PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Rute Akses Ke Penangkaran Rusa Cariu Bogor Naik Motor, Bisakah?

Blog

Lokasi Penangkaran Rusa Cariu

Rute Menuju Lokasi

Penangkaran Rusa Cariu terletak di Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Bogor, Jawa Barat. Lokasinya yang strategis membuat tempat ini mudah dijangkau oleh wisatawan. Untuk mencapai lokasi penangkaran ini, terdapat beberapa rute yang dapat dipilih.

Dari Bogor, Anda dapat menggunakan mobil atau motor pribadi dengan mengambil jalur Cibubur – Mekarsari – Jonggol – Tamansari – Cariu. Jarak perjalanan dari Bogor menuju penangkaran ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam tergantung dengan kondisi lalu lintas.

Bagi pengunjung yang menggunakan tol, dapat mengambil exit di tol Ciawi dan melanjutkan perjalanan melalui PuncakCianjur – Cariu. Rute ini membutuhkan waktu yang lebih lama, namun memberikan pemandangan yang indah selama perjalanan.

Selain itu, bagi yang berada di Depok atau Bekasi, dapat langsung menuju ke Jonggol atau menggunakan bantuan aplikasi peta seperti Google Maps untuk mencari rute terbaik. Sedangkan untuk pengunjung yang berada di sekitar kawasan empang Bogor, perjalanan dapat melalui BNR dan kemudian menuju Tajur hingga tiba di jalur Puncak.

Keindahan Alam Penangkaran Rusa Cariu

Penangkaran Rusa Cariu memiliki daya tarik utama berupa keindahan alam yang asri, indah, sejuk, dan tenang. Saat masuk ke dalam penangkaran, Anda akan melewati jalan setapak yang dikelilingi oleh pepohonan rindang, dengan latar belakang suara aliran sungai yang mengalir di bawahnya. Spot ini sering digunakan pengunjung untuk berfoto karena keindahannya yang memukau.

BACA JUGA :  Ingin Membuat Jajanan Khas Bali? Belanja Bahannya di 10 Toko Ini

Selain itu, tempat ini juga menawarkan pengalaman berinteraksi langsung dengan rusa. Anda dapat memberi makan rusa dengan membeli makanan seperti ubi wortel dan sayur langsung di lokasi. Meskipun sebagian besar rusa di penangkaran ini sudah sangat jinak dan bersahabat dengan manusia, tetap perlu berhati-hati dan mengikuti peraturan yang ada.

Terdapat berbagai jenis rusa yang dapat ditemui di penangkaran ini, mulai dari rusa sambar, tutul/totol, timor, hingga Bawean. Banyaknya rusa ini diambil langsung dari Pulau Jawa – Bali. Selain itu, pengunjung juga akan melewati lorong panjang dan jembatan gantung berbahan bambu dengan panjang sekitar 25 meter sebelum masuk ke padang rumput. Anda juga dapat menikmati pemandangan alam yang mempesona sepanjang perjalanan.

Sejarah Penangkaran Rusa Cariu

Penangkaran Rusa Cariu, juga dikenal dengan nama Penangkaran Giri Jaya, telah berdiri sejak tahun 1993. Awalnya, penangkaran ini didirikan sebagai area penelitian oleh Perum Perhutani Unit III. Namun, pada tahun 2003, penangkaran ini diberi izin untuk tujuan wisata umum.

Penangkaran Rusa Cariu berada dalam kawasan RPH Cariu, BKPH Jonggol, dan KPH Bogor. Tempat ini memiliki luas sekitar 8,4 hektar dan masih berada dalam kawasan Gunung Sanggabuana. Dalam perjalanannya, penangkaran ini telah menjadi salah satu destinasi wisata populer di Bogor.

Fasilitas di Penangkaran Rusa Cariu

Penangkaran Rusa Cariu telah menyediakan fasilitas yang lengkap bagi pengunjung. Beberapa fasilitas yang tersedia di antaranya adalah area parkir, toilet, mushola, warung-warung, arena camping, taman bermain keluarga, outbound, dan lainnya. Dengan adanya fasilitas ini, pengunjung dapat lebih nyaman saat berkunjung ke penangkaran ini.

BACA JUGA :  Lokasi Wisata Pantai Banyutowo di Wonogiri Yang Bikin Takjub Dengan Keindahan Panoramanya!

Namun, perlu diingat bahwa beberapa fasilitas seperti area parkir masih terbilang belum tertata dengan baik. Terdapat laporan dan video yang menunjukkan bahwa area parkir di penangkaran ini masih berupa tanah, sehingga saat musim hujan tiba, pengunjung harus berhati-hati agar tidak tergelincir atau terkena genangan air.

Selain itu, penangkaran ini juga menyediakan kegiatan outbound dan fasilitas untuk berkemah. Groundcamp di penangkaran Cariu dapat menampung hingga 200-250 orang, sehingga cocok untuk kegiatan keluarga atau rombongan.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk masuk ke dalam kawasan penangkaran ini, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk dan parkir. Harga tiket masuk ke penangkaran ini adalah Rp. 10.000 per orang. Namun, harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu, jadi disarankan untuk menghubungi kontak yang tersedia untuk informasi lebih lanjut.

Jam operasional penangkaran ini dimulai dari pukul 07.00 pagi hingga pukul 16.00 sore. Pengunjung dapat datang pada jam-jam tersebut untuk menikmati berdekatan dengan rusa dan menikmati keindahan alam sekitar.

Tips Berkunjung ke Penangkaran Rusa Cariu

– Jangan menggunakan sendal jepit saat berkunjung ke penangkaran ini, karena medan di sekitar penangkaran cukup terjal dan berbatu. Sebaiknya menggunakan alas kaki yang lebih nyaman dan aman.
– Bawalah bekal secukupnya untuk mengisi perut selama perjalanan menuju penangkaran ini. Anda dapat makan di tempat yang sejuk seperti tepi Sungai Cibeet atau mencari tempat makan khas Sunda di Saung Bagus.
– Perhatikan jam kedatangan Anda. Untuk melihat rusa di Penangkaran Rusa Cariu, sebaiknya datang pada pukul 07.00 pagi atau pukul 10.00 pagi. Jika tidak memungkinkan, Anda juga dapat datang pada pukul 15.00 atau pukul 17.00, karena rusa biasanya keluar untuk mencari makan pada jam-jam tersebut.
– Gunakan kendaraan pribadi untuk perjalanan menuju penangkaran ini. Transportasi umum terasa sulit dan memakan waktu yang lama untuk mencapai lokasi.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *