PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

5 Daftar Pilihan Danau Yang Mempunyai Keindahan Serta Fakta Unik di Daerah Nusa Tenggara Barat

Blog

1. Danau Satonda

Danau Satonda terletak di Pekat, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Danau ini memiliki luas sekitar 2.5 km2 dan memiliki cerita sejarah yang menarik. Danau Satonda terbentuk akibat letusan gunung vulkanik yang terjadi di dekatnya, yaitu Gunung Tambora.

Letusan yang dahsyat tersebut menyebabkan terbentuknya danau ini. Namun, ada beberapa hal unik yang belum dapat dipastikan kebenarannya. Salah satunya adalah air danau yang seharusnya tawar, namun air di Danau Satonda memiliki kadar garam yang dua kali lebih asin dibandingkan air laut. Hal ini membuat tubuh manusia tetap mengapung di dalam danau, sehingga bagi mereka yang tidak bisa berenang, hal ini sangat menguntungkan.

Selain itu, Danau Satonda juga memiliki keunikan lainnya. Anda akan melihat banyak batu-batu yang digantungkan di ranting pohon di sekitar danau. Konon, batu-batu tersebut melambangkan doa dan harapan agar cepat terkabulkan. Keindahan dan keunikan Danau Satonda membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Nusa Tenggara Barat.

2. Waduk Pengga

Waduk Pengga terletak di Desa Pelambik, Gunung Rinjani, Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Waduk ini memiliki luas sekitar 3.585 hektar, dengan 3.065 hektar sebagai area pengembangan dan 520 hektar sebagai area sawah.

Waduk Pengga awalnya dibangun untuk mengendalikan banjir, memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar, dan budidaya ikan. Namun, waduk ini juga menjadi objek wisata yang menarik. Di sekitar waduk terdapat deretan bukit-bukit kecil dan pepohonan yang hijau, menciptakan pemandangan yang indah.

BACA JUGA :  Beberapa Daftar Lokasi Pantai di Sekitar Wilayah Bangkalan Madura Yang Cantik dan Keren

Di Waduk Pengga juga terdapat area pemancingan ikan, sehingga cocok untuk bersantai bersama keluarga di sore hari. Waduk ini adalah tempat yang tepat untuk menikmati keindahan alam dan menikmati kegiatan memancing.

3. Bendungan Batujai

Bendungan Batujai terletak di Desa Batujai, Paraya Barat, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bendungan ini memiliki luas mencapai 550 km2 dan memiliki fungsi yang sama seperti bendungan-bendungan lainnya, yaitu irigasi, pengendali banjir, dan penyedia air minum.

Namun, seiring berjalannya waktu, Bendungan Batujai mulai menarik perhatian wisatawan. Saat ini, bendungan ini telah dijadikan tempat wisata dengan dilengkapi fasilitas seperti area memancing. Setiap tahun, jumlah pengunjung Bendungan Batujai terus meningkat.

4. Bendungan Pandan Duri

Bendungan Pandan Duri terletak di Desa Suangi, Kecamatan Sakra, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Awalnya, bendungan ini dibangun untuk keperluan irigasi, sumber air minum, dan budidaya ikan sebagai mata pencaharian masyarakat sekitar.

Namun, keindahan dan ketenangan Bendungan Pandan Duri, terutama saat matahari terbenam, menarik perhatian warga dan wisatawan. Hal ini membuat bendungan ini juga menjadi objek wisata yang populer di Nusa Tenggara Barat.

5. Bendungan Bintang Bano

Bendungan Bintang Bano adalah proyek bendungan terbaru yang terletak di Desa Bangkat Monteh, Brang Rea, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Bendungan ini masih dalam tahap finalisasi dan direncanakan akan selesai pada tahun 2024.

Bendungan Bintang Bano juga akan dijadikan kawasan wisata dengan penambahan beberapa fasilitas untuk menarik wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Rencana ini diharapkan dapat meningkatkan pariwisata di Nusa Tenggara Barat.

BACA JUGA :  10 Daftar Pilihan Cafe Paling Hemat Daerah Jakarta Pusat Cocok Dikunjungi Saat Akhir Bulan!

Itulah beberapa obyek wisata danau di Nusa Tenggara Barat yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Dengan keunikan dan pesona masing-masing, destinasi wisata danau di Nusa Tenggara Barat ini patut untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi dan menikmati keindahan danau-danau tersebut ketika berada di Nusa Tenggara Barat!


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *