PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

Situ Cisanti, Danau Indah Yang Alami di Tanah Priangan

Blog

Daya Tarik Situ Cisanti

Situ Cisanti merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Kampung Pejaten, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Destinasi wisata ini memiliki pemandangan yang indah dan menawan. Meskipun tidak sepopuler Situ Patenggang atau Cileunca, Situ Cisanti semakin terkenal dan semakin dikenal setelah Presiden Jokowi mengunjungi tempat ini pada tahun 2018.

Situ Cisanti memiliki luas sekitar 5 hektar dan terletak di area seluas 7 hektar. Danau ini dikelilingi oleh beberapa gunung, seperti Gunung Wayang, Gunung Malabar, Gunung Bedil, dan Gunung Rakutak. Keberadaan gunung-gunung ini membuat Situ Cisanti memiliki pemandangan yang menakjubkan. Selain itu, situ ini juga berada di ketinggian 1.500 – 3.000 meter di atas permukaan laut, yang membuatnya memiliki udara yang sejuk dan segar. Saat berkunjung ke Situ Cisanti, disarankan untuk membawa jaket dan pakaian hangat terutama saat musim hujan.

Tidak hanya keindahan alamnya, Situ Cisanti juga memiliki daya tarik lainnya. Salah satunya adalah air dari danau ini merupakan sumber atau hulu Sungai Citarum. Meskipun kondisi Sungai Citarum saat ini sangat kotor dan memprihatinkan, air di Situ Cisanti tetap bersih dan jernih. Hal ini menjadikan Situ Cisanti sebagai tempat yang strategis untuk menjaga kelestarian lingkungan dan memperbaiki kondisi Sungai Citarum.

Selain itu, Situ Cisanti juga memiliki sejarah dan mitos yang menarik. Di area Situ Cisanti terdapat petilasan Dipati Ukur, seorang wedana para bupati Priangan pada abad ke-17. Dipati Ukur juga terkenal karena memimpin penyerangan Belanda di Batavia. Karena jasa-jasanya, petilasan dan mata air yang ada di Situ Cisanti dianggap sebagai tempat yang sakral dan dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Ada juga yang menyebut petilasan ini dengan sebutan Sasakala dalam Bahasa Sunda. Untuk mengunjungi mata air tersebut, pengunjung harus mendapatkan izin dari kuncen atau penjaga petilasan.

BACA JUGA :  10 Rekomendasi Toko Besi di Wilayah Kudus Yang Cocok Untuk Memenuhi Aneka Bahan Kontruksi

Keindahan Situ Cisanti Yang Tak Boleh Dilewatkan

Selain keindahan alamnya, Situ Cisanti juga menawarkan berbagai spot foto yang menarik. Pengunjung dapat mengambil gambar atau video untuk diunggah di media sosial seperti Instagram atau YouTube. Pemandangan danau yang jernih dipadukan dengan pepohonan hijau yang rimbun menciptakan latar belakang yang sempurna untuk foto-foto yang indah.

Di Situ Cisanti juga terdapat spot foto buatan pengelola. Salah satunya adalah tulisan “Kilometer Citarum” yang sering dijadikan latar belakang untuk foto. Terdapat juga spot terbaru dengan tulisan “I Love U” besar yang siap digunakan untuk berfoto. Selain itu, ada dermaga kecil di tepi danau yang dapat digunakan sebagai latar belakang foto dengan danau dan pepohonan.

Fasilitas di Situ Cisanti juga tidak kalah penting. Ada mushola, warung makan, dan lahan parkir yang luas. Toilet yang bersih juga disediakan untuk kenyamanan pengunjung. Di sekitar Situ Cisanti juga terdapat penginapan berupa hotel, namun pengunjung juga dapat bermalam dengan mendirikan tenda di tepi danau. Menyalakan api unggun dan mendengarkan lagu-lagu asyik sembari menikmati keindahan alam sekitar akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Untuk mencapai Situ Cisanti, terdapat beberapa rute yang dapat dipilih. Jika berasal dari Majalaya, Ciwidey, atau daerah lainnya, pengunjung dapat menggunakan jalur via Ciparay yang sudah diaspal. Arahkan kendaraan menuju jalan Terusan Buah Batu menuju Bojongsoang, lalu lurus hingga mencapai jalan Laswi Ciparay. Dari sana, terus lurus hingga mencapai Terminal Ciparay. Dari Terminal Ciparay, belok kanan menuju jalan Lembur Awi – Ciparay dan terus lurus hingga mencapai Jalan Raya Pacet. Ikuti jalan ini hingga melewati Pasar Cibeureum, maka lokasi Situ Cisanti tidak akan jauh lagi. Jika menggunakan peta dari Google Maps, arahkan lokasi ke Terminal Ciparay saja agar diarahkan ke jalan yang lebih baik dan dapat dilalui oleh kendaraan.

BACA JUGA :  Tertarik Mengadopsi Kucing Ras? Berikut Beberapa Rekomendasi Cattery Terbaik di Wilayah Depok

Situ Cisanti adalah destinasi wisata alam yang mempesona di Jawa Barat. Keindahan alamnya, keberadaan petilasan bersejarah, dan fasilitas yang lengkap membuat Situ Cisanti menjadi tempat yang ideal untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman. Jika Anda mencari tempat yang tenang dan indah untuk melepas penat dari kehidupan sehari-hari, Situ Cisanti adalah pilihan yang tepat.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *