PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

5 Referensi Danau di Daerah Purwakarta Ini Selalu Bisa Menarik Perhatian Wisatawan Domestik Maupun Mancanegara

Blog

1. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur adalah salah satu obyek wisata danau yang terkenal di Purwakarta, Jawa Barat. Terletak di Desa Kutamanah, Sukasari, Jatiluhur, waduk ini memiliki jarak sekitar 9 km dari pusat kota. Awalnya, waduk ini dibangun untuk budi daya ikan, pembangkit listrik, sumber air minum, dan irigasi masyarakat sekitar. Namun, karena potensi wisata yang dimilikinya, pemerintah setempat memutuskan untuk menambahkan fasilitas yang menarik bagi wisatawan.

Waduk Jatiluhur memiliki luas yang cukup besar dan dikelilingi oleh pemandangan yang indah. Salah satu daya tarik utama dari waduk ini adalah perahu yang dapat digunakan untuk mengelilingi danau. Selain itu, terdapat juga fasilitas ski air, area rekreasi, tempat perkemahan, dan area memancing. Hal ini menjadikan waduk Jatiluhur sebagai tempat yang cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.

Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu di sekitar Waduk Jatiluhur, terdapat beberapa hotel dan vila terdekat yang dapat dijadikan tempat menginap. Dengan fasilitas yang lengkap dan pemandangan yang indah, Waduk Jatiluhur merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

2. Situ Wanayasa

Situ Wanayasa merupakan salah satu danau terkenal di Purwakarta yang memiliki daya tarik yang tak kalah menarik. Berjarak sekitar 23 km dari pusat kota, danau ini memiliki ukuran seluas 7 ha dan sering dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Keindahan alam yang ditawarkan oleh Situ Wanayasa membuatnya menjadi salah satu obyek wisata yang populer di kalangan para traveler.

BACA JUGA :  13 Rental Mobil Sintang KalBar, Harga Sewa Murah 400K

Salah satu daya tarik utama dari Situ Wanayasa adalah pemandangan yang tenang dan damai. Dikelilingi oleh pepohonan hijau, danau ini menawarkan suasana yang menenangkan dan udara yang sejuk. Wisatawan dapat menikmati beberapa permainan air seperti sepeda air dan bebek kayuh yang tersedia di situ. Fasilitas yang lengkap dan pemandangan yang indah menjadikan Situ Wanayasa sebagai tempat yang ideal untuk melepaskan penat dan bersantai.

3. Waduk Cirata

Waduk Cirata merupakan salah satu obyek wisata danau yang wajib dikunjungi ketika berada di Purwakarta. Terletak di Plere, Purwakarta, danau buatan ini memiliki jarak sekitar 15 km dari pusat kota. Selain memiliki harga tiket masuk yang terjangkau, Waduk Cirata juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap.

Salah satu hal menarik tentang Waduk Cirata adalah keberadaannya sebagai sumber air bagi tiga kabupaten, yaitu Bandung, Cianjur, dan tentunya Purwakarta. Pemandangan di sekitar danau ini sangat tenang dan damai, membuatnya menjadi tempat yang cocok untuk bersantai. Terdapat juga beberapa restoran di dekat danau yang menyajikan berbagai hidangan lezat, sehingga wisatawan dapat menikmati makanan sambil menikmati pemandangan yang tenang.

4. Situ Buleud

Situ Buleud merupakan obyek wisata danau berikutnya yang patut dikunjungi di Purwakarta. Terletak di Nagri Kaler, Kidul, danau ini memiliki daya tarik yang unik. Nama “Buleud” diambil dari bahasa Sunda yang berarti “bulat”, mengacu pada bentuk danau yang bulat.

Konon katanya, danau ini dulunya tempat mandi para badak ketika masih menjadi hutan belantara. Pada masa penjajahan kolonial Belanda, kawasan ini dijadikan sebagai tempat peristirahatan. Saat ini, Situ Buleud telah dikembangkan menjadi obyek wisata dengan fasilitas yang lengkap. Wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas di danau ini, seperti olahraga air, memancing, atau sekadar melepas penat.

BACA JUGA :  Daftar Wisata Pantai di Wilayah Gresik Yang Paling Bagus Lagi Hits dan Apakah Ada Pasir Putih?

5. Danau Biru Situ Cilembang

Danau Biru Situ Cilembang merupakan salah satu obyek wisata danau yang mempunyai keunikan tersendiri. Terletak di Desa Hariang, Buahdua, Sumedang, Jawa Barat, danau ini memiliki warna air yang biru terang. Suasana danau ini masih sangat alami dan bersih, karena mendapatkan pengawasan yang lebih dari pemerintah pengelola setempat.

Kawasan indah seperti ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai referensi tempat wisata berikutnya. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam danau sambil menikmati udara segar. Danau ini juga merupakan tempat yang ideal bagi para pecinta fotografi, karena pemandangannya yang indah dan warna air yang mencolok.

Dalam kesimpulan, Purwakarta memiliki banyak obyek wisata danau yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari Waduk Jatiluhur yang menyajikan fasilitas lengkap, Situ Wanayasa yang menawarkan suasana tenang dan damai, Waduk Cirata yang menjadi sumber air bagi tiga kabupaten, Situ Buleud yang memiliki sejarah menarik, hingga Danau Biru Situ Cilembang yang memiliki keunikan tersendiri. Dengan keindahan alam dan fasilitas yang disediakan, tidak heran jika obyek wisata danau ini selalu menjadi incaran wisatawan domestik maupun mancanegara.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *