PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

15 Referensi Makanan Khas Daerah Solo Yang Rasanya Gurih Ini Bikin Kamu Tak Ingin Berpaling

Blog

1. Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah salah satu kuliner khas Solo yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kuliner ini memiliki citarasa yang sangat istimewa dan unik. Nasi Liwet terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan dan dibumbui dengan rempah-rempah seperti daun salam, serai, dan lengkuas. Selain itu, nasi liwet juga dihidangkan dengan lauk-pauk seperti labu siam, suwiran ayam, dan sareh.

Nasi Liwet memiliki keunikannya sendiri karena cara memasaknya yang menggunakan panci tanah liat. Panci tanah liat tersebut memberikan aroma dan rasa yang khas pada nasi liwet. Selain itu, nasi liwet juga memiliki tekstur yang lembut dan kenyal.

Salah satu tempat yang terkenal dengan nasi liwetnya adalah Nasi Liwet Wongso Lemu. Tempat ini terletak di Jln.Teuku Umar, Keprabon, Surakarta. Nasi liwet yang disajikan di sini memiliki citarasa yang sangat autentik dan menggugah selera. Harga nasi liwet di Nasi Liwet Wongso Lemu juga sangat terjangkau, hanya sekitar Rp.5.000-Rp.8.000 saja.

2. Selat Solo

Selat Solo adalah salah satu kuliner khas Solo yang terkenal dengan rasa lezatnya. Makanan ini merupakan hasil adopsi dari kuliner Eropa yang sudah menjadi favorit di kalangan masyarakat Solo. Selat Solo terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan kuah manis encer dan disajikan dengan aneka macam sayuran segar.

Selat Solo memiliki rasa yang sangat lezat dan menggugah selera. Daging sapi yang dimasak dengan kuah manis encer memberikan rasa yang khas pada makanan ini. Selain itu, aneka macam sayuran segar yang disajikan di dalamnya juga menambah kesegaran dan kelezatan Selat Solo.

Warung Selat Mbak Lies adalah salah satu tempat yang terkenal dengan Selat Solo-nya. Warung ini terletak di Jln.Veteran Gg.II, No.42, Solo, Jawa Tengah. Meskipun tempatnya tersembunyi, namun rasa Selat Solo di warung ini sangat enak dan harganya pun terjangkau, hanya sekitar Rp.16.000/porsi.

BACA JUGA :  Ini Dia Rekomendasi Dokter Spesialis THT di Wonosobo dan Sekitarnya Yang Biayanya Murah

3. Serabi

Serabi adalah salah satu makanan ringan khas Solo yang sangat populer di kalangan masyarakat. Makanan ini terbuat dari adonan tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan. Serabi memiliki tekstur yang kenyal dan lembut, serta memiliki rasa yang manis dan gurih.

Serabi dapat disajikan sebagai menu pembuka atau sajian penutup. Banyak orang di Solo yang menyantap serabi pada berbagai waktu, baik pagi, siang, maupun malam hari. Serabi Notosuman adalah salah satu tempat yang terkenal dengan serabinya. Tempat ini terletak di Jln.M.Yamin No.28, Jayengan, Surakarta,Jateng. Harga serabi di Serabi Notosuman hanya sekitar Rp.1.800/buah.

4. Timlo

Timlo adalah salah satu makanan khas Solo yang sudah sangat terkenal. Makanan ini terbuat dari suwiran daging ayam, telur, dan sosis yang dimasak dengan kuah yang gurih dan lezat. Timlo biasanya disajikan dengan nasi putih hangat.

Timlo Solo Sastro adalah salah satu tempat yang terkenal dengan timlonya. Tempat ini terletak di Jln.Kapten Mulyadi No.08, Sudiroprajan, Jebres, Surakarta. Harga seporsi timlo di tempat ini dibanderol mulai dari 7-18 ribu, tergantung pada jenis paket yang dipilih.

5. Sate Buntel

Sate Buntel adalah salah satu kuliner khas Solo yang sangat terkenal. Makanan ini terbuat dari daging kambing cacah yang dibungkus dengan lapisan lemak dan kemudian dibakar. Sate Buntel memiliki rasa yang enak dan aromanya yang menggugah selera.

Sate Buntel Mbok Galak adalah salah satu tempat yang terkenal dengan sate buntelnya. Tempat ini terletak di Jln.Ki Mangun Sarkoro No.112, Sumber, Banjarsari, Surakarta. Harga seporsi sate buntel di tempat ini hanya sekitar Rp.35.000.

6. Tengkleng

Tengkleng adalah salah satu makanan khas Solo yang sangat lezat. Makanan ini terbuat dari daging kambing yang dimasak dengan bumbu khusus. Tengkleng memiliki rasa yang gurih dan aromanya yang menggugah selera.

BACA JUGA :  10 Rekomendasi Jasa Sedot WC Harga Murah di Daerah Tambun, Tarif Mulai 200 Ribuan Saja

Tengkleng Bu Edi adalah salah satu tempat yang terkenal dengan tengklengnya. Tempat ini terletak di Pasar Klewer, Kauman, Surakarta. Harga seporsi tengkleng di tempat ini hanya sekitar Rp.25.000.

7. Brambang Asem

Brambang Asem adalah salah satu makanan khas Solo yang unik. Makanan ini terbuat dari daun ubi jalar yang direbus dan memiliki rasa yang pedas namun aromanya tetap menggoda. Brambang Asem paling enak disajikan dengan tempe gembus dan secangkir minuman segar.

Warung Yu Sum adalah salah satu tempat yang terkenal dengan Brambang Asem-nya. Warung ini terletak di Pasar Gede Hardjonagoro, Jln.Jend.Urip Sumoharjo, Jebres, Surakarta. Harga seporsi Brambang Asem di warung ini hanya sekitar Rp.3.000.

8. Amplang

Amplang adalah salah satu makanan ringan khas Solo yang sangat enak. Makanan ini terbuat dari olahan ikan tenggiri, tepung kanji, dan bahan lainnya yang digoreng. Amplang memiliki tekstur yang renyah dan gurih.

Amplang merupakan oleh-oleh khas Solo yang dapat dibeli di pusat oleh-oleh atau melalui toko online. Harga amplang berkisar mulai dari Rp.5.000-Rp.50.000 per bungkus, tergantung pada rasanya.

9. Cabuk Rambak

Cabuk Rambak adalah salah satu makanan khas Solo yang unik dan menarik. Makanan ini terbuat dari irisan ketupat yang disiram dengan saus wijen dan ditambahkan kerupuk karak. Cabuk Rambak memiliki rasa yang gurih dan nikmat.

Warung Yu Temu adalah salah satu tempat yang terkenal dengan Cabuk Rambak-nya. Warung ini terletak di Jln.Mentri Supeno, Manahan, Banjarsari, Surakarta. Harga Cabuk Rambak di warung ini berkisar antara Rp.2.000-Rp.5.000.

10. Ledre

Ledre adalah salah satu makanan khas Solo yang sangat lezat. Makanan ini terbuat dari ketan mentah yang dipanggang di atas wajan, kemudian ditambahkan santan dan topping pisang. Ledre memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

Ledre dapat ditemukan di Jln.Sentono atau Samanhudi di Laweyan, Solo. Harga Ledre hanya sekitar Rp.2.500 per porsi.

BACA JUGA :  10 Daftar Pilihan Makanan Khas di Daerah Pemalang Yang Enak, Lezat dan Nikmatnya Menggugah Selera

11. Sate Kere

Sate Kere adalah salah satu makanan khas Solo yang unik dan lezat. Makanan ini terbuat dari jeroan sapi atau tempe gambus. Sate Kere lahir karena pada zaman dulu harga daging sapi cukup mahal bagi kalangan menengah kebawah, sehingga muncul ide untuk membuat sate berbahan dasar jeroan sapi atau tempe gambus.

Sate Kere Yu Rebi adalah salah satu tempat yang terkenal dengan Sate Kere-nya. Tempat ini terletak di Jln.Kebangkitan Nasional Kios No.1-2, Taman Sriwedari. Harga Sate Kere di tempat ini hanya sekitar Rp.35.000.

12. Walangan

Walangan adalah salah satu oleh-oleh khas Solo yang sangat enak. Makanan ini terbuat dari singkong parut yang digoreng bersama gula merah. Walangan memiliki rasa yang gurih dan kenyal.

Walangan dapat ditemukan di sejumlah toko oleh-oleh di kecamatan Sumberwalang. Harga Walangan berkisar antara Rp.6.000 per bungkus dan Rp.14.000 per kilogram.

13. Intip Mini

Intip Mini adalah salah satu makanan khas Solo yang unik. Makanan ini terbuat dari kerak nasi dan berasal dari daerah Sragen. Intip Mini memiliki rasa yang enak dan renyah.

Intip Mini dapat ditemukan di Dukuh Kedongdowo, Ds.Hadiluwih, Kec.Sumberlawang, Sragen. Harga Intip Mini hanya sekitar Rp.2.500.

14. Mie Gajah Mas

Mie Gajah Mas adalah salah satu makanan khas Solo yang baru namun sudah sangat populer. Makanan ini memiliki warna hijau dan terdiri dari berbagai varian rasa.

Restoran di jln.Suryopranoto No.01, di depan pasar Gede adalah tempat yang terkenal dengan Mie Gajah Mas-nya. Harga Mie Gajah Mas berkisar antara Rp.10.000-Rp.15.000.

15. Kue Lapis Mandarin

Kue Lapis Mandarin adalah salah satu oleh-oleh khas Solo yang sangat enak. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis berkat selipan selain nanas.

Toko Orion di jalan Jenderal Urip Sumoharjo No.80, Purwodiningratan, Jebres, Solo adalah tempat yang terkenal dengan Kue Lapis Mandarin-nya. Harga Kue Lapis Mandarin berkisar antara Rp.75.000-Rp.180.000.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *