PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Pantai Carita Terletak di Provinsi Banten Yang Katanya Surga Kecil Kabupaten Pandeglang

Blog

Lokasi Pantai Carita

Pantai Carita terletak di Kecamatan Carita, Sukarame, Kabupaten Pandeglang, Banten. Pantai ini memiliki akses yang mudah dijangkau melalui Jalan Raya Anyer Carita yang terhubung langsung dengan Tol Jakarta-Merak. Bagi wisatawan yang berasal dari Jakarta, jalur menuju Pantai Carita dapat ditempuh melalui tol Merak – SerangPandeglang – Labuan – Pantai Carita. Alternatif lainnya adalah melalui jalur JakartaSerang – Palima – Batukuwung – Pantai Carita atau JakartaSerangCilegonAnyer – Pantai Carita. Sedangkan bagi wisatawan yang berasal dari Bandung, dapat menggunakan tol Purbaleunyi – Jalan Pantura – Tol Merak – Jalan Akses Tol Cilegon Barat – Jalan Nasional III – Pantai Carita. Untuk wisatawan yang berasal dari Bogor, dapat menggunakan jalur non-tol melalui Jalan Raya Dramaga – Jalan Raya Leuwiliang – Jalan Nasional 11 – Jalan Raya Jasinga Koleang – Ciseungil – Pasir Nangka – Cikendi – Jalan Nasional 11 – Jalan Rangkasbitung – Jalan Raya Jiput Caringin – Jalan Nasional III – Pantai Carita.

Sejarah Mitos Pantai Carita

Pantai Carita memiliki sejarah yang kaya dan terdapat beberapa mitos yang melekat pada tempat ini. Sebelum dibuka untuk umum, Pantai Carita merupakan kawasan hutan lindung dengan luas sekitar 95 hektar. Di dalam kawasan ini terdapat berbagai macam flora dan fauna yang membuatnya menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Menurut mitos yang beredar, Pantai Carita terkesan angker dan memiliki keanehan-keanehan yang masih muncul hingga saat ini. Pada zaman dulu, tepatnya sekitar tahun 1809 hingga 1810, Pantai Carita merupakan tempat para tentara Belanda melakukan penyiksaan terhadap pribumi. Penyiksaan yang dilakukan sangat kejam dan sadis, sehingga meninggalkan kesan yang tidak manusiawi.

Pada tahun 1883, keangkeran Pantai Carita semakin bertambah karena letusan gunung Krakatau yang hebat. Kejadian tersebut berdampak pada negara-negara lain dan membuat Pantai Carita semakin terkenal dengan kesan angker. Villa-villa yang ada di pantai ini juga dikatakan angker, meskipun telah mengalami renovasi untuk menghilangkan kesan tersebut. Beberapa pengunjung bahkan mengaku pernah diganggu oleh makhluk tak kasat mata di villa tersebut.

Namun, seiring berjalannya waktu, kesan angker yang melekat pada Pantai Carita mulai berganti dengan pujian atas keindahannya. Pantai ini memiliki panorama yang indah dengan pasir putih yang bersih dan lembut. Keindahan alam Pantai Carita semakin menarik minat para wisatawan untuk mengunjunginya, meskipun masih ada beberapa orang yang tetap menganggapnya angker.

Fasilitas dan Aktivitas di Pantai Carita

Pantai Carita memiliki berbagai fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan wisatawan. Di pantai ini terdapat kamar mandi, tempat perbelanjaan, warung makan, dan penginapan yang dapat digunakan oleh pengunjung. Selain itu, terdapat juga toko oleh-oleh yang menjual berbagai souvenir khas Pantai Carita seperti kaos, baju ala pantai, aksesoris berbahan dasar kulit kerang, dan lain-lain.

Aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Carita sangat beragam. Wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dengan berjalan-jalan di sepanjang garis pantai yang terhampar dengan pasir putih bersih dan lembut. Suara ombak yang berpadu dengan angin sepoi membuat suasana menjadi lebih menenangkan. Ombak di Pantai Carita tergolong bersahabat, sehingga wisatawan dapat berenang atau berlarian di tepi pantai dengan aman.

BACA JUGA :  10 Pilihan Tempat Wisata Belanja di Wilayah Batam Yang Wajib Disinggahi dan Terkenal Murah

Bagi para penggemar olahraga air, Pantai Carita juga menyediakan berbagai aktivitas seperti jet ski, banana boat, surfing, diving, dan snorkeling. Wisatawan dapat menyewa alat snorkeling dengan harga terjangkau untuk menikmati keindahan bawah laut. Di bawah air yang jernih, wisatawan dapat melihat berbagai biota laut yang indah. Selain itu, wisatawan juga dapat berfoto di kedalaman air dengan bantuan kamera tahan air.

Bagi wisatawan yang ingin menjelajahi area sekitar Pantai Carita, terdapat juga aktivitas lain seperti bermain layang-layang, voli pantai, dan berkeliling menggunakan All Terrain Vehicle (ATV). Pengunjung juga dapat menghabiskan waktu dengan melakukan piknik, membaca buku, atau sekedar bersantai di pantai sambil menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah.

Harga Tiket Masuk dan Penginapan di Pantai Carita

Harga tiket masuk Pantai Carita bervariasi tergantung dari jenis kendaraan yang digunakan. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua, tiket masuknya hanya sebesar Rp. 20.000. Sementara itu, untuk kendaraan roda empat, tiket masuknya sebesar Rp. 150.000. Bagi pengunjung yang menggunakan mini bus, tiket masuknya sebesar Rp. 600.000, sedangkan untuk bus besar, tiket masuknya sebesar Rp. 650.000.

Pantai Carita juga menyediakan berbagai jenis penginapan yang dapat dipilih oleh wisatawan. Terdapat penginapan kelas melati, wisma, hotel, cottage, resort, dan kondominium. Jenis kamar tidur yang tersedia juga bermacam-macam, mulai dari kamar untuk traveler single, double bed, hingga family room. Penginapan di Pantai Carita umumnya dikelola oleh masyarakat setempat, sehingga harganya cukup terjangkau.

Beberapa penginapan yang direkomendasikan di Pantai Carita antara lain Rakata Hotel, Archipelago Beach Carita, dan Kondominium Lippo Carita Selatan. Selain itu, terdapat juga paket tour Beach Carita 2023 yang dapat menghemat pengeluaran dengan harga terjangkau. Paket tour ini biasanya sudah termasuk biaya transportasi, tiket masuk, makanan, dan penginapan.

BACA JUGA :  Ini Dia 10 Dokter Kulit Terbaik di Ponorogo dan Sekitarnya, Simak Daftar Rekomendasi Dibawah Ini

Pantai Karangsari dan Pantai Lombok Carita

Selain Pantai Carita, terdapat juga pantai lain yang dapat dikunjungi di sekitar kawasan ini. Salah satunya adalah Pantai Karangsari yang terletak hanya beberapa menit dari Pantai Carita. Pantai Karangsari memiliki pasir putih yang halus, tanpa batu karang yang memecah deburan ombak. Pantai ini mampu menampung sekitar 100 bus dan 200 kendaraan roda dua atau empat. Pantai Karangsari sangat cocok dijadikan lokasi untuk gathering perusahaan atau acara keluarga besar.

Selain Pantai Karangsari, terdapat juga Pantai Lombok Carita yang masih berada dalam satu kawasan dengan Pantai Carita. Pantai Lombok Carita memiliki pasir putih yang bersih, harga tiket masuk yang terjangkau, dan akses yang mudah. Pantai ini masih sepi pengunjung sehingga cocok bagi wisatawan yang menyukai ketenangan. Liburan di Pantai Lombok Carita akan terasa seperti bermain di pantai pribadi.

Pantai Carita merupakan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Keindahan pantainya yang mempesona, fasilitas yang memadai, dan berbagai aktivitas yang dapat dilakukan membuat Pantai Carita menjadi tempat yang cocok untuk berlibur bersama keluarga atau teman-teman. Dengan akses yang mudah dari Jakarta dan kawasan sekitarnya, Pantai Carita dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *