PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Mancing di Situ Cibeureum

Blog

Lokasi dan Luas Danau Situ Cibeureum

Situ Cibeureum merupakan sebuah danau alami yang terletak di Desa Lambang Sari dan Lambang Jaya, Kecamatan Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Lokasi danau ini dapat dijangkau dengan mudah karena berada di jalur utama menuju Bekasi Trade Center. Situ Cibeureum memiliki luas awal sekitar 38 hektar, namun seiring berjalannya waktu dan pembangunan perumahan di sekitarnya, luas danau ini menyusut menjadi hanya 2 hektar. Meskipun demikian, danau ini tetap menjadi salah satu tempat wisata yang menarik di Bekasi.

Dalam hal ini, luas danau bukanlah satu-satunya daya tarik dari Situ Cibeureum. Keunikan danau ini terletak pada bentuknya yang cekung dan terbentuk secara alami. Lekukan ini terjadi akibat kikisan air hujan di tanah yang memiliki karakteristik liat dan mampu menahan air. Tanah yang cekung ini membentuk sebuah danau yang menarik untuk dikunjungi.

Legenda Danau Situ Cibeureum

Salah satu hal menarik yang melekat pada Situ Cibeureum adalah adanya legenda siluman buaya putih. Menurut cerita misteri yang berkembang di masyarakat sekitar, danau ini dihuni oleh siluman buaya putih yang tinggal di kerajaan makhluk halus di dasar danau. Beberapa pekerja yang pernah membangun perumahan di sekitar danau juga mengaku pernah melihat penampakan buaya putih tersebut.

Tidak hanya itu, terdapat juga cerita mistik tentang penemuan mayat di danau ini. Beberapa tahun yang lalu, seorang mayat ditemukan di danau Situ Cibeureum. Keberadaan cerita-cerita mistik ini membuat Situ Cibeureum semakin menarik bagi pengunjung yang penasaran dengan hal-hal gaib dan misterius.

BACA JUGA :  10 Alamat Service iPhone di Jombang dan Sekitarnya Beserta Nomor Telepon Yang Bisa Dihubungi

Aktivitas dan Fasilitas di Situ Cibeureum

Meskipun luas danau yang sempit, Situ Cibeureum masih menawarkan berbagai aktivitas yang menyenangkan bagi pengunjung. Salah satu aktivitas yang paling populer adalah memancing. Di dalam danau terdapat berbagai jenis ikan air tawar seperti ikan keting, ikan tawes, ikan gabus, dan ikan mujair. Pengunjung yang ingin memancing di danau ini disarankan untuk membawa alat pancing sendiri.

Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam di sekitar danau dengan berjalan-jalan atau bersepeda. Situ Cibeureum sering menjadi tempat favorit bagi pegowes, komunitas pecinta sepeda, yang ingin beristirahat di bawah pohon di pinggir danau. Tanah merah di sekitar danau juga menjadi lintasan menarik bagi para pengayuh sepeda.

Fasilitas yang disediakan di Situ Cibeureum juga cukup lengkap. Terdapat saung-saung bambu yang bisa digunakan untuk beristirahat, warung makan untuk mencicipi kuliner khas daerah, tempat parkir yang luas, kios souvenir untuk oleh-oleh, dan toilet untuk kenyamanan pengunjung.

Transportasi dan Penginapan Terdekat

Untuk mencapai Situ Cibeureum, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Bagi pengunjung yang memilih menggunakan angkot, dapat menggunakan angkot Koasi 38 yang beroperasi dari Bekasi Trade Center dan turun di Jembatan Legenda. Dari Jembatan Legenda, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menggunakan ojek menuju Situ Cibeureum.

Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, dapat mencari lokasi Situ Cibeureum di Google Map dan mengikuti petunjuk arah yang disediakan. Lokasi danau ini mudah dijangkau dan tidak sulit untuk ditemukan.

Selama mengunjungi Situ Cibeureum, terdapat beberapa penginapan terdekat yang dapat dipilih oleh pengunjung. Beberapa hotel yang terletak di sekitar Bekasi antara lain Grand Cikarang Hotel, Grand Zuri Jababeka Hotel, dan GrandKemang Hotel di kawasan Kemang. Pilihan penginapan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget pengunjung.

BACA JUGA :  Ini Dia Foto Foto Keren Kebun Begonia Lembang

Wisata Terdekat dari Situ Cibeureum

Jika Anda mengunjungi Situ Cibeureum dan ingin menghabiskan waktu lebih lama di Bekasi, terdapat beberapa tempat wisata terdekat yang dapat dikunjungi. Salah satunya adalah Gedung Juang di Kawasan Tambun Selatan. Gedung Juang merupakan tempat yang sarat akan nilai sejarah dan memiliki nilai historis yang tinggi.

Selain itu, terdapat juga beberapa wisata lain yang dapat dikunjungi di sekitar Bekasi. Pengunjung dapat menjelajahi keindahan alam di Kebun Raya Bogor, menjelajahi wisata sejarah di Museum Nasional, atau mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah yang merupakan miniatur Indonesia lengkap dengan budaya dan tradisi dari berbagai daerah.

Oleh-Oleh Khas Bekasi

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi Bekasi tanpa membawa oleh-oleh khas daerah ini. Ada beberapa oleh-oleh khas dari Bekasi yang dapat Anda bawa pulang, seperti kue duit, kue sagon, dan rengginang. Kue duit adalah oleh-oleh yang terkenal di Bekasi karena bentuknya yang menyerupai uang koin. Kue ini terbuat dari tepung, gula, dan telur, dan memiliki rasa yang sangat renyah dan manis.

Selain kue duit, kue sagon juga merupakan oleh-oleh khas dari Bekasi yang sangat populer. Kue sagon terbuat dari tepung beras dan memiliki berbagai bentuk seperti lingkaran, oval, dan kotak. Rasanya yang nikmat dan gurih menjadi alasan utama mengapa kue sagon diminati sebagai oleh-oleh.

Rengginang juga menjadi oleh-oleh khas Bekasi yang tidak boleh dilewatkan. Rengginang merupakan camilan yang terbuat dari beras dengan tekstur yang renyah dan rasa yang gurih. Camilan ini banyak diproduksi oleh UKM di Bekasi dan menjadi salah satu camilan favorit masyarakat setempat.

Dengan berbagai aktivitas, keindahan alam, dan keunikan yang dimiliki, Situ Cibeureum menjadi destinasi wisata yang menarik di Bekasi. Pengunjung dapat menikmati suasana danau yang alami, beraktivitas di sekitar danau, dan membawa pulang oleh-oleh khas Bekasi. Jika Anda berencana mengunjungi Bekasi, jangan lupa untuk mampir ke Situ Cibeureum dan menikmati pesona alamnya.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *