi yang dapat digunakan untuk menuju ke gedung ini. Kamu bisa menggunakan KRL, Bus Transjakarta, atau ojek online.

Jika kamu menggunakan bus umum, dari Pasar Tanah Abang kamu bisa naik bus Mayasari Bakti ke arah Tanjung Priok. Setelah itu, turun di Jalan Kebon Sirih yang ada di samping gedung atau bisa juga di Jalan M.H Thamrin di depan gedung. Untuk rute yang lebih jelas, kamu bisa menggunakan peta online seperti Google Maps atau Waze.

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga bisa dengan mudah menemukan rute menuju Gedung Bank Indonesia. Namun, pastikan kamu memiliki pengetahuan tentang arah dan lokasi agar tidak tersesat.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke Museum Bank Indonesia sangat terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 per orangnya. Harga tiket yang terjangkau ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, terutama saat musim sekolah tiba. Banyak sekali keluarga dan rombongan sekolah yang datang untuk mengunjungi museum ini.

BACA JUGA :  Uniknya Spot Foto Bertemakan Es Krim di Pink Ice Cream Cirebon

Dengan harga tiket yang terjangkau, pengunjung bisa menikmati pengalaman berwisata sekaligus belajar tentang sejarah dan peran Bank Indonesia sebagai bank sentral di Indonesia.

Kesimpulan

Gedung Bank Indonesia di Gambir, Jakarta Pusat adalah salah satu tempat wisata edukasi yang menarik untuk dikunjungi. Gedung ini juga dikenal dengan sebutan Museum Bank Indonesia atau MBI. Saat berkunjung ke sana, pengunjung akan disuguhi dengan berbagai koleksi gambar dan ruangan belajar yang mengungkap sejarah dan peran Bank Indonesia.

Rute menuju gedung ini juga cukup mudah dijangkau dengan berbagai pilihan transportasi. Harga tiket masuk yang terjangkau membuat Museum Bank Indonesia menjadi destinasi wisata yang populer, terutama saat musim sekolah tiba.

Jadi, jika kamu sedang mencari tempat wisata edukasi di Jakarta, jangan lupa untuk mengunjungi Gedung Bank Indonesia di Gambir. Selain bisa belajar tentang sejarah dan peran Bank Indonesia, kamu juga bisa menikmati pengalaman berwisata yang menarik di tempat ini.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *