PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Keunikan Kampung Pulo

Blog

Lokasi: Desa Cijakar, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44119

Desa Adat

Desa Adat Kampung Pulo Garut adalah sebuah kawasan wisata yang unik di Jawa Barat. Meskipun masih jarang dikunjungi oleh wisatawan dari luar Jawa Barat, namun kawasan ini memiliki daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang tertarik dengan kebudayaan dan kegiatan penelitian. Terletak di Desa Cijakar, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, kawasan ini memiliki keunikan dengan letak geografisnya yang menarik. Kampung Pulo Garut terletak di tengah danau, sehingga mirip dengan sebuah pulau. Namun, berbeda dengan pulau-pulau di tengah laut, untuk mencapai kampung ini, pengunjung harus menaiki rakit.

Rute Menuju Lokasi

Untuk mencapai Kampung Pulo Garut, pengunjung harus menggunakan transportasi yang tidak biasa. Pertama-tama, pengunjung harus menuju kecamatan Leles, tepatnya di desa Cijakar, Kabupaten Garut. Dari sana, pengunjung harus menaiki rakit selama sekitar 15 menit untuk sampai ke pulau Panjang, di mana Kampung Pulo Garut terletak. Jarak tempuh dari daratan kecil pulau Panjang ini hanya sekitar 200 meter. Meskipun perjalanan menuju kampung ini mungkin tidak biasa, namun pemandangan sepanjang perjalanan sangat indah, terutama pemandangan situ Cangkuang dan Gunung Guntur yang masih tampak meskipun dari kejauhan.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke kawasan Kampung Pulo Garut, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000 per orang. Selain itu, pengunjung juga harus membayar biaya sebesar Rp. 10.000 per orang untuk naik rakit dari pangkalan menuju pulau Panjang. Meskipun biaya masuk dan biaya naik rakit tersebut tidak begitu besar, namun pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang unik dan menarik selama berada di kawasan ini.

BACA JUGA :  4 Layanan Travel Bukittinggi Ke Padang Dengan Tarif Mulai 35 Ribuan

Keunikan Kearifan Lokal

Kampung Pulo Garut memiliki berbagai keunikan dalam hal kearifan lokalnya. Terletak di tengah danau, kampung ini memiliki cerita sejarah yang menarik. Kampung Pulo Garut memiliki adat istiadat, budaya, dan bangunan peninggalan lama yang menjadi daya tarik bagi pengunjung. Jumlah rumah adat di kampung ini selalu tetap, yaitu enam keluarga. Jika ada penduduk yang sudah dewasa dan menikah, mereka harus keluar dari pulau dan bermukim di wilayah lain. Sehingga, penduduk asli pulau tinggal di sekitar Situ Cangkuang.

Di kampung ini juga terdapat sebuah mesjid yang menjadi tempat ibadah bagi penduduk setempat. Keunikan lainnya adalah adanya candi Cangkuang, sebuah peninggalan Hindu yang berada di tengah situ Cangkuang. Candi ini menjadi salah satu daya tarik utama kampung ini. Selain itu, di candi ini juga terdapat makam Embah Dalem Arif Muhammad, yang merupakan pendiri dan leluhur masyarakat Kampung Pulo Garut. Akulturasi antara agama Hindu dan Islam telah terjadi di kampung ini sejak lama, dan hal ini tercermin dalam adat istiadat dan kearifan lokal yang unik.

Dalam menjaga kearifan lokalnya, kampung ini memiliki beberapa ketentuan yang berlaku hanya di kampung Pulo Garut. Misalnya, penduduk tidak boleh melakukan ziarah di hari Rabu dan tidak boleh memukul gong besar. Jika ada pelanggaran terhadap ketentuan tersebut, dipercaya bahwa malapetaka akan muncul di kampung tersebut. Selain itu, berziarah di kampung Pulo ini juga harus memenuhi syarat-syarat tertentu, seperti membawa barang-barang seperti baraan api, kemenyan, minyak wangi, dan cerutu yang bertujuan untuk mendekatkan diri pada leluhur.

Kegiatan Menarik

Ketika berkunjung ke Kampung Pulo Garut, ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan oleh pengunjung. Selain belajar tentang sejarah dan kearifan lokal kampung ini, pengunjung juga bisa mengabadikan momen indah melalui foto-foto. Pulau Panjang, tempat tumbuhnya Kampung Pulo Garut, juga merupakan tempat yang mempesona untuk diabadikan dalam foto. Terutama saat matahari terbit dan tenggelam, jika cuaca sedang cerah, pengunjung bisa mendapatkan pemandangan yang sangat indah.

BACA JUGA :  Jawatan Benculuk Cluring

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati suasana pulau dan menyusuri jalan di bawah pohon-pohon besar yang rindang dan sejuk. Meskipun kampung ini terletak di dekat ibu kota, namun suasana di kampung ini masih terjaga dengan baik dan cukup sepi. Hal ini membuat pengunjung bisa mendapatkan waktu berkualitas dan rileks setelah kesibukan sehari-hari. Selain itu, pengunjung juga bisa berinteraksi dengan penduduk setempat dan mempelajari lebih lanjut tentang kebudayaan dan kehidupan di kampung ini.

Ketika berkunjung ke kampung ini, pengunjung juga bisa membeli souvenir khas Kampung Pulo Garut atau mencoba makanan khas yang dijual oleh pedagang lokal. Terutama saat baru memasuki pulau Panjang dan di dekat lokasi candi Cangkuang, terdapat banyak pedagang yang menjual souvenir dan makanan. Pengunjung bisa memilih souvenir yang diinginkan atau sekedar melihat-lihat untuk mengabadikan kenangan selama berada di kampung ini.

Kesimpulan

Kampung Pulo Garut adalah sebuah kawasan wisata yang unik di Jawa Barat. Terletak di tengah danau, kampung ini memiliki keunikan tersendiri yang menarik bagi pengunjung. Pengunjung harus menaiki rakit untuk mencapai kampung ini, namun perjalanan yang tidak biasa ini akan memberikan pengalaman yang berbeda. Harga tiket masuk ke kawasan ini juga terjangkau, sehingga semua orang dapat menikmati keindahan dan keunikan kampung ini.

Kampung Pulo Garut juga memiliki kearifan lokal yang unik. Dalam menjaga kearifan lokalnya, kampung ini memiliki ketentuan-ketentuan yang berlaku hanya di kampung ini. Pengunjung bisa belajar tentang sejarah dan kearifan lokal kampung ini, serta mengikuti berbagai kegiatan menarik yang disediakan. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam dan suasana yang tenang di kampung ini.

BACA JUGA :  Merapi Park: Taman Tematik Dengan Puluhan Replika Landmark Paling Terkenal di Dunia

Dengan segala keunikan dan keindahannya, Kampung Pulo Garut layak untuk dikunjungi dan dieksplorasi. Pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang berbeda dan dapat mempelajari lebih lanjut tentang kebudayaan dan kehidupan di kampung ini. Jadi, jika Anda mencari destinasi wisata yang unik dan menarik di Jawa Barat, jangan lewatkan untuk mengunjungi Kampung Pulo Garut.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *