PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Pura Dalem Agung Padangtegal

Blog

Lokasi Pura Dalem Agung Padangtegal

Pura Dalem Agung Padangtegal adalah salah satu kawasan Pura yang menjadi tujuan wisata di Bali. Pura ini terletak di Jalan Nyuh Kuning, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571. Pura Dalem Agung Padangtegal merupakan pura utama dalam kompleks Pura Sacred Monkey Forest Sanctuary, yang juga dikenal sebagai Ubud Monkey Forest.

Pura Dalem Agung Padangtegal memiliki lokasi yang strategis di bagian baratdaya Bali. Kawasan ini juga termasuk dalam area Ubud Monkey Forest atau yang sering disebut dengan Mandala Wisata Wenara Wana. Pura Dalem Agung Padangtegal didedikasikan untuk menyembah sang dewa Hyang Widhi sebagai perwujudan dari Dewa Shiva, yang merupakan dewa pengubah dalam agama Hindu Bali.

Kompleks Pura Dalem Agung Padangtegal ini telah berdiri sejak tahun 1350 dan memiliki peran penting sebagai tempat ibadah bagi penduduk lokal. Pada saat itu, kerajaan di Bali sedang dikuasai oleh Dinasti Pejeng atau awal Dinasti Gelgel. Sejarah pura ini dapat ditemukan dalam buku suci dan bersejarah, Pura Purana. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Hindu Bali, Anda dapat mencari informasi lebih lanjut di situs wiki pedia.

Hutan Monyet Ubud

Pura Dalem Agung Padangtegal terletak di dalam kawasan hutan monyet Ubud atau Mandala Wisata Wenara Wana. Selain sebagai tempat ibadah, kawasan ini juga menjadi objek wisata yang populer di Bali. Kawasan ini telah menjadi cagar alam untuk melindungi habitat sekitar 340 ekor spesies monyet ekor panjang (Macaca fascicularis).

BACA JUGA :  15 Pilihan Hotel Terbaik di Tegal yang Strategis dan Harga Terjangkau Mulai Rp.271.000

Di dalam kawasan hutan wisata seluas 27 hektar ini, terdapat empat kelompok monyet yang menempati area berbeda. Selain itu, kawasan ini juga memiliki berbagai macam jenis pohon, dengan kurang lebih 115 pohon dari varietas yang berbeda. Hutan ini juga sering digunakan sebagai tempat penyucian dan pelaksanaan acara ritual, terutama upacara kremasi.

Kompleks candi yang terletak di Desa Padangtegal ini diawasi langsung oleh pejabat desa yang berwenang dan dikelola oleh Yayasan Wenara Wana. Hal ini menjadikan kawasan ini tetap suci dan murni, serta menjadi tujuan wisata yang sangat sakral bagi pengunjung. Selain itu, di kawasan ini juga sering diadakan berbagai macam atraksi dan pertunjukan seni setiap bulannya.

Kesucian Pura Dalem Agung Padangtegal

Pura Dalem Agung Padangtegal adalah salah satu pura yang paling sakral di Ubud Monkey Forest. Pura ini juga dikenal sebagai hutan sakral, karena di sini terdapat tempat pemujaan Dewa Shiva. Pura ini memiliki pola arsitektur dan ornamen kuno yang khas.

Salah satu daya tarik utama pura ini adalah adanya patung komodo yang terletak di dalam kompleks candi. Di bawah patung komodo ini terdapat mata air suci yang konon dapat menyembuhkan segala macam penyakit jika diminum. Pura Dalem Agung Padangtegal juga memiliki bangunan asli yang masih dipertahankan, termasuk area Ancak Saji yang sering digunakan untuk pertunjukan seni tari.

Selain Pura Dalem Agung Padangtegal, masih terdapat pura lain yang menjadi tujuan wisata di Ubud, seperti Puri Agung Ubud Krisnakusuma. Puri ini merupakan pusat pemerintahan di Ubud pada zaman kerajaan kuno, serta pusat kegiatan seni dan budaya. Puri Ubud masih mempertahankan bangunan aslinya dan sering digunakan untuk pertunjukan seni tari serta latihan gamelan.

BACA JUGA :  10 Rekomendasi Penyedia Jasa Service iPhone di Jakarta Barat Yang Bisa Kamu Jadikan Pilihan

Lokasi Strategis di Ubud

Ubud, Bali adalah daerah yang terkenal dengan keindahan alamnya. Terletak di antara sawah, hutan, dan pegunungan, Ubud menawarkan pemandangan alam yang eksotis. Selain itu, Ubud juga terkenal dengan kekayaan seni dan budayanya.

Pura Dalem Agung Padangtegal terletak di daerah yang sangat kental dengan budaya Bali lokal dan keasrian alamnya masih terjaga dengan baik. Selain mengunjungi Pura Dalem Agung Padangtegal, Anda juga dapat mengunjungi beberapa tempat wisata lain di Ubud.

Salah satu tempat wisata yang dapat dikunjungi adalah Museum Rudana. Museum ini menyimpan berbagai koleksi seni yang mengagumkan, termasuk seni lukis dan patung. Selain itu, terdapat juga Rudana Fine Art Gallery yang menampilkan karya seni dari seniman lokal maupun internasional.

Di Ubud juga terdapat Museum Puri Lukisan yang merupakan museum seni tertua di Bali. Museum ini menampilkan berbagai karya seni lukis dan patung klasik Bali. Anda juga dapat mengunjungi Puri Agung Ubud, sebuah tempat wisata religi lainnya yang memiliki arsitektur yang megah.

Bagi Anda yang mencari pengalaman yang lebih menantang, Anda dapat mencoba arung jeram di Sungai Tukad Ayung. Sungai ini terkenal sebagai tempat yang ideal untuk olahraga air seperti arung jeram dan kayak. Selama berada di sungai, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan yang indah.

Selain itu, di Ubud juga terdapat pasar seni Sukawati dan pasar seni Ubud. Di pasar-pasar ini, Anda dapat membeli berbagai macam oleh-oleh khas Bali seperti souvenir, kerajinan tangan, pakaian, dan tas.

Ubud adalah tempat yang sempurna untuk menggali kekayaan budaya dan alam Bali. Dengan mengunjungi Pura Dalem Agung Padangtegal dan tempat-tempat wisata lainnya di Ubud, Anda dapat merasakan keindahan dan kesakralan yang dimiliki oleh pulau dewata ini.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *