PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Menikmati Keunikan Kampung Naga Tasikmalaya

Blog

Lokasi Kampung Naga

Kampung Naga terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Lokasinya bisa diakses dengan mudah melalui jalan raya yang menghubungkan antara kota Garut dan kota Tasikmalaya. Dari pusat kota Tasikmalaya, perjalanan menuju Kampung Naga membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam dengan jarak sekitar 30 kilometer. Perkampungan ini berada di sebuah lembah seluas 1,5 hektar yang terletak di wilayah perbukitan. Sebagian besar wilayahnya digunakan sebagai lahan perumahan, pekarangan, dan persawahan penduduk.

Adat dan Kearifan Lokal

Meski berada tak jauh dari pusat kota Tasikmalaya, masyarakat Kampung Naga tetap menjaga adat dan kearifan lokal yang diwariskan oleh para leluhur mereka. Mereka sangat memegang teguh nilai-nilai adat dan budaya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah dalam membangun tempat tinggal. Di Kampung Naga, tidak akan ditemukan bangunan rumah yang menggunakan batu-bata, keramik, atau marmer. Semua rumah di sini dibangun agak tinggi sekitar satu meter di atas tanah, dengan dinding papan dan atap anyaman daun kelapa. Arah rumah juga harus menghadap utara dan tidak boleh ada daun pintu sejajar. Meskipun terkesan aneh bagi kita, hal ini menjadi salah satu keunikan dari Kampung Naga.

Tujuan Destinasi Wisata

Kampung Naga sebenarnya bukanlah obyek wisata yang secara resmi dijadikan tempat tujuan wisata. Namun, pada hari-hari libur, banyak wisatawan yang mengunjungi kampung ini untuk mengetahui lebih dekat mengenai adat dan budaya yang masih kental di sini. Banyak pula yang datang untuk melihat ritual-ritual yang dilakukan oleh para penduduk kampung. Meskipun demikian, masyarakat Kampung Naga selalu menolak jika kampung mereka disebut sebagai lokasi wisata. Mereka tidak ingin adat dan budaya di kampung mereka menjadi tercemar. Oleh karena itu, para pengunjung diharapkan menghormati dan mengikuti aturan yang berlaku di kampung ini.

BACA JUGA :  10 Rekomendasi Tempat Makan Enak di Margonda Bisa Untuk Keluarga Yang Wajib Disinggahi

Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju Kampung Naga, terdapat beberapa rute yang dapat ditempuh tergantung dari mana Anda berasal. Apabila Anda datang dari Jakarta, Anda dapat memulai perjalanan dari tol Jakarta menuju Cikampek. Kemudian dari gerbang tol Cileunyi, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah Garut melalui Nagreg. Dari Garut, Anda tinggal melanjutkan perjalanan ke arah Cilawu dan akan sampai di lokasi Kampung Naga. Sedangkan apabila Anda datang dari Bandung, Anda dapat melalui jalur Cileunyi-Rancaekek-Garut melalui Nagreg. Setelah itu, Anda tinggal melanjutkan perjalanan ke arah Cilawu dan akan tiba di Kampung Naga.

Harga Tiket Masuk

Karena Kampung Naga bukanlah lokasi wisata yang resmi, saat ini tidak ada tiket masuk yang harus dibeli untuk mengunjungi kampung ini. Namun, sebagai bentuk kontribusi kepada penduduk setempat, Anda dapat membeli oleh-oleh berupa cindera mata khas Kampung Naga.

Tips Berkunjung

Sebelum berkunjung ke Kampung Naga, ada beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan. Pertama, disarankan untuk menggunakan jasa guide atau pemandu. Pilihlah pemandu yang merupakan orang asli Kampung Naga agar Anda dapat menghindari pelanggaran adat atau budaya yang berlaku di kampung ini. Jika Anda berencana untuk bermalam di kampung ini, sebaiknya Anda sudah meminta izin dari penduduk setempat jauh-jauh hari sebelumnya. Selama bermalam, Anda harus menjaga kesopanan dan tidak melanggar aturan yang berlaku. Terakhir, jangan lupa untuk mengisi daya ponsel Anda sebelum berkunjung ke kampung ini karena belum terdapat jaringan listrik di kampung ini.

Dengan segala keunikan adat dan budaya serta kearifan lokal yang masih dijaga dengan baik oleh masyarakat Kampung Naga, tidak heran jika kampung ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan yang ingin melihat sisi lain dari Indonesia. Kampung Naga bukan hanya sekadar tempat wisata biasa, tetapi juga merupakan tempat yang sarat akan nilai-nilai sejarah dan kearifan lokal yang patut dijaga dan dilestarikan.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *