PERGIMULU.COM

Mau Pergi Liburan Kemana? Cari info di pergimulu.com saja!

20 Tempat Wisata di Lamongan Terindah

Blog

Destinasi Wisata di Lamongan yang Perlu Diketahui

1. Desa Sendang Duwur

Desa Sendang Duwur merupakan salah satu destinasi wisata di Lamongan yang patut dikunjungi. Terletak di Paciran, Kabupaten Lamongan, provinsi Jawa Timur, desa ini menawarkan keindahan alam yang masih asri dan karakteristik yang masih melekat mengenai kearifan lokalnya. Desa ini juga memiliki berbagai tradisi dan budaya tradisional nenek moyang yang masih sangat dijaga. Selain itu, di desa ini juga terdapat pusat kerajinan batik tulis, perhiasan emas, dan perak. Desa Sendang Duwur juga memiliki keunikan karena berada di ketinggian 72 meter, sehingga wisatawan bisa menikmati pemandangan indah dari atas bukit ke arah laut Jawa.

2. Pantai Kutang

Pantai Kutang merupakan destinasi wisata yang terletak di Dukuh Kentong, Desa Labuhan, Kecamatan Brondong, Brengkok Jatim. Pantai ini masih tergolong baru di Lamongan, namun namanya sudah cukup membuat orang penasaran. Pantai Kutang menawarkan keindahan pantai dengan pasir putih yang indah. Selain itu, di pantai ini juga terdapat hutan mangrove yang luas. Wisatawan juga bisa menikmati kegiatan bermain di ayunan yang terdapat di pepohonan, atau bersantai di dahan pohon sambil menikmati kesejukan udara pantai.

3. Waduk Gondang

Waduk Gondang merupakan lokasi wisata favorit di kota Lamongan. Selain sebagai tempat rekreasi, waduk ini juga berfungsi sebagai penampungan air untuk ribuan hektar sawah di sekitarnya. Di area waduk ini, wisatawan dapat menikmati berbagai kegiatan seperti bermain di taman bermain anak-anak, berkemah, atau mengunjungi kebun binatang mini. Wisatawan juga dapat menggunakan perahu nelayan untuk mengelilingi luasnya waduk Gondang ini.

BACA JUGA :  10 Daftar Alamat Toko HP iPhone Terlengkap di Semarang Untuk Referensimu Area Citraland Paragon?

4. Bendungan Babat

Bendungan Babat merupakan bendungan raksasa yang dibangun di atas aliran sungai Bengawan Solo. Selain berfungsi sebagai pengendali banjir dan pemasok air untuk daerah Rawa Jabung dan sudetan Bengawan, bendungan ini juga menjadi destinasi wisata yang menarik bagi para warga. Lokasi ini sering digunakan untuk jogging karena udaranya yang segar pada pagi dan sore hari.

5. Goa Maharani

Goa Maharani merupakan destinasi wisata yang unik karena tidak hanya menyuguhkan wisata goa, tetapi juga kebun binatang. Saat memasuki goa ini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan stalaktit dan stalakmit yang memancarkan sinar warna-warni yang sangat mempesona. Di dalam goa juga terdengar aneka musik yang sengaja diputar untuk menemani para wisatawan.

6. Monumen Van Der Wijck Lamongan

Monumen Van Der Wijck Lamongan dibangun untuk memperingati tenggelamnya kapal Van Der Wijck. Kapal Van Der Wijck merupakan kapal uap milik KPM yang merupakan asal mula Pelayaran Nasional Indonesia. Bangunan ini dibuat pada masa pemerintahan Hindia-Belanda.

7. Makam Sunan Drajat

Makam Sunan Drajat merupakan makam dari salah satu dari Walisongo yang berjasa dalam menyebarkan Islam di pulau Jawa, khususnya di kabupaten Lamongan dan sekitarnya. Makam ini memerlukan waktu dua jam perjalanan dari pusat kota Lamongan. Situs makam ini sudah mengalami pemugaran sejak 1992 hingga tahun 1994 dan masih terus ramai dikunjungi oleh wisatawan yang ingin berziarah.

8. Museum Sunan Drajat Lamongan

Museum Sunan Drajat Lamongan dibangun untuk melestarikan dan menghormati jasa dari Sunan Drajat. Di museum ini, pengunjung dapat melihat berbagai barang peninggalan Sunan Drajat seperti buku, lontar, gamelan, bambu, bedug, baju besi, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA :  3 Gerai Bakso Boedjangan Yang Bisa Kamu Kunjungi di Bali

9. Pantai Kodok

Pantai Kodok memiliki keunikan karena dominasi adanya tebing karang serta batuan cadas yang menyerupai kodok, sehingga pantai ini diberi nama Pantai Kodok. Di pantai ini, setiap tahun sering dijadikan lokasi berkumpulnya para ahli rukyah untuk menentukan waktu puasa dan hari raya.

10. Pantai Brondong

Selain sebagai wisata pantai, Pantai Brondong juga menjadi tempat pelelangan ikan dengan harga yang lebih murah. Di pinggir pantai, masih banyak kapal tradisional yang bersandar. Pantai ini terletak sekitar 47 km dari pusat kota Lamongan.

11. Mazola

Mazola merupakan singkatan dari Maharani Zoo Lamongan. Tempat ini merupakan kebun binatang yang terletak di Goa Maharani. Selain kebun binatang, Mazola juga menawarkan berbagai galeri satwa, stone gallery, gajah tunggang, Inca Lost Tample, dan aneka wahana edukatif lainnya.

12. Gunung Pegat

Gunung Pegat merupakan perbukitan kapur yang memanjang dan terletak di Desa Girik, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan. Mitosnya, bagi sepasang kekasih yang melintasi gunung ini, hubungannya tidak akan berjalan lancar. Meski begitu, lokasi ini tetap ramai dikunjungi oleh pengunjung yang ingin berfoto karena pemandangannya yang menarik.

13. Makam Dewi Sekardadu

Makam Dewi Sekardadu terletak di Gondang Lor, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Dewi Sekardadu adalah ibu dari Sunan Giri dan juga yang melatarbelakangi Kota Lamongan. Makam ini tidak terlalu jauh dari Waduk Gondang, sehingga mudah untuk ditemukan.

14. Sendang Brumbun

Sendang Brumbun atau kolam pemandian air panas Brumbun adalah tempat wisata yang terkenal karena khasiatnya yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Kolamnya tidak terlalu besar, hanya sekitar 5×10 meter dan terbagi menjadi dua bagian. Konon, sendang ini berasal dari tongkat Sunan Drajat yang menancapkan ke tanah kapur di sekitar sendang. Sendang ini telah ada sejak Zaman Wali Sunan Drajat dan airnya tidak pernah habis serta tetap tawar dan bersih.

15. Masjid Sendang Duwur

Masjid Sendang Duwur merupakan masjid tertua di Lamongan. Masjid ini menjadi bukti perjuangan Sunan Sendang Duwur di Lamongan dan Tuban. Konon, masjid ini sebelumnya berada di Mantingan dan oleh Sunan Sendang Duwur dipindahkan ke bukit Amitunon dalam waktu semalam.

BACA JUGA :  10 Rekomendasi Taman Wisata di Daerah Tangerang Yang Asyik Buat Nongkrong dan Memanjakan Mata

16. Alun-Alun Kota Lamongan

Alun-Alun Kota Lamongan merupakan tempat yang nyaman untuk bersantai. Selain area bersantai, alun-alun ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum seperti area smoking dan taman bermain. Pada sore hingga malam hari, sering ada pertunjukan musik yang membuat pengunjung semakin betah.

17. Wisata Bahari Lamongan

Wisata Bahari Lamongan merupakan destinasi wisata yang paling ikonik di Lamongan dan Jawa Timur. Tempat ini menawarkan taman bermain dengan berbagai wahana permainan menarik serta wisata bahari yang menjadi daya tarik utamanya. Pintu masuknya berupa patung kepiting raksasa dengan capitnya yang terbuka. Beberapa wahana favorit di sini antara lain istana bawah laut, goa insectarium, space shuttle, anjungan Wali Songo, Texas City, dan masih banyak lagi.

18. Wego Lamongan

Wego Lamongan merupakan tempat wisata edukasi yang masih sangat baru di Lamongan. Tempat ini menawarkan berbagai wahana permainan outbond dan juga konsep liburan edukatif ilmu pengetahuan dan sains. Di sini, terdapat aneka tanaman dan tumbuhan hutan hujan tropis, serta lokasi bumi perkemahan dan kolam renang bergaya Eropa.

19. Sukodadi Carnival

Sukodadi Carnival merupakan destinasi wisata yang tergolong baru di Lamongan. Tempat ini menawarkan wahana wisata keluarga yang unik dengan perpaduan antara modern dan budaya lokal tradisional. Di sini, selain aneka wahana permainan, juga terdapat pertunjukan sirkus dan budaya.

20. Gunungmas Tugu Mantup

Gunungmas Tugu Mantup atau istana Gunung Mas 27 Mantup merupakan wisata yang sangat populer di kalangan anak muda. Di sini, pengunjung dapat menikmati suasana kampung koboi yang sangat fotogenik. Lokasinya sangat nyaman untuk bersantai sambil menikmati kolam ikan yang ada.

Itulah beberapa destinasi wisata yang perlu diketahui di Lamongan. Setiap tempat memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut, kita dapat menikmati keindahan alam, sejarah, dan budaya yang ada di Lamongan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengunjungi Lamongan.


Raka Andhika

Raka adalah seorang penulis blog perjalanan yang bersemangat dan kreatif. Raka memiliki kecakapan dalam menulis narasi perjalanan yang menarik dan informatif. Sejak usia muda, Raka sudah memiliki kegemaran menjelajahi tempat-tempat baru dan berinteraksi dengan berbagai budaya, yang kemudian mendorongnya untuk membagikan pengalaman tersebut melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *